Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.2

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Oct 15, 2014.

Discuss Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.2 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,721
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.2.

    Di edisi artikel Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.1 sebelumnya kita udah bahas tips-tips tuning mobil untuk beberapa kondisi khusus, di antaranya adalah tuning yg tepat untuk mobil balap di lintasan kecepatan tinggi, lintasan teknis penuh tikungan, & penyetelan yg tepat untuk mengatasi understeer pada mobil. Di artikel bagian kedua ini kita bakal bahas lanjutan tips-tips modifikasi mobil untuk kondisi tertentu yg lain, seperti cara mengatasi oversteer pada mobil, modifikasi yg tepat untuk lintasan basah, & juga tuning yg tepat untuk lintasan gravel.

    COUNTERING OVERSTEER
    The Trouble With Rear-Wheel Drives


    Mobil tipe FF & 4WD biasanya jarang mengalami oversteer. Oversteer lebih sering dialami mobil tipe rear-wheel drive (FR,MR, & RR).

    Ka&g oversteer ngga selalu berefek negatif. Justru di event balap seperti drift, oversteer sering dimanipulasi supaya efeknya bisa lebih dikontrol sehingga mobil bisa "ngepot" sesuai keingingan pengemudi. Salah satu caranya adalah dengan bikin kaku kedua suspensi depan & belakang. Dengan begini seberapa jauh bagian belakang mobil bakal selip bisa lebih terkontrol.

    Tapi di ajang balap selain drift, oversteer adalah musuh utama bagi pembalap terlebih di ajang balap time trial. Oversteer berlebih pada mobil bikin pembalap banyak kehilangan waktu karena traksi berlebih pada roda belakang. Alhasil, banyak daya mesin yg terbuang karena roda bagian belakang terlalu banyak berputar di tempat ketika mengalami oversteer & ini menghambat akselerasi pada mobil.

    Spring rate & damping force bisa dioprek untuk mengatasi masalah ini. Pegas bagian berlakang bisa diatur jadi lebih lunak, kekuatan peredam dari shock breaker bisa dikurangi untuk menghasilkan tekanan lebih, & extension shock breaker bisa ditambah. Penyetelan anti-sway bar bagian belakang jadi lebih lunak juga bisa menambah penyebaran gaya beban ke sisi roda dalam ketika menikung. Kalo suspensi depan terlalu lunak, penyebaran gaya beban dari bagian belakang malah cenderung mengalir ke bagian depan, akibatnya daya cengkeram bagian belakang mobil jadi berkurang. Menyetel suspensi belakang jadi lebih kaku bisa jadi solusi untuk masalah ini.

    Kalo mobil tipe rear-wheel drive dipasangi spoiler belakang, sudutnya bisa ditambah untuk ningkatin nilai downforce. Tapi perlu diinget, penambahan nilai downforce juga turut mengurangi top speed kendaraan.

    Setelan Suspensi yg Dianjurkan


    WET CONDITIONS
    Get the Best Out of Your Tires


    Ketika melintasi jalan dalam keadaan hujan, koefisien gesekan permukaan jalan jadi berkurang begitu juga dengan daya cengkeram roda kendaraan.

    Tingkat kekakuan spring rate, damping force, & anti-sway bar bisa disetel ke nilai lebih rendah. Bahkan dalam kasus tertentu, anti-sway bar bagian belakang bisa dicopot sepenuhnya. Suspensi yg kaku hanya akan bikin roda susah mempertahankan kontak dengan lintasan & akibat fatalnya bisa bikin mobil selip mendadak. Pengaturan suspensi yg kaku emang bagus buat menambah daya cengkeram, tapi dengan catatan daya cengkeram roda dengan lintasan dalam keadaan bagus. Tapi di lintasan basah dimana daya cengkeram roda dengan lintasan sangat buruk, pengaturan suspensi yg lebih lunak akan lebih baik. Camber angle bisa sedikit dikurangi untuk memastikan roda tetep punya kontak yg bagus dengan lintasan baik saat akselerasi maupun deselerasi. Pada mobil yg dipasangi komponen aerodinamika, nilai downforce bagian depan & belakang bisa ditambah untuk memaksimalkan daya cengkeram mobil.



    Salah satu teknik modifikasi paling sederhana buat mengatasi masalah berkendara di lintasan basah adalah dengan mengatur tekanan ban. Di kondisi hujan lebat, menambah tekanan ban akan menyebabkan permukaan yg melakukan kontak dengan lintasan akan makin sedikit, tapi di sisi lain beban gaya yg disalurkan ke bagian roda yg menyentuh lintasan akan bertambah. Akibatnya roda mobil terhindar dari resiko hydroplaning, yakni kondisi dimana permukaan air menghalangi roda untuk terkena kontak langsung dengan lintasan & bisa berakibat mobil mengalami selip. Sebaliknya di kondisi hujan gerimis, mengurangi tekanan ban bisa ningkatin performa. Mengubah tekanan udara pada roda bagian depan & belakang adalah solusi paling cepet & gampang yg bisa dilakukan ketika akan berkendara di lintasan basah.

    Dalam skala modifikasi yg lebih luas, modifikasi ulang pada mesin bisa dicoba. Torsi mesin bisa diubah ke tingkat rendah or se&g. Penggunaan maksimal perangkat pengontrol elektronik seperti sistem kendali rem elektronik pada mobil bisa dimanfaatkan.

    Setelan Suspensi yg Dianjurkan


    GRAVEL
    Improving Control


    Hal paling penting ketika mengoprek mobil yg akan dikendarai di me& penuh kerikil adalah dengan menyetel kendaraan yg punya fleksibilitas kontrol. Kondisi permukaan jalan yg masih alami ka&g bisa cukup mengejutkan & bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara karena koefisien gesekan permukaannya yg berbeda. Sifat permukaannya akan selalu berubah karena terus dilalui mobil yg turut memindahkan volume pasir, debu, & kerikil yg ada di lintasan permukaan.

    Salah satu teknik modif mobil yg cocok untuk lintasan jenis ini adalah dengan fokus ke manipulasi oversteer yg terkontrol, dimana tingkat oversteer bisa dikendalikan dengan seberapa besar pengendara menginjak pedal gas ketika menikung. Caranya bisa dengan manfatin 2-Way LSD & mengatur keseimbangan besar kekuatan rem bagian depan & belakang.

    Teknik mengatasi understeer & oversteer di lintasan gravel hampir sama dengan teknik untuk lintasan aspal. Ketinggian mobil bisa disesuaikan dengan permukaan lintasan gravel secara keseluruhan. Mobil yg disetel lebih rendah emang lebih baik, tapi banyaknya gundukan, batu, & obyek lain di lintasan gravel sangat beresiko merusak mobil rendah. Untuk lintasan yg penuh area lompatan, komponen aerodinamika mobil harus diatur secara seimbang sehingga posisi mobil ketika melayg akan tetep terjaga (ngga terlalu condong ke depan or belakang). Mesin akan lebih baik dimodif dengan fokus respon maksimal ketimbang daya maksimal.

    Teknik berkendara untuk memperoleh kecepatan yg bagus di lintasan gravel hampir sama dengan teknik berkendara ketika berada di lintasan aspal.

    Setelan Suspensi yg Dianjurkan




    Sekian artikel terakhir dari seri artikel Gran Turismo 6 Tuning. Semoga pengetahuan para gamer terlebih antusias otomotif bisa bertambah setelah memahami prinsip-prinsip dasar karakteristik & spesifikasi mobil, serta gimana langkah-langkah modifikasi & penyetelan yg pas buat mobil kalian.

    Seri artikel Gran Turismo 6 Mechanism bisa kalian akses via link gambar dibawah:










    Seri artikel Gran Turismo 6 Tuning bisa kalian akses via link gambar dibawah:

    Sumber

    Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode.

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.2.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page