Jay Bavisi: Setiap Korporasi Butuh CISO

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, May 23, 2014.

Discuss Jay Bavisi: Setiap Korporasi Butuh CISO in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Jakarta, 22 Mei 2014 – Pada sebuah kesempatan, CISO Magazine berdiskusi dengan Jay Bavisi, Presiden EC-Council dari AS mengenai perkembangan karir dan awareness keamanan informasi. Dalam asumsinya Jay mengatakan bahwa negara yang tidak menganjurkan korporasinya memiliki CISO (Chief Information Security Officer) lambat laun akan terancam. Hal ini akan berdampak pada banyak kerugian. Salah satunya adalah kerugian finansial yang dialami berbagai macam korporasi akibat tidak adanya CISO di organisasi mereka.
    Cara termudah yang dapat dilakukan pemerintah untuk membangun awareness adalah membangun infrastruktur yang memberikan edukasi dalam keamanan informasi. Pada intinya menurut Jay adalah pemerintah, perusahaan, penegak hukum dan lembaga non-profit harus duduk bersama dan membahas bagaimana keamanan informasi itu dapat terbangun khususnya di Indonesia. Kalaupun diperlukan, mereka harus turun ke lapangan seperti memberikan edukasi ke sekolah-sekolah untuk membangun awareness keamanan informasi ini sejak dini.
    Langkah lainnya yang dapat dilakukan pemerintah untuk membangun karir di bidang keamanan informasi adalah dengan memberikan kompensasi dan keuntungan bagi praktisi yang berpengalaman di bidangnya. Kompensasi ini dapat dijadikan sebuah motivasi agar para praktisi tersebut merasa dihargai. Dapat dikatakan bahwa karir di keamanan informasi ini sangat luas. Namun, ketiadaan awareness dari pemerintah menjadikan bidang ini kurang diperhatikan. Pemerintah harus turut andil dalam membangun awareness dengan membuat regulasi khusus yaitu membuat standar tertentu yang mengharuskan setiap korporasi yang ada di Indonesia memiliki CISO. Hal ini dapat dijadikan jaminan bahwa industri di Indonesia memang aman secara pengelolaan informasi.
    Bagi praktisi yang ingin mengembangkan karirnya di keamanan informasi khususnya di Indonesia, dapat melengkapi keahlian mereka melalui pelatihan yang dibuktikan melalui sertifikasi. Sertifikasi ini memungkinkan para praktisi terutama CISO mempunyai banyak pengetahuan dan selalu up to date dengan isu yang menjadi topik terhangat. Selain itu, para praktisi harus sadar dengan perubahan tren keamanan terkini untuk menjembatani gap yang ada di industri saat ini.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page