Jangan Tidur Sesudah Sahur Gan !!!

Discussion in 'Arsip Lama' started by AnarchyCox, Aug 10, 2010.

Discuss N3 - Jangan Tidur Sesudah Sahur Gan !!! in the Arsip Lama area at Nyit-Nyit.Net

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. AnarchyCox Pra TK Level 1

    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    26
    [​IMG]

    Sepekan menjelang Ramadan, ada perasaan resah yang menyelinap dalam batin Sandy Indra Pratama, 29 tahun. Lelaki bertubuh subur ini mengaku hampir selalu pulas tak lama setelah makan sahur tuntas. Ketika terbangun, karyawan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta Selatan ini kerap merasa kering dan panas di kerong-kongannya. "Seperti mau keselek," kata Sandy.

    Tidur setelah sahur memang jamak dilakukan orang pada bulan puasa. Namun dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, memberi saran sebaiknya hal itu tidak dilakukan. "Karena makanan belum dicerna dan malah bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi," kata dia ketika dihubungi, Jumat lalu.

    Jika refluks terjadi, Ari melanjutkan, asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit.

    Dia punya cara untuk menyiasati kemungkinan terjadinya refluks asam lambung ini. "Dengan cara tidur setengah duduk atau tidur menggunakan bantal yang tinggi," kata Ari.

    [​IMG]

    Namun dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu lebih menyarankan orang yang berpuasa tidak tidur setelah bersantap sahur. "Sebenarnya kan percuma tidur, paling cuma satu jam," katanya. Ideal-nya, ia menambahkan, seseorang boleh tidur dua jam setelah makan. "Tapi masih bisa ditolerir tidur satu jam setelah makan," kata Ari.

    Makanan yang sukar dicerna, Ari melanjutkan, adalah makanan yang terlalu berlemak. Keju dan minyak dalam jumlah banyak akan memerlukan waktu dua jam untuk dicerna. Sedangkan nasi dengan sayur berkuah atau telur dan ikan rebus biasanya memerlukan waktu satu jam untuk dicerna.

    Agar lambung punya cukup waktu untuk mencerna santapan sahur, peraih Young Clinician Award pada World Congress of Gastroenterology Bangkok 2002 itu menyarankan orang yang berpuasa makan sekitar satu jam sebelum waktu imsak. "Jam 3-an sudah makan makanan padat. Jangan mepet-mepet waktu imsak," katanya.

    Barulah mendekati waktu imsak, menu dilanjutkan dalam bentuk camilan, buah-buahan, dan minum air putih. Dengan cara ini, ketika tidur, makanan sahur telah dicerna dan terhindar dari refluks. Seusai salat subuh, jika memang sangat mengantuk, orang yang berpuasa dianjurkan tidur sebelum beraktivitas.

    [​IMG]

    Ari juga menjelaskan bahwa nutrisi yang paling diperlukan manusia secara garis besar adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Untuk santapan sahur, ia sarankan agar makan nasi, kentang, dan ubi sebagai sumber karbohidrat. Untuk protein,daging, ikan, dan telur bisa menjadi pilihan. Lemak dapat diperoleh dari minyak dan daging ayam negeri.

    Namun, Ari mengingatkan, orang yang berpuasa untuk menghindari makanan yang mengandung lemak berlebih saat sahur karena susah dicerna. Demikian pula konsumsi susu. Bagi yang berusia di atas 30 tahun, sebaiknya memilih susu rendah lemak atau bahkan tanpa lemak.

    Konsumsi cairan yang dianjurkan Ari adalah jus buah-buahan, seperti mangga atau jeruk, karema menyediakan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. “Tapi jangan pakai gula atau susu,” kata Wakil Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia itu.


    sumber :http://anasarema.blogspot.com/2010/08/jangan-tidur-seusai-sahur.html
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini
  2. jomblo2bahagia Pra TK Level 1

    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    31
    iya bro, ane juga dari dulu diajarin sama org tua jgn lgsg tidur
    katanya gak baik buat perutnya :)
    lagi pula ane emang gak betah abis sahur lgsg tidur :)
     
  3. Rebirthz 1 SMP Level 2

    Messages:
    1,439
    Likes Received:
    60
    Trophy Points:
    73
    waduh..... kalo paginya gk sekolah sih gpp... tapi kalo sekolah kalo gk tidur abiz sholat shubuh pasti.. di sekolah tidur :hilarious:
     
  4. mixmax TK 0 Besar Level 1

    Messages:
    164
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    44
    walaaaa......
    pdhl ntr pagi ane rencanax abis sahur mau tidur lagi..
    setelah baca tread ini jadi pikir" mu tdur lg abis sahuri...

    tapi ngantuk gan kalo ndak dibawa tdur.... :err:
     
  5. albatronas 1 SD Level 2

    Messages:
    211
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    43
    info bagus bro. daripada tidur mending banyak2in ibadahnya ya. :D
     
  6. ghie TK 0 Besar Level 2

    Messages:
    183
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    43
    bener gan
    kalo tidur lagi pas bangunya malah haus jadi serasa gak saur
    ane aja sekarang gak tidur nih pas saur :D
     
  7. sarka TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    93
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    33
    bener kata @gung

    wa juga gitu
    abis sahur biasanya wa keliling desa sambil lari2 kecil

    abis sholat subuh baru wa tidur
     
  8. black890 TK 0 Besar Level 2

    Messages:
    129
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    sebaiknya itu. abis sahur, sholat subuh, trus dzikir trus sampe matahari terbit. baru melakukan aktivitas seperti biasa.
    walaupun gw belom bisa kaya yg gw saranin! <_< <_< <_<
     
  9. vivaldiaja 5 SD Level 2

    Messages:
    739
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    53
    emank bner kata TS tenggorokan gw sakit :tense: + pait :dizzy: serasa kyk gk sahur pdhl baru makan eh pas bangun perut bunyi laper :err:
     
  10. snekelpuz 5 SD Level 2

    Messages:
    728
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    53
    buset dah ...
    emang bener nih abis saur jgn tidur dulu
    kalo bangun pasti tenggorokan kering
    mending tidurnya jam jam 10 pagian aja
    kalo gak abis dhuhur

    ini aja aku lagi puasa, nanti di kampus ujian bahasa pemrograman
    mana di ruang AC dingin banget + bikin kulit kering ni AC
    pusing dah ni kepala @[email protected]

    sabar2 ... ujian2
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page