iCloud Tidak Dilindungi Fitur Two-Step Verification

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Sep 5, 2014.

Discuss iCloud Tidak Dilindungi Fitur Two-Step Verification in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya.

    Sistem penyimpanan pada iCloud ternyata memiliki kelemahan, karena tidak menerapkan fitur Two Factor Authentication (2FA). Hal ini telah dibeberkan ahli sekuriti dari ElcomSoft Vladimir Katalov, jauh sebelum kasus pencurian foto selebriti wanita Hollywood terjadi yaitu konferensi DeepSec di Wina, Austria pada November 2013.

    Pada konferensi tersebut Katalov mempresentasikan cara kerja iCloud, & pada konferensi tersebut beliau mengungkapkan bahwa program iCloud, Find My iPhone or data yg disimpan dalam cloud tidak dilindungi oleh 2FA.

    Seperti yg dilansir dari Softpedia, 2FA sendiri adalah sistem pengamanan yg dibuat untuk mengkonfirmasi identitas pemilik akun melalui sebuah kode yg dikirim ke perangkat fisik, setelah pengguna memasukan nama & password.

    Berdasarkan halaman support page pada situs resmi Apple, 2FA digunakan untuk sign in ke My Apple ID, iTunes, App Store, serta untuk pembelian di iBooks Store yg menggunakan perangkat baru & untuk mendapatkan Apple ID yg digunakan untuk keperluan perusahaan.

    Untuk tindakan lain yg membutuhkan otentikasi, proses tersebut tidak menggunakan fitur perlindungan dua langkah. Kebijakan ini diterapkan termasuk saat proses penginstalan backup iCloud pada perangkat baru. Penginstalan backup iCloud hanya membutuhkan nama pengguna & password. Informasi yg tersimpan pada server dilindungi dengan sistem keamanan lain seperti enkripsi yg kuncinya dipegang oleh pihak Apple.

    Katalov mengatakan bahwa tidak ada pemberitahuan kepada pemilik akun setelah mengunduh backup, seperti yg akan terjadi dalam kasus prosedur restorasi.

    Namun walaupun Apple dapat mengaktifkan fitur 2FA, tetap saja hacker dapat mencuri data pengguna yg tersimpan dalam sistem cloud, dengan mengggunakan nama akun & password yg diketahui tanpa membobol sistem. Seperti yg diinformasikan oleh Softpedia, ada kemungkinan hacker yg membobol akun iCloud para artis selebriti dengan menebak-nebak password or menggunakan teknik social engineering.

    Langkah berikutnya yg dapat diambil oleh Apple untuk memperkuat perlindungan data pribadi pelanggan mungkin dengan menerapkan fitur 2FA ke semua layanan iCloud. Hal ini dirasa perlu dilakukan oleh Apple mengingat pengguna Apple yg mulai kehilangan kepercayaan terhadap sistem keamanan Apple yg selama ini terkenal dengan kekuatan pertahanannya.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page