Jason Healey: Pertahanan Siber Terbaik Kami adalah Silicon Valley

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Dec 29, 2014.

Discuss Jason Healey: Pertahanan Siber Terbaik Kami adalah Silicon Valley in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Jason Healey: Pertahanan Siber Terbaik Kami adalah Silicon Valley

    Jason Healey, direktur dari Cyber Statecraft Initiative di Atlantic Council & juga mantan jajaran penting dari Gedung Putih yg membi&gi keamanan siber mengatakan bahwa pertahanan siber terbaik yg dimiliki oleh AS adalah pihak swasta bukan Pentagon. Healey yg juga pelopor berdirinya US Cyber Command di tahun 1998 itu mengatakan bahwa pihak swasta or yg ia analogikan sebagai Silicon Valley lebih siap mempertahankan keamanan dunia maya AS ketimbang Pentagon. Menurut sumber dari CISO Magazine, Healey menuturkan bahwa keberadaan militer untuk melindungi keamanan siber AS memang terlihat alamiah, namun belum tentu sepenuhnya benar. Healey mengatakan, The private sector is the only place to take action at a national or global scale, and at network speed.”

    Beberapa pejabat pemerintah & ahli di bi&g keamanan siber mengatakan bahwa dunia maya saat ini ditakutkan akan menjadi sebuah cyber-Pearl Harbor di mana Internet dapat menjadi me& peperangan. Berdasarkan pendapat dari Healey secara mengejutkan kekuatan siber utama di AS tidak dipegang oleh militer. Lebih lanjut, banyak konflik yg terjadi di dunia maya & hanya sedikit di antaranya yg diselesaikan oleh pemerintah AS. Healey menjelaskan bahwa militer AS memang memiliki akses untuk menyelesaikan berbagai macam konflik yg ada, tetapi hanya sedikit akses yg dimiliki oleh mereka benar-benar terkoneksi ke Internet. Malahan menurut Healey, sang penyelemat justru bukan dari pihak militer melainkan dari sektor swasta seperti McAfee maupun Microsoft.

    Healey menuturkan, Companies like McAfee or Microsoft that have the agility, expertise and ability to bend cyberspace to improve security and stop attacks in their tracks. Dalam pan&gannya, sektor swasta adalah tempat terbaik untuk melindungi keamanan nasional & global secara keseluruhan. Peran pemerintah yg baik menurut Healey adalah menempatkan mereka sebagai regulator & mengakomodir pihak swasta maupun NGO (non-governmental organization) untuk membangun cyber response plan yg akan memperbaiki masalah siber tersebut. Salah satu saran yg dipaparkan oleh Healey adalah Department of Homeland Security harus bisa membuat sebuah program yg dapat mengakomodir semua pihak baik pemerintah, swasta & NGO untuk menghentikan banyaknya serangan siber ini.

    Menempatkan militer sebagai pelindung utama menurut Healey bukan langkah yg tepat untuk dilakukan saat ini. Dari sisi masyarakat menurut Healey, ada rasa ketidakpercayaan dari masyarakat terutama pasca insiden Snowden. Masyarakat menilai bahwa militer & negara menjadi ancaman bagi kebebasan berekspresi mereka. Terlebih lagi, militer memiliki malware bomb seperti Stuxnet yg menyerang instalasi nuklir Iran beberapa waktu lalu. Koordinasi lintas lembaga dalam pan&gan Healey adalah solusi tepat untuk meminimalisir serangan siber yg datang.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenJason Healey: Pertahanan Siber Terbaik Kami adalah Silicon Valley diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page