Impresi The Legend of Heroes Trails of Cold Steel | Tech in Asia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 12, 2016.

Discuss Impresi The Legend of Heroes Trails of Cold Steel | Tech in Asia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Minggu ini saya sedang asyik memainkan game yg sepertinya akan jadi calon kuat game favorit saya di tahun 2016. Game yg saya maksud adalah The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel, JRPG buatan Falcom yg baru-baru ini terbit dalam bahasa Inggris. Sebetulnya game ini rilis tahun 2015, tapi mepet dengan akhir tahun jadi anggap saja ini game tahun 2016.

    Kesan pertama memainkan Trails of Cold Steel adalah saya merasa berdosa belum tamat main prekuelnya. Ini karena sepanjang permainan banyak sekali aspek sejarah yg berkaitan dengan seri Trails in the Sky. Game ini bisa dinikmati sebagai seri terpisah, tapi bila kamu perfeksionis yg ingin pengalaman komplet, lebih baik kalau kamu sudah mainTrails in the Sky FC & Trails in the Sky SC sampai tamat.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Secara singkat, Trails of Cold Steel bisa dibilang merupakan gabungan antara Persona dan Final Fantasy Type-0. Game ini bercerita tentang Class VII, kelas berisi sembilan anak-anak terpilih di akademi militer Thors. Kelas ini dibuat sebagai tempat uji coba teknologi baru yg disebut ARCUS, & memiliki kurikulum khusus yg berbeda dengan kelas lainnya.

    Sebagai seorang pelajar, hari-harimu akan diisi berbagai kegiatan akademik maupun non akademik. Kamu akan belajar di kelas, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, & membantu ketua OSIS dalam melakukan tugas-tugasnya. Kamu juga akan pergi melakukan studi lapangan, bahkan menghadapi ujian.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Waktu luangmu akan diisi dengan kegiatan bonding alias nongkrong bersama teman-temanmu. Semakin sering kamu nongkrong, kedekatanmu dengan anggota Class VII lainnya akan bertambah. Ini nantinya akan memberimu teknik khusus yg disebut Social Link Combat Link, yaitu kondisi di mana para anggota Class VII bergerak dengan sinkron bagaikan mengetahui isi hati masing-masing.

    Kira-kira seperti itu konsep cerita yg ada dalam Trails of Cold Steel. Sejujurnya saya masih belum tahu apa konflik utama dalam game ini, padahal saya sudah main sekitar dua puluh jam! Dua puluh jam pertama habis untuk mengupas latar belakang dunia & kepribadian para anggota Class VII saja, jadi sepertinya Trails of Cold Steel akan menjadi game yg sangat panjang.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Dari segi visual, Trails of Cold Steel memiliki tampilan 3D yg biasa-biasa saja. Cukup bagus, tapi jelas jauh di bawah standar game AAA zaman sekarang. Buat saya ini tak masalah, lagipula seri The Legend of Heroes memang tidak identik dengan grafis canggih.

    Dari segi gameplay pun Trails of Cold Steel tidak jauh berbeda dengan Trails in the Sky. Ada beberapa elemen baru yg membuat pertarungan jadi lebih banyak strategi, misalnya sistem Combat Link, tapi pada dasarnya ini adalah JRPG turn-based biasa. Walaupun gosipnya sih nanti kita bisa dapat robot …

    [​IMG]

    [​IMG]

    Sebagaimana sebuah JRPG seharusnya, titik terkuat game ini tentu saja terletak pada cerita. Trails of Cold Steel memiliki cerita yg mengagumkan, bahkan mungkin lebih baik dari Trails in the Sky. Memang konsep sekolah militer bukan hal yg baru, tapi percayalah, tidak butuh konsep yg aneh-aneh untuk membuat sebuah cerita yg berkesan.

    Trails of Cold Steel adalah kisah fiksi yg terukir dengan begitu detail. Game ini tidak takut menggiringmu melalui berbagai jalan berliku, membuatmu pelan-pelan tenggelam ke dalam dunianya tanpa kamu sadari. Saat ini jam terbang saya masih jauh dari cukup untuk membuat review, tapi dari apa yg sudah saya lihat, saya hanya bisa optimis.

    PlayStation Store Asia (PS3): The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel, Rp544.000

    PlayStation Store Asia (PS Vita): The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel, Rp544.000

    PlayStation Store US (PS3): The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel, $39,99 (sekitar Rp553.000)

    PlayStation Store US (PS Vita): The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel, $39,99 (sekitar Rp553.000)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page