JI EUM - RPG Berpadu Rhtyhm untuk Penyandang Tunanetra

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 8, 2015.

Discuss JI EUM - RPG Berpadu Rhtyhm untuk Penyandang Tunanetra in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,756
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Mengalamiketerbatasan fisik seperti kebutaan tentunya bukanlah sesuatu yg diharapkan oleh orang yg memiliki kegemaran bermain video game. Nah, agarhiburan yg didapat melaluisebuah gamebisa menembus keterbatasan fisik tadi, sekelompok developer softwareasal Korea Selatan bernama Danuon menciptakan sebuahgame rhythm khusus yg bisa juga dinikmati oleh para penyandang tunanetra.

    JI EUM,gameyang diciptakan khusus dengan mengandalkan suara, dibuat untuk memanfaatkan kombinasi sinyal suara & aba-aba dari sang narator gunamembantu pemain menyelesaikan pertarungan. Di sini kitahanya perlu melakukantap sesuai dengan model perintah yg ada di layar & telinga untuk melakukan progres dalam permainan.

    Saat ini JI EUM yg merupakanperpaduan antara RPG denganrhythm gamesedang melalui proses penggalangan danalewat layanan Kickstarter. Target pendanaan yg ingin dicapai developerhanyalah sebesar $1.000 / sekitar Rp13juta.Uniknya lagi, penggalangan dana yg nominalnya tergolong kecil tadi bukanlahdigunakan keperluan produksi, melainkan untuk mempromosikangame ini kepada penyandang tunanetra di wilayah Amerika Serikat.

    [​IMG]

    Jalan ceritaJI EUM sendiri terinspirasi dari cerita rakyat Korea Selatan, di mana kita ditugaskan untuk melakukan perjalanan panjang guna mencari cahayadan musik yg telah lama hilang.Nantinya kamu akan mengendalikan empat orang karakter yg masing-masing kelihatannya akan mewakili susunan suara yg berbeda-beda.

    Dari halaman Kickstarter mereka, Danuon menjelaskanalasan pembuatan JI EUM semata-mata hanya untuk memperluas cakupan audiens game agar bisa dimainkan baik mereka yg memiliki keterbatasan indera penglihatan maupun yg bukan.

    [​IMG]

    Konsep yg dihadirkan JI EUM sendiri sedikit mengingatkan saya akan game ABlind Legend yg sempat diulas oleh Fahmi pada tahun 2014 silam. Bedanya, jikaA Blind Legend lebih menekankan pendengaran suaratanpa melibatkan gambar satu pun,JI EUM menampilkan petunjuk visual agargamer normal juga bisa ikut menikmatinya.

    Ketikatulisan ini dibuat, proyek Kickstarter dariJI EUM telah seratuspersen terpenuhi dengan waktu penggalangan tersisa belasan hari lagi. Saat ini belum ada kabar kapan kira-kiragame ini akan dirilis di iOS & Android.Namun yg jelas, setiap jumlah unduhan mencapai100.000, Danuon akan menyumbangkan $1.000 kepada lembaga pemerhati tunanetra.

    Kickstarter Link:JI EUM: A Rhythm Mobile Game for the Visually Impaired


    Dengan kampanyeKickstarter yg tergolong unik, apakah menurut kamu game ini bisa menjadi sebuah permainan yg bermanfaat bagi kaum tunanetra? Silakan suarakan pendapat kamu di kolom komentar

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page