Google Maps Indonesia bisa diakses offline

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 23, 2015.

Discuss Google Maps Indonesia bisa diakses offline in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,756
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Aplikasi Google Maps kini akhirnya bisa diakses tanpa koneksi data alias offline untuk peta Indonesia. Memang, selama ini fungsi offline di Google Maps sudah tersedia sejak gelaran acara Google I/O.

    Sayangnya di awal peluncurannya, fitur tersebut masih sangat terbatas hanya untuk beberapa negara di Amerika Serikat. Penggu diizinkan mengunduh wilayah tertentu, & bisa melakukan navigasi tanpa Internet.

    Nikhil Vaishnavi, Product Manager, Google Maps dalam press release yg Tech in Asia terima (23/11) mengatakan, Koneksi Internet memiliki kebiasaan untuk menghilang justru di saat kamu sangat membutuhkannyasaat kamu harus berbelok di perempatan, / saat mencari sebuah tempat di kota yg baru. Dengan peluncuran fitur Offline di Google Maps, kami ingin menghilangkan ketidakpastian ini, agar orang Indonesia bisa menemukan tujuan mereka tanpa berbelok di jalan yg salah.”

    Baca juga: Kumpulan Tip Memaksimalkan Google Now
    Cara mengakses fitur offline ini
    Lebih lanjut Google memberikan cara untuk menikmati layanan ini. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Pastikan kamu terhubung ke Internet & masuk ke akun Google.
    • Buka aplikasi Google Maps.
    • Telusuri tempat yg ingin dituju, misalnya Jakarta.
    • Di bagian bawah,tap bagian nama lokasi yg tengah kamu telusuri.
    • Di kanan atas, tap menu bertanda tiga titik.
    • Untuk menyimpan peta, pilih fitur Save Offline Map. Setelahnya cukip ikuti petunjuk di layar.

    Perlu dicatat bila ukuran peta yg tersedia secara offline hanya sebesar 50 x 50 meter, bila kamu membutuhkan petunjuk yg lebih luas, pengguna akan diminta untuk mempersempit area pencarian lokasi. Selain itu, fitur ini baru tersedia untuk platform Android. Untuk pengguna iOS masih harus sabar menunggu.

    [​IMG]

    Pembaruan ini memang dilakukan Google secara bertahap untuk beberapa negara. Ide untuk meluncurkan versi offline Google Maps diawali dengan sulitnya akses internet di sejumah negara seperti India, Filipina & Vietnam. Indonesia juga disebut Google memiliki akses Internet yg lambat sehingga mendapat pembaruan ini.

    Penggunaan koneksi stabil untuk peta memang sangat dibutuhkan. Sayangnya tidak semua lokasi memiliki kekuatan sinyal yg stabil bagi pengguna. Selain Maps dari Google, aplikasi yg menawarkan peta secara offline adalah Here Maps bagi pengguna platform Windows Phone.

    Bagaimana menurut kamu tentang layanan ini? Saya sendiri termasuk pengguna layanan peta ketika sedang berada di luar kota Jakarta. Dengan layanan ini, Google semakin memenuhi kebutuhan pengguna smartphone khususnya untuk destinasi secara offline.

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page