Impresi Jungle Rumble | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 16, 2015.

Discuss Impresi Jungle Rumble | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,625
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    16/02/2015

    Belum lama ini saya berkesempatan untuk memainkan salah satu game indie terbaru yg dirilis untuk PS Vita berjudul Jungle Rumble: Freedom, Happiness, and Bananas. Dari pertama melihat game ini, jujur saja saya sudah cukup skeptis. Saya bukanlah orang yg anti game indie, bahkan saya sangat cinta game indie & ikut memilih berbagai game indie sebagai bagian dari game terbaik di PS Vita tahun lalu. Tapi rasa-rasanya Jungle Rumble sudah cukup menyimpang dari jenis game indie yg saya harapkan ada di PS Vita.

    Begitu memulai permainan saya langsung dipaksa untuk memutar PS Vita 90 derajat. “Hmm portrait?“, itulah yg muncul di pikiran saya ketika mencoba Jungle Rumble untuk pertama kalinya. Kamu tidak perlu khawatir kebingungan memencet tombol kontrol untuk game ini, karena Jungle Rumble sepenuhnya dikendalikan dengan touch screen. Portrait & touch screen? Tidakkah itu mengingatkanmu dengan smartphone yg jelas dimiliki oleh lebih banyak orang dibandingkan PS Vita?

    [​IMG]

    Saya pun langsung mencoba mencari informasi lebih tentang Jungle Rumble, & ternyata memang game ini pernah dirilis untuk iOS pada bulan Mei 2014. Tidak cukup menjadi tempat porting game PC / console klasik, kini PS Vita mulai jadi tempat porting game mobile juga. Tapi tentunya kita tidak boleh berpikirannegatif dulu, bisa jadi game ini merupakan game yg sangat berkualitas & sempurna untuk dimainkan di PS Vita…

    Sayangnya tidak.

    Jungle Rumble adalah sebuah game rhythm yg akan menempatkanmu pada posisi gerombolan monyet yg harus menghabisi monyet lawannya & pergi menuju ke pisang untuk mengakhiri level. Layaknya banyak game kasual di mobile lainnya, skor kamu dikategorikan dalam 3 tingkatan nilai yaitu gold, silver, & bronze (anggap saja sebagai pengganti sistem tiga bintang).


    Karena Jungle Rumble merupakan game rhythm, maka semua gerakan yg mau kamu lakukan baru bisa terwujud setelah kamu menekan kombinasi tertentu sesuai dengan irama. Secara sepintas cara kerja game ini sedikit mengingatkan saya akan seri Patapon, bedanya adalah Patapon merupakan game yg sempurna untuk PS Vita, sedangkan Jungle Rumble tidak.

    Seluruh monyetmu & musuhmu bisa bergerak melompati petak-petak yg digambarkan sebagai dahan pohon yg penuh daun. Kombinasi tertentu di dahan-dahan tersebut akan menentukan ke mana kamu bergerak, serta musuh mana yg akan kamu serang. Mungkin pengaruh jari saya yg besar / memang game ini yg susah, tapi salah pencet merupakan hal yg sering saya alami selama memainkan Jungle Rumble.

    [​IMG]
    Satu hal yg sangat saya kritisi di Jungle Rumble adalah betapa tidak optimalnya game ini berjalan di PS Vita. Meskipun bisa dibilang termasuk game simpel, Jungle Rumble tetap sukses membuat PS Vita saya terasa panas serta sukses membuat saya menunggu lama melihat layar loading. Kita sedang membicarakan tentang hardware yg mampu menjalankan game seperti Persona 4 Golden dengan sempurna, hal ini seharusnya tidak terjadi.

    Sebenarnya Jungle Rumble bukanlah game yg buruk. Mulai dari gameplay yg cukup menyenangkan, grafis yg penuh warna & enak dilihat, sampai ke musik yg bisa membuat semangat. Namun semua nilai ini jelas tidak bisa disajikan dengan baik di sebuah handheld seperti PS Vita. Mulai dari karena ukuran Vita yg terlalu besar untuk digenggam layaknya smartphone, sampai ke banyaknya pilihan game lain yg lebih cocok dengan handheld ini.
    [​IMG]Rasanya seperti sedang mewawancarai orang

    Tidak banyak memang yg bisa saya komentari tentang Jungle Rumble di PS Vita. Saran saya kalau kamu memang berminat untuk memainkan game ini, mainkan saja versi iOS, apalagi mengingat kedua versi dijual dengan harga yg kurang lebih sama. Karena pada dasarnya Jungle Rumble bukanlah game rhythm yg buruk, tapi jelas merupakan game yg kurang tepat untuk PS Vita.

    Apple App Store Link: Jungle Rumble: Freedom, Happiness, and Bananas, Rp. 45000

    PlayStation Store (US): Jungle Rumble, $4,99 (sekitar Rp. 60.000)
    Jungle Rumble Mungkin Salah Alamat, Tapi Yang Ini Benar-Benar Saya Nantikan[​IMG]TagsArcade Rhythm

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page