Liga Indonesia Jika Menpora Ambil Alih, Sepakbola Kembali Pakai Dana APBN

Discussion in 'Bola' started by Bola, Apr 19, 2015.

Discuss Jika Menpora Ambil Alih, Sepakbola Kembali Pakai Dana APBN in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,308
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Anggota komite eksekutif PSSI Djamal Aziz, mempertanyakan sikap Menteri Pemuda dan Olahraga yang melakukan pembekuan kepada PSSI selaku induk federasi sepakbola di Indonesia dan ingin mengambil alih keberlangsungan tim nasional serta kompetisi lewat supervisi KOI dan KONI.

    Menurut pria yang juga mantan anggota Komisi X DPR itu, jika pemerintah mengambil alih sepakbola Indonesia, itu berarti sepakbola akan menyedot APBN - yang mana APBN itu sendiri tidak mudah untuk diajukan begitu saja. Djamal pun mengaku tahu anggaran bagi Menpora untuk seluruh cabang olahraga di Indonesia karena dirinya merupakan mantan anggota Komisi X DPR.

    "Dalam surat pembekuan itu, ada hal yang menarik, mereka bilang mau mengambil alih timnas dan kompetisi. Kalau saya sih alhamdulillah, berarti pemerintah peduli soal sepakbola. Karena tidak mudah untuk membiayai timnas dan juga kompetisi yang mereka sebutkan itu," buka Djamal kepada wartawan di Surabaya.

    "Jika pemerintah mengambil alih sepakbola, berarti mereka harus punya anggaran dan akan menggunakan APBN. APBN itu tidak mudah untuk diajukan, tidak bisa seujuk-ujuk minta dan dikabulkan. Saya tahu anggaran Menpora berapa, karena saya juga mantan Komisi X DPR," urai Djamal.

    PSSI sendiri memang sudah tidak menggunakan APBN untuk membiayai timnas dan kompetisi. Karena untuk menjadi profesional, klub juga dilarang untuk menggunakan uang daerah atau negara - hal itu juga yang membuat banyak klub kerap kesulitan untuk membiayai operasional mereka mengarungi kompetisi.

    Menpora pun sebelumnya menuntut profesionalitas klub dengan melakukan verifikasi kepada peserta Indonesia Super League 2015. Para klub dituntut harus memenuhi beberapa syarat yang diajukan Menpora lewat Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) seperti aspek finansial, kontrak pemain, legalitas hingga pembinaan usia muda.

    "FIFA itu melarang sepakbola diintervensi pemerintah, karena kebijakan pemerintah bisa berubah-ubah dan FIFA akan kerepotan jika setiap federasi di tiap negara mengadu karena terus mengikuti aturan dasar yang berubah-ubah.

    "Jika Indonesia sampai di-ban oleh FIFA, maka Indonesia akan dikucilkan dari pentas internasional. Bayangkan timnas yang akan mengikuti SEA Games 2015. Lalu bagaimana nasib Persipura dan Persib yang tampil di Piala AFC?

    "Sepakbola itu pelipur dan penghapus lara rakyat. Banyak yang membuat sepakbola sebagai hiburan dan juga menggantungkan nasib pada sepakbola. Kalau sampai di-ban oleh FIFA, maka akan banyak yang kena dampaknya."

    liga indonesia isl, live score, wikipedia, pes 2013, divisi 1, 2014, super, Jika Menpora Ambil Alih, Sepakbola Kembali Pakai Dana APBN
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page