IndonesiaX, Kursus Online Gratis Berkualitas Tinggi

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 14, 2016.

Discuss IndonesiaX, Kursus Online Gratis Berkualitas Tinggi in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,756
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Mendapatkan akses ke sumber ilmu pengetahuan yg berkualitas secara gratis adalah impiansemua orang. Selama ini, kita bisa mendapatkannya melalui situs-situs seperti Khan Academy & Coursera. Namun, hampir semua kuliah online berkualitas disampaikan dalam bahasa Inggris, sehingga terkadang timbul kesulitan untuk memahaminya.

    IndonesiaX hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Dengan konsep massive online open course (MOOC) yg membebaskan penggunanya untuk mengakses video pengetahuan secara gratis & terbuka, IndonesiaX bercita-cita memperluas akses masyarakat kepada pendidikan & keterampilan hidup yg berkualitas.

    IndonesiaX dibangun di atas OPEN edX, sebuah platform MOOC yg dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology & Universitas Harvard di tahun 2012. Dengan platform tersebut, kursus di IndonesiaX dapat disampaikan dengan metode yg menarik & interaktif.
    Proyek ambisius dengan instrukturternama[​IMG]Daftar kontributor & kelas.

    Di halaman utama, kita akan disambut oleh sebuah video perkenalan yg disampaikan oleh Mohammad Nawawi dari Paramount Land; & Sandra Dewi. Di halaman ini pula kita bisa menemukan berbagai kursus & institusi yg menjadi kontributornya.

    Melihat deretan nama instruktur yg disajikan, terlihat bahwa IndonesiaX merupakan sebuah proyek ambisius. Kursus di IndonesiaX antara lain diisi oleh Rhenald Kasali, profesor pemasaran Universitas Indonesia yg juga merupakan pendiri Rumah Perubahan; Wishnutama Kusubandio, CEO Net Media; & masih banyak tokoh lainnya, baik dari kalangan akademisi, praktisi, maupun pengusaha.

    Institusi yg menjadi kontributornya antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Terbuka, Rumah Perubahan, BEI, & NET Media. IndonesiaX juga membuka kerjasama bagi institusi lasin yg ingin menjadi kontributor kursusnya.
    Serba gratis & terbuka[​IMG]Halaman pembuka di setiap kelas.

    Saat ini, semua kursus di IndonesiaX dapat diakses secara gratis. Setelah memilih kursus yg ingin kita pelajari, kita akan masuk ke halaman penjelasan awal. Penjelasan ini diberikan baik dalam bentuk video & tulisan dari instruktur pengajarnya.

    Dari halaman ini, kita bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus. Bila belum memiliki akun / belum masuk log, kita akan diarahkan ke halaman pendaftaran akun. Nantinya, akun tersebut dapat dibuat & dihubungkan dengan akun Facebook & Google kita. Setelah mengisi profil & sedikit biodata pribadi, barulah kita bisa mengikuti kursus.

    Halaman kursus tampil dalam bentuk yg mudah dipahami, apalagi hampir semua bahasa antarmuka dalam situs ini tersedia dalam bahasa Indonesia. Ada empat bagian dalam setiap halaman kursus, yaitu: Perangkat Kursus, Info Kursus, Diskusi, & Kemajuan.

    Di halaman Perangkat Kursus, kita dapat menyaksikan video pelajaran dari kursus tersebut. Keunggulan IndonesiaX dibanding situs MOOC Indonesia lainnya tampak jelas di sini: kita dapat mengunduh semua videonya secara gratis.
    Kualitas konten tinggi & dibuat secara profesional[​IMG]Halaman tampilan video beserta transkripnya.

    Yang paling saya senangi dari IndonesiaX adalah semua video yg tersedia direkam & disunting secara profesional. Gambar yg ditampilkan terlihat tajam dengan suara yg jernih & jelas. Terkadang, efek animasi digunakan untuk mengilustrasikan sebuah konsep, yg membuat kursus bernuansa cerah & tidak membosankan.

    Tidak hanya itu, setiap video memiliki transkrip pembicaraan yg dapat kita lihat & unduh, sehingga kita tak perlu lagi repot-repot mencatat apa yg disampaikan. Transkrip pembicaraan juga diberikan tepat di samping video, sehingga kita dapat memahami apa yg disampaikan saat suara di video tidak terlalu jelas.

    Selain itu, pada bagian Perangkat Kursus, kita juga dapat menemukan tes / kuis yg diberikan oleh instruktur. Sejauh yg saya lihat, semua tes diberikan dalam bentuk pilihan ganda. Tes yg diselesaikan akan disimpan & hasilnya dicatat untuk kemudian ditampilkan di halaman Kemajuan.

    Pada halaman Info Kursus, kita dapat membaca pengumuman & info-info tambahan yg membantu kita memahami topik lebih dalam, termasuk mengunduh bahan-bahan pelajaran. Dalam beberapa kursus, kita juga didorong untuk bertanya langsung baik kepada instruktur / pun asisten instruktur melalui akun media sosial mereka.
    Baca juga: 7 Fakta Mengejutkan Seputar Startup Pendidikan Indonesia

    Pada halaman Diskusi, kita dapat berbincang dengan siswa lainnya. Di luar dugaan saya, fitur ini cukup ramai dengan siswa yg saling berbagi informasi tambahan, meski tak jarang yg keluar dari topik / hanya menuliskan curahan hati di sana. Dalam beberapa kursus, tampak siswa mulai bergabung membentuk grup belajar.
    [​IMG]Curahan hati siswa kursus.

    Di halaman Kemajuan, kita dapat melihat perkembangan nilai kita untuk setiap tes. Nilai ini ditampilkan dalam bentuk grafis. Setelah menyelesaikan semua tes & ujian, kita akan mendapatkan nilai total yg menentukan apakah kita akan lulus / tidak.
    Masih perlu pengembangan
    Meski mudah digunakan & memiliki banyak fitur menarik, saya merasa jumlah kursus yg ditawarkan masih jauh dari cukup. Saat ini IndonesiaX menampilkan sembilan kursus, namun hanya enam kursus yg aktif & bisa diikuti. Begitu pula dengan kategori kursus yg ditawarkan.
    Baca juga: Belajar Bahasa Asing Sambil Bermain dengan Duolingo

    Selain itu, saya merasa perkembangan & penambahan kursus di situs ini agak lamban. Sejak diluncurkan bulan Agustus 2015, tidak banyak perubahan yg berarti baik dari segi konten ataupun fitur.

    Bagaimana pun, IndonesiaX memiliki potensi yg luar biasa besar. Dengan tim profesional yg ada di belakangnya, saya cukup yakin bahwa situs ini dapat menjadi rujukan utama bagi mereka yg haus akan ilmu.
    Plus
    • Konten berkualitas tinggi
    • Tenaga instruktur yg kompeten & ahli di bidangnya
    • Tampilan sederhana, berbahasa Indonesia, & mudah dipahami
    Minus
    • Jumlah kursus yg ditawarkan sangat terbatas
    • Pengembangan fitur terasa lambat

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar pertama: Pexels)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page