Liga Indonesia Joko Susilo Susun Kurikulum Pembinaan Usia Dini

Discussion in 'Bola' started by Bola, Jul 12, 2015.

Discuss Joko Susilo Susun Kurikulum Pembinaan Usia Dini in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,952
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Asisten pelatih Arema Cronus Joko Susilo kini sedang giat menyusun kurikulum pembinaan usia dini yang diharapkan bisa dimanfaatkan sekolah sepakbola (SSB) di Malang.

    Menurut Joko, kurikulum pembinaan usia dini menjadi hal yang langka. Beberapa pelatih pernah menyusunnya, tetapi Joko menyakini ada sedikit perbedaan. Direktur akademi Arema ini menyatakan, buku yang sedang disusun merupakan pengembangan dari sebelumnya.

    "Saya sedang menyiapkan buku baru berupa kurikulum pengembangan sepakbola usia dini. Buku itu nanti diperuntukkan untuk akademi Arema. Sebenarnya bukan baru sih, karena saya sudah pernah menyusunkan beberapa tahun lalu. Tapi yang lama itu saya sempurnakan lagi,” kata pria kelahiran Cepu itu.

    "Bukunya saya siapkan lebih detail, nantinya juga bisa dimanfaatkan SSB lain yang ada di Malang, karena bisa memudahkan bagi para penggiat sepakbola di usia dini. Isinya ada metode latihan yang pas buat anak berdasar usianya.

    "Pada dasarnya membentuk pemain di usia dini masih mudah dibandingkan pemain yang sudah jadi. Kalau sudah jadi namanya bukan membentuk, tapi lebih kepada menata, dan disesuaikan dengan skema permainan. Kalau sejak usia dini, kita bisa mengetahui gaya pemain itu cenderung bertahan atau menyerang.”

    Getuk, sapaan Joko, menambahkan, sebenarnya program kepelatihan yang ada di SSB, terutama di Malang, sudah bagus. Namun, kebanyakan program itu tidak mengalami perubahan. Sementara dalam sepakbola ada perkembangan terbaru.

    "Misalnya hari ini latihan ini, minggu depan latihan itu, semua dilatih dengan baik oleh pelatih. Namun kelemahannya, misalnya sudah memasuki pertengahan tahun, pelatih kadang lupa latihan apa yang belum diberikan kepada anak asuhnya, padahal catatan-catatan ringan itu sangat penting untuk menjadikan para pemain lebih keluar potensinya,” tutup Joko. (gk-48)

    [​IMG]
    addResponsivePlayer('q6v8cb4tbk1p1m07d4de1za61', '', '', 'perfq6v8cb4tbk1p1m07d4de1za61', 'eplayer40', {age:1433393646224});

    liga indonesia isl, live score, wikipedia, pes 2013, divisi 1, 2014, super, Joko Susilo Susun Kurikulum Pembinaan Usia Dini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page