Gran Turismo 6 Tuning: Car Characteristics

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 30, 2014.

Discuss Gran Turismo 6 Tuning: Car Characteristics in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,761
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Gran Turismo 6 Tuning: Car Characteristics.

    Hi guys! Kita ketemu lagi di seri artikel Gran Turismo 6 Tuning, tempatnya para gamer yg antusias sama dunia otomotif. Di artikel sebelumnya kita udah bahas soal tips & trik tuning aerodinamika mobil di artikel Gran Turismo 6 Tuning: Aerodynamics. Sekarang giliran kita bahas soal tips ngakalin kekurangan karakteristik mobil dengan maksimalin kelebihan yg dimilikinya.

    Ngga ada cara pengaturan modifikasi mobil yg baku karena sifatnya bervariasi tergantung jenis mobilnya sendiri. Dengan banyaknya jenis-jenis mobil yg ada di dunia, salah satu faktor perbedaan yg paling mendasar & punya pengaruh paling gede terhadap handling & perilaku kendaraan adalah layout drivetrain yg dimiliki oleh tiap jenis mobil. Penting banget hukumnya buat para antusias otomotif buat memahami karakteristik dari layout drivetrain yg berbeda-beda ini sebelum mulai memodif kendaraan mereka.

    DRIVETRAIN LAYOUT


    Dulu kita pernah bahas sedikit pemahaman dasar soal drivetrain layout di artikel Gran Turismo 6 Mechanism: Spesifikasi Dasar. Sedikit ngingetin lagi, drivetrain layout pada tiap jenis mobil umumnya ditandai dengan 2 huruf kode dimana huruf pertama nunjukin lokasi mesin, se&gkan huruf kedua nunjukin lokasi roda penggerak. Lokasi ini dikategorikan jadi 3 bagian yaitu Front, Middle, & Rear. FF, FR, MR, RR adalah contoh spesifikasi drivetrain pada umumnya.

    Masing-masing drivetrain layout punya kelebihan & kekurangan. Bahkan untuk mobil sport yg udah dimodif secara profesional sekalipun, tipe drivetrain tetep jadi faktor utama yg berpengaruh banyak terhadap karakteristik & handling mobil. Mengubah layout dari drivetrain sih bisa aja, tapi malah bisa nyusahin. Masih jauh lebih mending dimodif sesuai tipe drivetrain mobilnya sehingga kita bisa maksimalin potensi kelebihannya & menekan kekurangannya. Pinter-pinter mengkombinasikan tuning antara drivetrain layout, suspensi, & komponen aerodinamika bakal menghasilkan karakteristik handling mobil yg bener-bener kerasa beda dari settingan yg dimiliki mobil standar dengan tipe drivetrain yg sama.

    FR (Front Engine, Rear-Wheel Drive)


    Drivetrain tipe ini kalo dimodif dengan bener sehingga distribusi bobot mobil jadi lebih baik, mobil tipe FR bakal bisa punya kestabilan & kelincahan menikung yg tinggi. Mobil tipe FR bisa melaju lebih kencang dengan menambah traksi di roda belakang sehingga bagian ekor mobil ngga gampang selip ketika berakselerasi. Bagian depan mobil yg cenderung berbobot lebih berat punya kecenderungan buat mengalami understeer ketika melewati tikungan. Maka dari itu bagian depan mobil juga perlu di-tuning supaya distribusi berat pada mobil jadi seimbang. Salah satu caranya adalah dengan mengatur ulang posisi ballast (pemberat) pada mobil.

    FF (Front Engine, Front-Wheel Drive)


    Pada mobil bertipe FF, roda depan yg berfungsi sebagai roda penggerak sekaligus kemudi cenderung bikin kita ilang fokus sama bagian roda belakang yg juga ngga kalah penting andilnya. Pada lintasan yg banyak punya jalur lurus, bagian belakang mobil bisa dimodif supaya lebih stabil seperti misalnya dengan penambahan nilai downforce dari hasil modifikasi komponen aerodinamika mobil. Se&gkan di lintasan dengan banyak tikungan, bagian belakang mobil harus dimodif supaya lebih lincah & gampang tergelincir sehingga kendali bisa lebih tajam di tikungan. Mobil FF umumnya menggunakan tipe LSD 1-way yg cuma aktif ketika mobil berakselerasi (baca artikel Gran Turismo 6 Mechanism: Drivetrain untuk lebih jelasnya).

    MR (Mid Engine, Rear-Wheel Drive)


    Mobil dengan lokasi mesin yg cenderung condong ke arah depan berimbas di kemampuan mobil untuk berakselerasi & berdeselerasi dengan baik. Mobil bisa menikung dengan tajam, tapi saygnya jika sudah sampe batas justru bagian ujung depan mobil cenderung bisa mengalami understeer karena kurangnya gaya beban yg terdistribusi di bagian depan. Di sisi lain, bagian belakang mobil yg berpotensi untuk menghasilkan kecepatan tinggi cenderung bisa bikin roda belakang selip & jadi susah buat dikontrol.

    Hal yg patut diperhatikan dalam memodif mobil bertipe MR adalah dengan memfokuskan modifikasi pada kestabilan kemampuan menikung mobil serta tingkat traksi ketika berakselerasi keluar dari tikungan. Nilai downforce pada bagian depan & belakang mobil juga harus diperhatikan keseimbangannya.

    RR (Rear Engine, Rear-Wheel Drive)


    Layout drivetrain mobil bertipe RR hampir ngga jauh beda dengan tipe MR. Salah satu perbedaannya terletak di kecenderungan arah condong mesin. Kalo di tipe MR, bobot mesin mobil cenderung lebih berat ke arah depan, se&gkan di tipe RR, bobot mesin mobil cenderung lebih berat ke arah belakang meskipun berada di posisi yg sama. Dari hal ini bisa diketahui bahwa ada pengurangan distribusi gaya berat di bagian depan mobil & penambahan distribusi gaya berat di bagian belakang mobil. Sebagai akibatnya, kurangnya distribusi gaya berat di bagian depan menyebabkan mobil bertipe RR cenderung mengalami understeer lebih besar ketika menikung jika dibanding mobil bertipe MR.

    Salah satu efek negatif lainnya adalah ketika mobil dipacu sampe batas maksimal & tiba di tikungan, bagian belakang mobil yg punya bobot cenderung lebih berat akan mengakibatkan efek terpelanting seperti pendulum saat masuk & keluar dari tikungan. Sebagai efeknya mobil bisa mendadak mengalami oversteer. Salah satu poin penting yg biasanya diaplikasikan pada teknik modifikasi mobil bertipe RR adalah dengan meningkatkan kestabilan menikung mobil sesaat sebelum memasuki tikungan.

    4WD (Four-Wheel Drive)


    Tergantung pada layout drivetrain (letak posisi mesin & roda penggerak) mobil 4WD berada, mobile bertipe ini bisa berperilaku secara berbeda. Tapi umumnya sih mobil bertipe 4WD cukup susah dikontrol karena tingkat kestabilannya yg cukup ekstrim. Nilai plus dari mobil bertipe 4WD adalah kestabilan saat berakselerasi keluar dari tikungan, jadi modifikasi bisa difokuskan di kemampuan menikung sesaat sebelum memasuki tikungan (terkait pada distribusi gaya berat mobil untuk mengatasi understeer maupun oversteer). Tipe LSD yg biasanya digunakan pada mobil tipe 4WD adalah LSD tipe 1-way di bagian depan & LSD tipe 2-way di bagian belakang (baca artikel Gran Turismo 6 Tuning: Powertrain untuk lebih jelasnya).



    Sekian artikel Gran Turismo 6 Tuning: Car Characteristics kali ini. Di artikel selanjutnya kita bakal bahas tutorial tuning mobil berdasar kondisi-kondisi spesifik tertentu di lintasan.

    Seri artikel Gran Turismo 6 Mechanism bisa kalian akses via link gambar dibawah:

    Sumber

    Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode.

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Gran Turismo 6 Tuning: Car Characteristics.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page