Info jenis tanaman obat herbal tradisional

Discussion in 'Entigapedia' started by LeopardIce, Jun 6, 2015.

Discuss jenis tanaman obat herbal tradisional in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. LeopardIce TK 0 Kecil Level 1 Banned

    Messages:
    77
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    33
    Game:
    League Legend
    Region:
    Unknown
    Mengenal jenis tanaman obat herbal tradisional


    Banyak jenis tanaman obat herbal tradisional yang ada di indonesia. Namun, karena banyaknya jenis dan ragam tumbuhan membuat sebagian besar belum termanfaatkan. Yang biasa ada di dapur saja, sudah banyak terbukti dapat dipergunakan menjadi obat. Belum lagi dari berbagai jenis rerumutan liar yang ada di perkebunan dan pesawahan.

    Jenistanaman obat herbal tradisional berikut ini merupakan jenis tanaman obat yang sudah terbukti manjur mengobat berbagai penyakit.

    1.Sayur-sayuran

    Siapa yang tak mengenal sayuran bernama bayam. Salah satu jenis sayuran yang kaya akan klorofil ini diyakini dapat mencegah penyakit kanker usus, radang sendi dan pengeroposan tulang. Kangkung, mengandur unsur sedatif yang dapat membuat kita mudah ngantuk. Kandungan zinz dan selenium dalam kangkung bermanfaat untuk mengendurkan syaraf dan membuat kita lebih rileks. Genjer, enak dan sedap apabila direbus dan disajikan bersama sambal kacang yang diccucur. Selain rasanya yang enak, ternyata di dalamnya mengandung protein, lemak, kalsium, fospor zat besi dan vitamin b1. Yang tentunya semua kandungan tersebut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker dan diyakini dapat meremajkan sele-sel tubuh.

    2.Buah-buahan

    Jenis tanaman obat herbal tradisional juga bisa bersumber dari buah-buahan. Kurma merupakan salah satu buah primadona untuk kesehatan tubuh. Kelapa sebagai tumbuhan multi guna juga terbukti dapat dijadikan obat. Belum lagi buah-buahan enak seperti apel, jeruk, manggis, sawo dan rambutan yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Mau yang instan, cobalah memakan buah pepaya disaat kita sedang sembelit, rasakan beberapa jam setelah memakan buah peyaya.

    3.Ubi-ubian

    Masuk angin, susah keluar angin (maaf-kentut) cobalah makan ubi bernama jalar (boled;sunda). Atau perut sering melilit, pencernaan bermasalah, mulailah mengkonsumsi air perasan kunyit secara teratur. Khawatir mata cepat kabur, cobalah rajin mengkonsumsi wortel. Bisa di kata, apapun jenis ubinya, pasti ada khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

    4.Rerumputan

    Pernah main ke pinggir sungai? Sahabat bisa menemukan rumput yang namanya Alang-alang, rumput liar ini berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal. Rumput teki bermanfaat untuk menormalkan siklus haid. Bisa juga sebagai penenang. Bisa juga untuk mengobati demam. Selain rumput alang-alang dan teki, rumput pegagan juga begitu populer sebagai obat herbal.

    5.Dedaunan

    Selain memanfaatkan buah dan akar. Ada juga tumbuhan yang daunnya berkhasiat untuk kesehatan. Seperti, daun pecah beling, daun sirih, daun sukun, daun sirsak dan dedaunan lainnya.


    Itulah beberapa jenis tumbuhan yang bisa dijadikan obat tradisonal. Jenis obat seperti ini selain bermanfaat juga sangat aman. Proses penyajiannya pun sebagian besar sangat mudah, ada yang cukup direbus, dibuat juz, bahkan ada juga yang bisa langsung dikonsumsi seperti lalab dan buah segar.

    Namun, meskipun alami, bukan berarti kiba bebas mengkonsumsi berbagai tumbuhan dalam satu wajan. Karena bisa saja, dalam tumbuhan tersebut mengandung zat yang saling bertolak belakang dan berbahaya bagi tubuh.

    Untuk menghindari efek yang kurang baik bagi tubuh. Maka mengkonsumsi dalam tingkat wajar dan konsultasi dengan ahlinya ini lebih baik. Karena ada beberapa jenis tumbuhan dan buah-buahan yang berbahaya dikonsumsi bagi penerita penyakit tertentu.

    Demikianlah pemaparan tentang jenis tanaman obat herbal tradisional ini penulis sajikan. Ingat selalu dengan ungkapan bahwa, tidak semata-mata Tuhan menurunkan penyakit, selain disertai dengan obatnya. Semoga bermanfaat.

    Ingin info tentang kesehatan ? silahkan langsung ke sumber artikel di bawah ini.

    Sumber : http://www.lingkungansehat.com/2015/06/jenis-tanaman-obat-herbal-tradisional.html
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page