ID SIRTII/CC Teken MoU Dengan Malaysia Untuk Common Criteria

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Dec 11, 2014.

Discuss ID SIRTII/CC Teken MoU Dengan Malaysia Untuk Common Criteria in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,148
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. ID SIRTII/CC Teken MoU Dengan Malaysia Untuk Common Criteria

    Persoalan keamanan informasi saat ini bukan hanya persoalan lokal. Namun juga sudah menjadi persoalan regional & bahkan global. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo) yg diwakili oleh ID SIRTII/CC (Indonesia Security Incident Response Team on Internet and Infrastructure/Coordination Center) telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Malaysia dalam common criteria keamanan perangkat. Menurut pendapat Muhammad Salman, Deputi Kerjasama antar Lembaga ID SIRTII/CC mengatakan bahwa nota kesepahaman yg dibuat dengan pemerintah Malaysia ini salah satunya adalah untuk menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Salman menjelaskan bahwa dalam rangka menyambut MEA ini, ASEAN sebagai organisasi regional di kawasan Asia Tenggara berencana untuk membuat ASEAN Cert (Emergency Response Team).

    Salman menuturkan pula, keamanan internet di negara ASEAN harus terlindungi mengingat lalu lintas ekonomi & proses bisnis sekarang sudah terintegrasi dengan teknologi informasi. Tujuan lain dari pembentukan MoU ini sebagai salah satu pengukuhan kerjasama dalam rangka knowledge sharing tentang common criteria dari keamanan informasi sebuah perangkat. Common criteria dapat diartikan sebagai perjanjian internasional untuk kerangka kerja/berpikir dalam melakukan evaluasi terhadap keamanan suatu produk TI. Salman menjelaskan bahwa saat ini di Indonesia sudah memiliki banyak produk or perangkat TI yg beredar di masyarakat. Saygnya, keamanan produk itu belum teruji. Hingga saat ini pengujian produk hanya sebatas spesifikasi, tutur Salman. Pengujian keamanan produk TI tersebut sangat penting mengingat banyaknya ancaman yg bisa berisiko terhadap keamanan informasinya, jelas Salman.

    Seperti yg dituturkan oleh Salman, Malaysia saat ini sudah memiliki konsep yg jelas tentang common criteria dari sebuah produk/perangkat TI. Nota kesepahaman ini pada akhirnya dapat mempererat kerjasama di antara kedua negara khususnya dalam menentukan common criteria. Indonesia belum memiliki konsep dasar tentang common criteria tersebut, papar Salman. Melalui ID SIRTII/CC inilah, produk TI yg ada saat ini bisa diuji keamanan produknya. Pada akhirnya, diharapkan ada kesamaan common criteria di antara kedua negara & ragional ASEAN. Salman menjelaskan pula bahwa MoU ini adalah salah satu di antara dukungan negara Indonesia untuk membentuk ASEAN Cert. Pembentukan ASEAN Cert ini pada akhirnya akan didukung juga oleh Japan Cert.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenID SIRTII/CC Teken MoU Dengan Malaysia Untuk Common Criteria diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page