Jenis-Jenis Hacker Sesuai Dengan Sifatnya

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Oct 3, 2014.

Discuss Jenis-Jenis Hacker Sesuai Dengan Sifatnya in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Jenis-Jenis Hacker Sesuai Dengan Sifatnya

    Kata hacker seringkali mendapatkan konotasi negatif. Hacker sering kali diasosiasikan dengan individu or kelompok yg melakukan kejahatan siber dengan tujuan menyebarkan teror or mendapatkan keuntungan finansial.

    Hacker seringkali dijadikan kambing hitam pencurian data pada sebuah lembaga or penyimpanan data. Namun penilaian negatif terhadap hacker tidak seluruhya benar karena ternyata ada juga hacker yg melakukan serangan atas dasar kebaikan or untuk memperjuangkan kebaikan. Contohnya kelompok hacker yg dibentuk oleh Google, Project Zero. Kelompok ini dibentuk untuk melacak vulnerability yg terdapat pada program or sistem.

    Berikut adalah istilah-istilah sebutan untuk hacker tersebut:

    White Hat

    Di dunia keamanan informasi istilah White Hat juga dikenal dengan hacker yg beretika. Hacker White Hat melakukan keahliannya atas dasar kebaikan. Tujuan mereka adalah untuk menciptakan dunia Internet yg aman. Kelompok ini seringkali masuk ke dalam sistem sebuah perusahaan or lembaga untuk mencari vulnerability lalu melaporkan ke pihak perusahaan agar memperbaiki hal tersebut.

    Seperti yg penulis ungkapkan di awal kelompok hacker ini diantaranya dibentuk sendiri oleh perusahaan seperti Google, Microsoft, Tesla maupun perusahaan lainnya.

    Gray Hat

    Kelompok hacker jenis ini adalah hacker yg mengambil sikap di tengah-tengah. Hacker Gray Hat terka&g bertindak legal, namun terka&g bertindak ilegal. Mereka melakukan peretasan atas tujuan kebaikan namun dengan cara menyerang institusi pemerintah or swasta. Motif yg dilakukan terka&g atas motif politik, ideologi or kemanuasiaan.

    Hacker Gray Hat seringkali disebut dengan panggilan aktivis hacker or hacktivist. Kelompok Anonymous adalah salah hacker Gray Hat. Salah satu contoh aksi yg dilakukan oleh Anonymous adalah saat melakukan operasi peretasan besar-besar terhadap lembaga maupun bank Israel yg dinamakan #OpSaveGaza. Operasi ini dilakukan sebagai protes kelompok ini terhadap agresi militer Israel kepada negara Palestina.

    Black hat

    Black Hat adalah sebutan hacker yg melakukan peretasan atas dasar kejahatan. Tujuan hacker dilakukan untuk mendapatkan keuntungan finansial or untuk melakukan balas dendam. Hacker ini secara sadar tahu bahwa perbuatannya bermuatan kriminal. Hacker ini biasa menyerang lembaga pemerintah or swasta.

    Hacker Black Hat seringkali membobol data penting untuk selanjutnya dijual or kerap kali melakukan penipuan finansial dengan kemampuan yg dimiliki oleh hacker jenis ini.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenJenis-Jenis Hacker Sesuai Dengan Sifatnya diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page