JobPlanet Layanan Informasi Perusahaan

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 18, 2015.

Discuss JobPlanet Layanan Informasi Perusahaan in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,754
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Salah satu masalah yg kerap ditemui para pencari kerja adalah minimnya informasi tentang kondisi kerja di perusahaan yg mereka incar. JobPlanet, platform crowdsourcing yg memberikan informasi tentang berbagai perusahaan di Asia, mencoba menghadirkan solusi dari permasalahan itu.

    Layanan asal Korea Selatan ini mulai beroperasi di Indonesia sejak Agustus 2015 lalu. Dengan 20.000 perusahaan terdaftar, apalagi yg membuat layanan ini cocok dilirik oleh para pencari kerja?
    Bukan hanya untuk fresh graduate
    Mendengar namanya, saya sempat mengira bila layanan ini menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan. Ternyata saya keliru, karena platform ini memberikan berbagai fakta & testimoni tentang sebuah perusahaan.

    [​IMG]

    Hal yg dibahas beragam & terbilang cukup detail. Mulai dari rentang gaji, suasana kantor, fasilitas yg didapat, & juga hal-hal lain yg bisa dijadikan pertimbangan sebelum pencari kerja memutuskan melamar di perusahaan tersebut.

    Kemas Antonius, Chief Product Officer JobPlanet mengatakan bila layanan ini tidak hanya membidik fresh graduate, namun juga pencari kerja yg sudah bekerja selama beberapa tahun & ingin berpindah kerja.

    Selama ini informasi mengenai kondisi kerja di sebuah perusahaan hanya bisa diketahui lewat kenalan yg masih / pernah bekerja di perusahaan tersebut.

    Uniknya, tidak hanya informasi soal kondisi kerja saja yg bisa kamu lihat di layanan ini. Saat kamu memutuskan untuk melamar, ada tip & trik saat tes & wawancara.
    Validitas data jadi jaminan
    Semua data yg ada di JobPlanet berasal dari konsumen, artinya tidak ada intervensi dari perusahaan terkait review yg diberikan. Namun Kemas mengatakan bila validitas informasi dari layanan ini cukup bisa diandalkan.

    [​IMG]

    Menurut Kemas, ada dua proses penyaringan yg dilakukan di JobPlanet. Pertama penyaringan dengan algoritma & kedua verifikasi lewat staf mereka.

    Algoritma ini secara otomatis menyaring konten yg cenderung janggal, juga mempelajari review sebelumnya yg tidak lolos. Setelah itu, untuk memastikan sebuah review layak dipublikasikan, ada kurasi dari staf kami, jelasnya.

    Bila perusahaan yg kamu cari belum ada, kamu bisa mengajukan request untuk membuat review perusahaan tersebut. Lalu bagaimana dengan keamanan data pribadi dari pihak yg memberikan review? Kemas menjamin bila pihaknya akan menjaga kerahasiaan data pengguna.

    Untuk tampilan review, kami menggunakan sistem anonim, tambahnya.
    Tanamkan kesadaran untuk berbagi
    Dengan konsep berbagi informasi, JobPlanet masih berupaya untuk menggaet sebanyak mungkin pengguna.

    Orang pasti memerlukan informasi, terlebih hal krusial seperti informasi mengenai kondisi kerja & perusahaan, selain itu mereka juga harus memberikan informasi. Sebelum bisa mengakses semua review, pengguna diharuskan untuk menulis satu review, tutur Kemas.

    Karena masih berfokus pada penambahan pengguna, saat ini JobPlanet belum memutuskan untuk melakukan monetisasi. Sementara untuk aplikasi mobile, Kemas mengaku pihaknya tengah mempersiapkan untuk platform Android & iOS yg dijadwalkan meluncur tahun depan.

    Kira-kira awal tahun 2016 sudah siap digunakan, ujarnya.

    Terkait target pengguna, tim JobPlanet enggan mengatakan jumlah pasti. Kami ingin menjadi platform utama bagi orang yg mencari informasi perusahaan tertentu, jadi ya sebanyak mungkin saja penggunanya, tandas Kemas.

    Beberapa layanan lain yg juga menyediakan informasi seputar perusahaan adalah Qerja & Garyawan.

    Baca Juga: Qerja Sediakan Platform Bagi Para Pegawai untuk Curhat Tentang Kantornya
    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page