ID-SIRTII: Satu PC Terinfeksi Malware Tiap Menit

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, May 4, 2015.

Discuss ID-SIRTII: Satu PC Terinfeksi Malware Tiap Menit in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. ID-SIRTII: Satu PC Terinfeksi Malware Tiap Menit

    Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Center or yg biasa dikenal dengan nama ID-SIRTII/CC mengeluarkan riset terbarunya yg mengatakan bahwa tiap satu menit ada satu PC yg terinfeksi oleh malware. Paparan tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Rudi Lumanto, Ketua ID-SIRTII/CC pada acara Virtus Security Day, (30/4/15).

    Pada gelaran tersebut Rudi berkesempatan untuk menjelaskan peranan ID-SIRTII/CC dalam menangani insiden siber yg sering terjadi di Indonesia. Berkembangnya malware yg menginfeksi PC tiap menitnya, tidak terlepas dari dunia maya yg semakin tanpa batas. Setidaknya itulah gagasan utama yg dikemukakan oleh Rudi.

    Dunia maya Indonesia terancam secara global, paparnya. Titik terlemah tetap ada di sisi manusianya, tegas Rudi. Ia menjelaskan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yg tidak memasang anti virus orpun anti-malware di perangkat PC orpun telepon pintarnya. Hal itu menurutnya berdampak langsung pada perkembangan malware itu sendiri.

    Tidak hanya itu saja, Rudi pun memaparkan beberapa temuannya yaitu tiap satu menit ada dua puluh korban kebocoran data. Sama halnya dengan maraknya malware yg menginfeksi PC pengguna, Rudi mengatakan, User behaviour berdampak signifikan terhadap hal tersebut.

    ID-SIRTII/CC pun telah mengumpulkan sekitar dua juta sampel malware yg ada, papar Rudi dalam presentasinya. Berdasarkan riset, jumlah malware di telepon pintar lebih banyak ketimbang yg ada di PC, tegas Rudi. Dalam presentasinya, Rudi menjelaskan bahwa dua juta malware berhasil ditemukan dalam waktu 22 tahun. Se&gkan malware di telepon pintar memiliki jumlah yg sama dalam rentang waktu 11 tahun.

    Aktifitas malware yg berhasil kami temukan sangat banyak, kata Rudi. Saygnya langkah-langkah mitigasi risiko malware banyak tidak dilakukan, lanjutnya. Berdasarkan pemaparannya, ID-SIRTII-CC baru menerima laporan tentang malware sebanyak 26,7 persen. Masih sedikit organisasi yg mau melapor pada kami, paparnya.

    Ia pun berharap bahwa agenda cyber nasional dapat terealisasi tahun ini. Salah satunya adalah peningkatan awareness, pendirian Ba& Cyber Nasional, peningkatan mutu SDM, regulasi, infrastruktur & teknologi.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenID-SIRTII: Satu PC Terinfeksi Malware Tiap Menit diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page