Industri Hotel Miliki Kerentanan Wifi Security

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Mar 30, 2015.

Discuss Industri Hotel Miliki Kerentanan Wifi Security in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Industri Hotel Miliki Kerentanan Wifi Security

    Wifi security di industri perhotelan memang terka&g luput dari pan&gan mata. Implementasi wifi security di industri ini memang tidak sematang industri perbankan. Namun, bisnis unit di perbankan maupun perhotelan sama-sama mengandalkan reputasi & kenyamanan pengguna. Ketidakmatangan wifi security di industri perhotelan akan membuka satu celah bagi penyerang untuk menyerang informasi rahasia yg se&g diakses oleh para tamu hotel. Sebuah firma konsultan keamanan bernama Cylance telah membuat sebuah penelitian yg menyatakan bahwa industri perhotelan khususnya di sistem keamanan wifi mereka memiliki sebuah celah yg berpotensi untuk dimanfaatkan penyerang menyebarkan malware.

    Bagaimana cara penyerang menyebarkan malware melalui wifi? Cylance mengatakan bahwa penyerang memanfaatkan router yg menurut penelitiannya sangat favorit digunakan oleh hotel untuk mendistribusikan jaringan wifi ke seluruh ruangan. Router yg digunakan tersebut bernama InnGate yg diproduksi oleh ANTLabs. Berdasarkan penelitian yg dipublikasikan oleh Cylance, InnGate memiliki kerentanan yg mana hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan malware ke perangkat elektronik yg mengakses wifi hotel. InnGate cukup populer di industri perhotelan karena memudahkan mereka untuk mengatur tingkatan penggunaan wifi dari kelas premium, normal & sebagainya.

    Ironisnya, Cylance mengatakan bahwa InnGate berpotensi untuk menyebarkan malware lebih dari satu. Dampaknya adalah penyerang dapat membobol sistem keamanan hotel & juga mencuri data pribadi pengguna. Hal terburuk yg diperoleh Cylance adalah sekitar 227 jaringan hotel di dunia menggunakan InnGate & 100 di antaranya dipasang di ruang rapat, aula & lobi hotel di mana penggunaan wifi di area tersebut cukup masif. Daftar nama hotel yg menurut Cylance diprediksi menggunakan router tersebut adalah Intercontinental Hotel Group, Marriott, Hilton, Wyndham Hotel Group, Choice Hotel International, Accor, Starwood Hotels and Resorts & Best Western. Firma hukum tersebut telah mengontak sejumlah hotel tersebut untuk memperkuat & memperbaiki sistem keamanan wifi mereka.

    Bagaimana dengan di industri perhotelan di Indonesia? Harry Riyanto, Corporate IT Manager di Samali Hotel and Resort mengatakan bahwa di Indonesia belum ada regulasi khusus yg mengatur keamanan wifi. Berdasarkan pengalamannya yg pernah bekerja di hotel-hotel berbintang mengatakan bahwa hotel kelas dunia telah memiliki aturan khusus dalam keamanan wifi mereka. Salah satu contoh yg ia sodorkan adalah keamanan wifi di daerah Timur Tengah seperti Dubai & Kuwait. Aturan yg diberlakukan di wilayah tersebut adalah hotel harus memiliki chiplock di jaringan wifi mereka untuk menyimpan segala bentuk aktivitas. Alasannya adalah ketika ada insiden di jaringan wifi, hotel memiliki log untuk diserahkan pada pihak berwajib sebagai bahan investigasi, tegas Harry.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenIndustri Hotel Miliki Kerentanan Wifi Security diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page