Impresi Awal Massive Chalice | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 6, 2015.

Discuss Impresi Awal Massive Chalice | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,715
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    06/01/2015

    Double Fine Productions adalah salah satu developer yg paling aktif menghasilkan game baik dalam wujud prototipe, Early Access, episodik, ataupun rilis penuh sekaligus. Daftar game yg mereka miliki sangatlah bervariasi. Ada yg bergenre platformer seperti Psychonauts, genre aksi seperti Brutal Legends, genre hibrida JRPG seperti Costume Quest, game petualangan klasik seperti Broken Age, & salah satu yg paling baru adalah Massive Chalice. Cukup sulit mendeskripsikan Massive Chalice dalam sebuah genre, karena game ini merupakan gabungan dari simulasi, RPG, & strategi yg dikemas dalam sebuah game yg memiliki berbagai ide orisinal & menarik.

    Dalam Massive Chalice, kamu akan berperan sebagai sesosok pemimpin yg hidup abadi. Kehidupanmu yg abadi ini memungkinkanmu untuk mengawasi pembangunan kerajaan dari nol hingga menjadi kerajaan besar yg berusia ratusan tahun. Sebagai raja, kamu tidak akan memimpin sendirian, karena kamu diharuskan untuk meninggalkan seorang pemimpin untuk masing-masing region yg kamu kuasai.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Setiap pemimpin akan kamu tentukan siapa pasangannya sehingga ketika sang pemimpin meninggal maka anaknya bisa melanjutkan, meskipun kamu harus perhatikan juga tingkat kesuburan dari masing-masing calon pemimpin. Masing-masing region yg dipimpin tersebut akan memiliki bangunan sendiri yg bisa membantu perkembangan kerajaan agar lebih maju. Sepanjang permainan, pemimpin-pemimpin yg telah kamu pilih juga mungkin saja akan meminta saran kamu atas konflik yg mereka hadapi. Entah itu konflik pembagian warisan, masalah pengambilan keputusan yg krusial, / masalah ketika sang permaisuri mengalami kesulitan saat hendak melahirkan. Pilihan-pilihan kamu akan menentukan nasib sang pemimpin, sekaligus nasib kerajaan secara keseluruhan.

    Selain unsur simulasi yg mewajibkan kamu mengatur kepemimpinan & fungsi dari region-region yg kamu kuasai, kamu juga harus melindungi kerajaanmu dari serangan monster-monster yg bisa datang kapan saja. Biasanya monster akan menyerang lebih dari satu region sekaligus di saat yg sama, & kamu harus memilih region mana yg mau dilindungi terlebih dahulu. Berhati-hatilah menentukan region mana yg akan kamu lindungi demi kemajuan kerajaan kamu.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Untuk melindungi diri dari serangan monster, kamu dapat mengeluarkan lima jagoan kerajaan untuk bertempur di medan perang. Bagian pertempuran akan terasa layaknya RPG strategi seperti Final Fantasy Tactics, Fire Emblem, atau XCOM. Game ini memberlakukan permadeath yg berarti jika karaktermu mati di medan pertempuran, maka dia akan tetap mati kecuali jika ada kejadian-kejadian tertentu yg bisa menyelamatkan nyawanya (biasa terjadi secara acak). Adanya fitur permadeath ini dijamin tidak hanya membuat permainan semakin susah, tapi juga membuat kamu semakin peduli dengan karakter-karakter yg kamu miliki. Para jagoan yg dapat kamu terjunkan ke medan pertempuran juga nantinya bisa kamu lantik untuk memimpin region-region baru seperti yg telah saya jelaskan di atas.
    Beberapa elemen dalam Massive Chalice jelas terinspirasi dari XCOM. Cek juga ulasan lengkap kami untuk game XCOM terbaru XCOM: Enemy Within

    Untuk urusan cerita, Massive Chalice jelas menunjukkan ciri khas utama Double Fine Productions dalam menyajikan cerita yg lucu. Di awal permainan kamu diberikan pilihan untuk memainkan game dengan dialog lebih serius serta karakter yg namanya sesuai dengan cerita fantasi pada umumnya. Tapi kamu juga diberikan pilihan di mana dialog & nama-nama karakter yg ada dalam game lebih nyeleneh daripada cerita fantasi pada umumnya. Hal ini memberikan nuansa baru & orisinal yg jarang dapat kamu temukan di game dengan genre sejenis.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Untuk urusan visual, Double Fine lagi-lagi sukses menyajikan kualitas visual dengan estetika yg sangat menarik untuk dipandangi. Jika dalam Broken Age kamu disajikan dengan game yg bergrafis layaknya lukisan, maka dalam Massive Chalice kamu disajikan dengan grafis 3D bergaya low-poly yg cukup keren. Meskipun banyak karakter yg memiliki penampilan sama, tapi tidak bisa dipungkiri desain lingkungan, serta pemilihan warna yg ada di Massive Chalice sangatlah enak dilihat mata.

    Secara keseluruhan, Massive Chalice jelas merupakan sebuah game wajib bagi penggemar strategi RPG. Game ini akan membawa kamu ke sebuah simulasi seru, lucu, & unik dengan tingkat kesulitan yg sangat tinggi. Bayangkan saja memainkan XCOM tapi dengan tema fantasi, grafis low-poly, serta kualitas naskah yg sangat lucu.
    Cek juga ulasan game Double Fine lainnya yaitu Broken Age yg tidak kalah menariknya dengan Massive Chalice meskipun memiliki genre berbeda

    Saat ini Massive Chalice bisa kamu dapatkan melalui Steam untuk Windows PC, Mac, serta Linux. Meskipun statusnya masih Early Access, tapi game ini sudah bisa menyajikan pengalaman bermain yg sangat padat & menarik untuk diikuti, khususnya untuk penggemar genre strategi & simulasi.

    Steam Link: MASSIVE CHALICE, Rp. 199.999
    TagsRole Playing Simulation Strategy

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page