Istilah Dalam Pemesanan Kamar Hotel

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Jul 18, 2016.

Discuss Istilah Dalam Pemesanan Kamar Hotel in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,113
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]Sebelum Anda memesan hotel untuk melakukan traveling ataupun jalan2, alangkah baiknya Anda mengetahui istilah dalam pemesanan kamar hotel, inilah istilah-istilah yg ada dalam pemesanan kamar hotel, seperti dikutip dari jalan2indonesia.com



    Jenis Kamar.Kamar hotel biasanya dibagi dalam beberapa jenis menurut ukuran ruangannya. Kamar paling kecil biasanya disebut standard-room, superior, deluxe, suite & presidential. Tidak ada ukuran baku jenis kamar untuk tiap-tiap hotel, tapi biasanya ukuran kamar tidak jauh berbeda untuk kelas yg sama pada hotel dengan rating yg sama. Kamar superior di semua hotel bintang 5 memiliki ukuran yg hampir sama, tapi kamar superior di hotel bintang 3 bisa jadi memiliki ukuran yg lebih kecil.

    Tempat tidur (bed). Biasanya dikenal sebagai double-bed & twin bed. Double bed adalah 1 tempat tidur besar dapat dipakai berdua, biasa disebut juga king-size. Sedangkan pada kamar twin-bed akan terdapat 2 tempat tidur dengan ukuran lebih kecil (cukup 1 orang).

    Kamar mandi.Biasanya tersedia bath-tub / shower. Untuk hotel dengan rating bintang 4 & 5 bath-tub adalah keharusan. Untuk bintang di bawahnya hanya disediakan shower.

    Rate. Terdapat beberapa istilah rate hotel, ada rack-rate/publish rate, ada promo rate. Rack Rate/publish rate adalah tarif resmi hotel, namun dalam praktiknya tarif yg diberlakukan di bawah publish rate. Sebaiknya ditanyakan juga apakah sudah nett / ++. Tarif nett berarti Anda hanya membayar sejumlah tarif tersebut. Sedangkan ++ berarti tarif tersebut masih harus ditambahkan pajak & service yg besarnya untuk Indonesia adalah 21%, & bisa berbeda-beda untuk hotel di luar negeri.

    Block-out Date.Jika Anda memesan kamar online istilah ini sering digunakan untuk menandakan tanggal-tanggal tertentu dimana kamar tidak bisa dipesan melalui online / travel biro.

    High/Peak Season Surcharge. Tarif kamar biasanya ditentukan 6 bulan / 1 tahun sebelumnya. Untuk kondisi ramai tamu biasanya hotel mengenakan biaya tambahan sebesar nilai tertentu. High season surcharge ini biasanya ditambahkan saat libur sekolah. Sedangkan Peak season surcharge dikenakan saat libur lebaran, / tahun baru.

    Breakfast. Saat pemesanan kamar sebaiknya ditanyakan apakah harga termasuk dengan sarapan & untuk berapa orang. Kode R/O / Room Only merupakan penanda bahwa harga kamar tidak termasuk sarapan.

    Check-in Time & Late Check-out Time. Check-in Time adalah jam dimana tamu sudah diperbolehkan melakukan checkin. Check-in time ini juga bervariasi & sangat situasional, artinya di saat banyak kamar kosong Anda masih dimungkinkan check-in jam 9 pagi. Check-in time rata-rata adalah antara jam mulai jam 1 / 2 siang. Check-out time adalah jam dimana Anda sudah harus meninggalkan hotel di hari terakhir menginap. Biasanya berkisar jam 11 s/d 12 siang. Seperti halnya check-in time, check-out time juga situasional & tergantung kebijakan masing-masing hotel. Bahkan beberapa hotel masih memberi kelonggaran late check-out hingga 3 sore. Tapi jika semua kamar sudah terpesan maka Anda harus segera bergegas check-out sesuai batas waktu. Dan yg terpenting adalah jam berapapun Anda check-in jam check-outnya tetap tidak berubah. Check-in jam 10 malam, jam check-outnya tetap jam 11 / 12 keesokan hari.

    Walk-In guest. Adalah tamu-tamu yg langsung datang ke hotel tanpa reservasi sebelumnya. Hotel biasanya memberikan tarif normal untuk tamu langsung ini. Namun jika beruntung Anda malah akan mendapatkan tariff kamar lebih murah, terutama jika hotel dalam kondisi sepi tamu.



    Jenis-jenis kamar yg biasanya digunakan di hotel:

    Standard Room.Inilah jenis kamar dengan ukuran paling kecil dengan fasilitas terbatas. Biasanya hanya berisi tempat tidur, kamar mandi dengan shower, sepasang kursi & meja kecil, TV, & meja rias kecil.

    Run of House (ROH).Kamar jenis ini bisa diartikan kamar terakhir yg tersedia. Kamar jenis ini memiliki view paling tidak menarik, jauh dari fasilitas hotel. Kamar ROH biasanya ditawarkan dengan harga paling murah.

    .u5a551fa1a77d825efc9beb4b4c4f5654{padding:0px;margin:0;padding-top:1em!important;padding-bottom:1em!important;width:100%;display:block;font-weight:bold;background-color:#eaeaea;border:0!important;border-left:4px solid #c0392b!important;text-decoration:none}.u5a551fa1a77d825efc9beb4b4c4f5654:active,.u5a551fa1a77d825efc9beb4b4c4f5654:hover{opacity:1;transition:eek:pacity 250ms;webkit-transition:eek:pacity 250ms;text-decoration:none}.u5a551fa1a77d825efc9beb4b4c4f5654{transition:background-color 250ms;webkit-transition:background-color 250ms;opacity:1;transition:eek:pacity 250ms;webkit-transition:eek:pacity 250ms}.u5a551fa1a77d825efc9beb4b4c4f5654 .ctaText{font-weight:bold;color:inherit;text-decoration:none;font-size:16px}.u5a551fa1a77d825efc9beb4b4c4f5654 .postTitle{color:#141414;text-decoration:underline!important;font-size:16px}.u5a551fa1a77d825efc9beb4b4c4f5654:hover .postTitle{text-decoration:underline!important}
    Baca Juga: Hindari Masuk Bui, Koruptor Wanita Ini Rela Hamil 14 Kali

    Superior Room. Kamar ini berukuran di atas Standard Room. Kamar mandi lebih luas & biasanya sudah dilengkapi dengan bath-up. Disamping fasilitas yg ada di kamar standar, beberapa hotel masih menambahkan sofa, meja rias, pengering rambut, mesin pembuat kopi.

    Deluxe Room.Dibandingkan Superior Room, kamar jenis ini hanya sedikit lebih luas & fasilitasnya cenderung sama dengan Superior Room.

    Suite. Yang membedakan kamar ini adalah adanya ruangan lain disamping kamar tidur & kamar mandi. Ruangan lain ini seperti ruang tamu dengan beberapa kursi / sofa. Nah karena ada ruang tambahan ini maka luas kamar lebih besar dibandingkan Superior/Deluxe Room. Beberapa hotel masih membagi lagi Suite Room menjadi Junior Suite, Business Suite / Executive Suite.

    Presidential.Inilah kamar terluas dibandingkan dengan jenis kamar lainnya. Pada dasarnya ini masuk kategori Suite Room dengan luas & fasilitas paling lengkap. Kamar jenis ini hampir menyerupai rumah. Tidak semua hotel memiliki kamar jenis ini, hanya hotel-hotel mewah bintang 5 yg menyediakannya, itupun hanya beberapa unit saja. Beberapa hotel menempatkan Presidential Suitenya dekat dengan fasilitas pendaratan helikopter (helipad) & memiliki pemenadangan terbaik yg dimiliki hotel.

    Connecting rooms. Dua / lebih kamar yg memiliki akses (pintu) satu sama lain, sehingga penghuni kamar tidak perlu keluar koridor untuk memasuki kamar sebelahnya.

    Adjoining Rooms. Kamar yg terletak bersebelahan tanpa dihubungkan pintu (connecting door) di antara kamar.



    Selain hotel juga dikenal istilah-istilah lainnya, yg biasanya dibedakan karena konsep penginapannya, lokasi:

    Guest House.Sesuai namanya tempat ini menyerupai rumah dengan beberapa kamar. Beberapa kamar disewakan dengan penggunaan bersama untuk dapur, ruang tamu & ruang-ruang lainnya. Pemilik rumah ada juga yg tinggal disini.

    Villa / Cottage. Secara fisik sebenarnya merupakan hotel dengan beberapa rumah dalam satu kawasan. Bangunan rumah terpisah dari unit lainnya. Lokasinya biasanya tidak berada di kawasan padat. Biasnya menawarkan suasana yg lebih tenang. Layanan kamar disediakan seperti halnya hotel, bahkan untuk villa mewah disediakan petugas tersendiri untuk tiap-tiap unit villa.

    Homestay. Sebenarnya mirip dengan guest-house hanya biasanya pemilik rumah tinggak bersama tamu. Homestay biasanya dimiliki pribadi.

    Inn/Lodge. Merupakan penginapan sederhana & terletak dipinggir kota / tempat transit. Tidak menyediakan banyak fasilitas.

    Bed & Breakfast. Adalah hotel dengan fasilitas hanyalah untuk tidur & sarapan saja. Istilah ini masih kurang populer di Indonesia tetapi di luar negeri sudah banyak digunakan.

    Budget Hotel. Adalah hotel dengan fasilitas terbatas & biasanya berada di tengah kota.

    Hostel. Hotel sederhana yg biasanya digunakan tamu rombongan. Satu kamar bisa diisi 4 orang bahkan lebih. Fasilitasnya sederhana dengan kamar mandi biasanya di luar kamar. Hostel ini yg biasanya digunakan untuk rombongan study-tour.

    Dormitory/Barak. Penginapan jenis ini biasanya terdiri dari ruangan besar dengan banyak tempat tidur, bahkan bertingkat. Tamu akan berbagi fasilitas, baik kamar mandi, TV. Jika memesan kamar jenis dorm/barak dihitung berdasarkan jumlah orang bukan per kamar lagi. Dormitory ini sangat diminati oleh para backpackers karena biaya inap yg murah.



    Agar mendapatkan layanan maksimal Anda juga perlu mengenali tugas pegawai.

    Resepsionis.Karyawan hotel ini melayani tamu untuk check-in maupun check-out. Untuk hotel besar resepsionis bekerja 24 jam dengan 2 / 3 shift.

    Concierge. Karyawan hotel yg memiliki tugas dasar sebagai penghubung tamu dengan hotel terutama terkait fasilitas, pelayanan, & kegiatan. Concierge mudah dijumpai di area pintu masuk.

    Doorman.Karyawan yg bertugas membuka & menutup pintu masuk hotel.Istilah-istilah di atas juga sering dijumpai dalam pemesanan hotel via online. Jadi, selamat jalan-jalan & selamat traveling.



    Republished by Blog Post Promoter

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Istilah Dalam Pemesanan Kamar Hotel diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Istilah Dalam Pemesanan Kamar Hotel.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page