Gran Turismo 6 Course Reference: Circuit de Spa-Francorchamps

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 6, 2015.

Discuss Gran Turismo 6 Course Reference: Circuit de Spa-Francorchamps in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,633
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Hi guys! Ketemu lagi dalam seri artikel Gran Turismo 6 Course Reference tempat dimana kita bakal kupas abis lintasan-lintasan balap ternama di dunia & tentunya ngga ketinggalan tips & trik cara naklukinnya. Di artikel bulan lalu kita udah bahas Brands Hatch GP Circuit di Inggris yg penuh dengan blind-corner yg mematikan. Sekarang gue pengen ajak kalian berkunjung ke Belgia sejenak, lebih tepatnya ke Circuit de Spa-Francorchamps.



    Salah satu hal yg paling mencolok di area lintasan Spa-Francorchamps adalah latar belakang pemandangan perbukitannya. Karena keindahan alamnya inilah kawasan Spa cukup populer di kalangan turis Eropa. Dengan berkendara sekitar 15 menit dari lintasan, para turis bisa menikmati pemandangan indah alam High Fens. Spa bisa ditempuh dalam satu setengah jam perjalanan dengan kereta api dari stasiun Brussels, / dari Stasiun Pusat Verviers dengan bus. Berhubung sirkuit Spa-Francorchamps juga deket dengan perbatasan Jerman, pengunjung juga bisa berangkat dari Frankfurt.

    CIRCUIT DE SPA-FRANCORCHAMPS


    Spa-Francorchamps adalah high-speed technical circuit kelas dunia yg berlokasi di Ardennes, Belgia, deket perbatasan Jerman. Mungkin kalian bingung begitu baca bahwa Spa-Francorchamps tergolong dalam kategori high-speed technical circuit. Kalo kalian baca seri artikel Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.1, pasti udah ngerti dasar kategori lintasan. High-Speed Circuit merupakan kategori lintasan yg didominasi lintasan lurus dimana banyak pembalap bisa memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi, sedangkan Technical Courses adalah kebalikannya, dimana lebih banyak terdapat tikungan yg menguji teknik berkendara para pembalap di lintasan.

    Dari segi kategori, secara teknis sirkuit Spa-Francorchamps masuk ke dalam kategori High-Speed Circuit. Mayoritas tikungan yg ada dalam lintasan ini bisa dilalui dengan kecepatan yg cenderung masih cukup tinggi. Tapi perlu teknik berkendara yg tinggi pula untuk menjaga mobil supaya bisa masuk & keluar dari tikungan dengan aman meski dalam kecepatan tinggi sekalipun. Itulah sebabnya sirkuit Spa-Francorchamps bisa dimasukkan ke dalam kategori High-Speed Technical Circuit.

    Sirkuit ini terkenal akan banyak lintasan panjang lurusnya yg membelah medannya yg berbukit dengan perbedaan elevasi mencapai hingga 104m. Bagian lintasan Eau Rouge yg tenar merupakan bagian bukit curam yg bisa mendefinisikan kawasan Spa. Karena perbedaan elevasi medan yg cukup dramatis, kawasan Spa cenderung punya kondisi cuaca yg berubah-ubah. Karena hal inilah muncul sebutan "Spa Weather". Akibat faktor perubahan cuaca yg ekstrim ini, untuk menang di lintasan Spa-Francorchamps ngga cuma dibutuhin skill berkendara yg handal tapi juga keberuntungan.

    CAR TEST DRIVE


    Mobil yg gue pilih untuk naklukin medan lintasan Spa-Francorchamps adalah mobil asal pabrikan Inggris, Aston Martin V12 Vantage '10. Selain terkenal akan kemewahannya, mobil pabrikan Aston Martin juga dikenal sebagai mobil sport yg memand dirancang untuk mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Ditenagai dengan mesin V12, mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 190 mph (310 km/jam). Itu sih baru kecepatan standar, hehe. Dengan modifikasi yg tepat, mobil ini bisa melaju hingga kecepatan lebih dari 400 km/jam. Tenaga yg dimiliki mesin Aston Martin V12 Vantage '10 udah lebih dari mumpuni untuk mencetak catatan rekor waktu yg baik di sirkuit Spa-Francorchamps. Nantinya bakal gue jabarin modifikasi yg tepat di sesi tips tuning di bawah.

    CIRCUIT DE SPA-FRANCORCHAMPS PARTS INFO


    Ada 7 bagian lintasan yg jadi penentu sebagai landasan kalian dalam memodifikasi kendaraan, di antaranya:
    La Source
    Eau Rouge
    Kemmel Straight
    Les Combes
    Pouhon
    Blanchimont
    Bus Stop Chicane

    La Source


    La Source adalah belokan pertama setelah garis start di sirkuit Spa-Francorchamps yg tajemnya mayan kebangetan. Di belokan inilah yg jadi awal penentu urutan posisi pembalap bisa berubah. Idealnya sejak jarak kurang dari 10m sebelum tikungan, mobil harus udah di gigi percepatan 2 untuk melewati apex dengan kecepatan ideal. Tapi kondisi ini hampir ngga memungkinkan ketika awal perlombaan karena situasi yg hectic akibat perebutan posisi. Kalo ngga memungkinkan untuk merebut posisi pertama, solusinya memang kita harus ngalah di tikungan pertama ini supaya daya mesin yg kepake saat menikung bisa tersalurkan ke roda lebih maksimal.

    Berhubung gue milih berkendara dengan mobil super kenceng Aston Martin yg notabene berbobot berat sekitar 1,3 ton, mobil ini cenderung susah belok karena memang didesain khusus untuk melaju dalam kecepatan tinggi. Tapi berhubung tipe drivetrain Aston Martin V12 Vantage '10 adalah FR, modifikasi buat ningkatin sensibilitas handling masih bisa diakali.

    Satu hal yg perlu diperhatikan ketika melewati tikungan ini adalah mengontrol perpindahan gigi supaya keseimbangan antara kecepatan saat menikung bisa efisien, baik saat masuk maupun saat keluar dari tikungan. Mampu melewati tikungan ini dengan kecepatan paling tinggi & stabil adalah kunci untuk melakukan overtake di seksi lintasan selanjutnya (Eau Rouge).

    Eau Rouge


    Eau Rouge merupakan bagian tikungan yg jadi signature lintasan Spa-Francorchamps karena tikungan kecepatan tinggi kiri-kanan-kirinya yg khas. Di tikungan inilah tempat para pembalap sedikit gambling dalam seberapa cepat mereka harus memacu mobilnya karena Eau Rouge memang bisa dilewati dalam kecepatan tinggi. Hanya saja tikungan ini merupakan tanjakan pendek yg curam & termasuk ke dalam kategori blind-corner yg berbahaya. Salah perhitungan sedikit aja, mobil bisa terpelanting keluar lintasan & bisa aja karir sang pembalap berakhir untuk selamanya.

    Kemmel Straight


    Kemmel Straight jadi satu-satunya bagian lintasan terpanjang dari sirkuit ini. Di sinilah momen yg tepat untuk menyalip mobil-mobil lawan demi posisi pertama. Modifikasi yg tepat & terfokus untuk dapetin mobil dengan kecepatan maksimal jadi kuncinya. Tapi perlu diinget, Kemmel Straight diakhiri dengan tikungan tajam Les Combes yg menuntut mobil untuk punya sensitivitas sistem pengereman yg responsif. Kombinasi sistem pengereman yg pas dengan penyetelan ratio perpindahan gigi yg tepat bakal cukup efektif untuk menyiasati keseimbangan mobil-mobil cepat berbobot berat dalam menikung secara mendadak.

    Les Combes


    Seperti yg gue bilang sebelumnya, Les Combes punya karakteristik sebagai tikungan yg cukup tajam. Les Combes juga merupakan titik elevasi tertinggi dari lintasan Spa-Francorchamps. Tikungan ini bisa dilalui dengan memacu mobil dari kecepatan sedang hingga tinggi saat memasuki turunan.

    Pouhon


    Pouhon termasuk kategori tikungan yg bisa dilalui dengan kecepatan tinggi. Meski begitu, pengemudi harus tetep bijaksana dalam mengatur perpindahan gigi karena besar sudut tikungan yg beruntun pada seksi lintasan ini beragam banget & berganti dengan cepat.

    Blanchimont


    Setelah keluar dari Pouhon, kalian akan memasuki tikungan Paul Frere terlebih dulu sebelum akhirnya mencapai Blanchimont. Blanchimont sendiri merupakan tikungan kecepatan tinggi yg punya kesamaan ciri-ciri seperti Eau Rouge, dimana pembalap akan dites untuk gambling lagi bakal seberapa berani mereka menginjak pedal gas mobilnya. Tapi tantangannya kali ini bukan karena Blanchimont termasuk kategori blind-corner tapi lebih kepada tikungan yg menanti di akhir seksi Blanchimont, yaitu Bus Stop Chicane. Kalo kalian kebablasan & ngga ngerti kapan harus melepas pedal gas & nginjek pedal rem, roda kiri mobil bakal beresiko menginjak rumput & akibatnya mobil pun selip & terpelanting sebelum memasuki Bus Stop Chicane.

    Bus Stop Chicane


    Bus Stop Chicane adalah tikungan tajam ganda (kanan-kiri) yg menuntut pembalap untuk menginjak pedal rem dalem-dalem karena memang jauh lebih tajam dibanding La Source sekalipun. Bagi beberapa pembalap yg lebih fokus memodifikasi mobil super kencengnya untuk lebih berkarakteristik "technical course", seksi lintasan ini bisa jadi titik overtake alternatif.

    CAR TUNING TIPS


    Aston Martin V12 Vantage punya spesifikasi standar dimana kecepatan adalah yg utama. Mesin yg bertenaga & berukuran besar merupakan kelebihan sekaligus kelemahan mayoritas mobil pabrikan Inggris ini. Bobotnya yg berat & berposisi di bagian depan memberi gaya tekan ke bawah sehingga aerodinamika mobil ikut membaik. Tapi hal ini juga berakibat di handling mobil ketika menikung yg jadi kurang responsif. Dengan kata lain mobil ini lebih hebat di lintasan lurus ketimbang saat masuk & keluar tikungan.

    Karena sirkuit Spa-Francorchamps merupakan sirkuit untuk kecepatan tinggi, modifikasi yg pas untuk mobil Aston Martin V12 Vantage adalah dengan memfokuskan modifikasi pada komponen yg bisa ningkatin daya & kecepatan mobil. Sedangkan untuk menyiasati kelemahan mobil ini dalam menikung, modifikasi bisa dilakukan pada suspensi & komponen spoiler untuk memanipulasi aerodinamika mobil. Untuk di bagian body mobil, gue mengganti komponen standar front & rear spoiler skirt & rear wing dengan komponen kustom.

    Suspension


    Untuk memperoleh kecepatan maksimal, ketinggian mobil gue turunin hingga 75 inci untuk bagian depan & belakang. Supaya getaran dari jalan bisa tersalurkan ke pegas dengan baik dengan kondisi mobil yg cenderung ceper, nilai spring rate gue naikin sebesar 2.00kgf/mm untuk bagian depan & belakang. Buat mengimbangi pegas yg lunak, ngga lupa Anti-Roll Bars gue setel lebih kaku dengan nurunin levelnya ke level 2.

    Transmission


    Dengan komponen transmisi yg udah dimodifikasi, kecepatan maksimal Aston Martin V12 Vantage '10 gue naikin hingga batas 400km/jam. Biar bisa mengimbangi tikungan-tikungan tajam di sirkuit Spa-Francorchamps, handling mobil kudu diatur lebih responsif. Salah satu caranya dengan mengatur ratio perpindahan gear lebih sempit, terutama di percepatan awal. Ini akan berguna bagi mobil untuk masuk & keluar tikungan dengan akselerasi tinggi sebelum akhirnya mencapai kecepatan maksimal di lintasan lurus.

    Drivetrain


    Supaya responsifitas akselerasi meningkat, modifikasi juga bisa diterapin pada pengaturan torsi dengan memasang Mechanical LSD yg bisa dimodif secara penuh. Nilai Initial Torque gue naikin 20 level lebih tinggi hingga mencapai level 30 untuk roda belakang mobil. Dengan begini akselerasi mobil jadi lebih maksimal & bisa mencapai kecepatan tinggi dalam waktu yg relatif lebih singkat. Tapi efek sampingnya adalah mobil cenderung mengalami understeer & ini bukan hal yg baik. Mobil Aston Martin V12 Vantage '10 yg udah punya masalah dengan beratnya handling mobil karena bobotnya yg juga berat, jadi dua kali lipat beratnya. Di tikungan, mobil ini jadi kurang lincah. Penyetelan ini menuntut pengemudi untuk bijaksana dalam mengendalikan perpindahan gear ketika berhadapan dengan tikungan. Kalo udah terbiasa dengan penyetelan ini, kalian bisa naklukin Spa-Francorchapms dengan lebih gampang.



    Data di atas merupakan perbandingan data modifikasi tingkat Initial Torque pada komponen LSD. Meskipun handling mobil jadi lebih berat, tapi soal kecepatan jauh meningkat pesat. Perbedaan catatan waktu yg dihasilkan bisa meningkat hingga 3-4 detik.

    Power


    Untuk menambah daya mobil, gue melakukan modifikasi maksimal terutama komponen mesin. Buat lebih jelasnya, kalian bisa lihat dari gambar di atas.

    Body


    Modifikasi body mobil juga ngga kalah penting. Pengurangan bobot mobil pada komponen rangka & jendela bisa jadi solusi alternatif buat ngurangin bobot mobil pabrikan Aston Martin yg kelewat bongsor. Seperti yg gue bilang sebelumnya, komponen spoiler berpengaruh besar pada aerodinamika mobil. Supaya mobil ngga terlalu kaku dalam berbelok, hambatan angin bisa diperbesar dengan menambah level pada komponen spoiler rear wing hingga lebih tinggi. Untuk penyetelan ini, gue atur nilai downforce hingga level 18.

    CIRCUIT DE SPA-FRANCORCHAMPS PRO TIPS


    Inti dari modifikasi yg pas untuk menaklukkan sirkuit Circuit de Spa-Francorchamps adalah:
    Fokusin modifikasi pada komponen yg berpengaruh pada kecepatan mobil.
    Sistem pengereman & torsi diatur lebih sensitif sehingga handling mobil jadi lebih responsif & ngga terlalu berat.
    Sebagian besar tikungan di sirkuit Spa-Francorchamps adalah tikungan kecepatan tinggi. Meski begitu, pengemudi harus lebih bijaksana dalam mengatur perpindahan gigi. Karena salah sedikit perhitungan aja, akibatnya bisa fatal mengingat Aston Martin V12 Vantage '10 punya bobot lebih dari 1 ton.

    Sekian artikel Gran Turismo 6 Course Reference kali ini. Di artikel berikutnya kita bakal bahas lintasan-lintasan menantang yg ada dalam game Gran Turismo 6 lainnya.

    Sumber

    cheat game online terbaru, cheat game online Gran Turismo 6 Course Reference: Circuit de Spa-Francorchamps, apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page