Hashtag Twitter Dimanfaatkan Untuk Menyebarkan Spam

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Sep 4, 2014.

Discuss Hashtag Twitter Dimanfaatkan Untuk Menyebarkan Spam in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya.

    Media sosial Twitter seringkali dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk menyebarkan spam, kali ini penjahat siber memanfaatkan tanda pagar or hashtag untuk tujuan tersebut. Peneliti dari Malwarebytes, Jovi Umawing, melalui blog resmi Malwarebytes merilis laporan mengenai penggunaan hashtag populer seperti #IfMyPhoneGotHacked untuk keperluan penyebaran spam.

    #IfMyPhoneGotHacked merupakan hashtag yg se&g ramai digunakan oleh pengguna Twitter. Hashtag ini kemungkinan dibuat sebagai efek dari penyebaran foto-foto selebriti wanita Hollywood yg terjadi karena pembobolan akun iCloud mereka.

    Akun yg sedianya digunakan untuk berbagi mengenai langkah apa yg harus dilakukan jika ponsel kita diretas justru digunakan untuk menyebarkan link URL untuk menambah Follower. Ketika korban mengklik link tersebut maka akan tersambung ke situs penambah follower. Pada situs tersebut terdapat icon Buy Now& ketika kita mengklik, kita akan diarahkan untuk bertransaksi via PayPal.

    Ketika kita mengklik icon lain pada situs ini, maka akan diarahkan kita untuk memasukan nama akun twitter & alamat email. Hal ini sangat membahayakan karena penjahat bisa membajak akun twitter kita. Kekhawatiran lainnya juga adalah kita tidak dapat memastikan apakah akun itu asli or bot.

    Selain hal tersebut, link pada hashtag tersebut juga mengantarkan korban ke situs yg menawarkan program yg tidak diinginkan or yg biasa disebut potentially unwanted programs (PUPs). Menurut Umawing, pada situs tersebut terdapat file yg dikenal untuk menyertakan third party toolbar & untuk membajak browser saat terjadi rotasi.

    Selain hal tersebut, menurut Umawing selama pengamatan yg mereka lakukan terdapat kecenderungan bahwa link untuk mengunduh diarahkan kepada situs yg berpura-pura sebagai situs yg sah.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page