Kartu SIM Diretas, NSA Sadap Komunikasi Seluler

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Feb 20, 2015.

Discuss Kartu SIM Diretas, NSA Sadap Komunikasi Seluler in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Kartu SIM Diretas, NSA Sadap Komunikasi Seluler

    Snowden kembali memberikan data-data terbarunya yaitu pada tahun 2010 yg lalu, NSA & GCHQ, salah satu lembaga intelijen Inggris, berhasil meretas kartu SIM yg digunakan oleh hampir semua penyedia komunikasi seluler. Gemalto, salah satu produsen kartu SIM asal Belanda, berhasil disusupi oleh NSA & GCHQ untuk mencuri kode enkripsi komunikasi seluler. Berdasarkan data tersebut, GCHQ telah menanamkan sebuah malware di sistem keamanan Gemalto yg mana program jahat tersebut berhasil mencuri kode enkripsi komunikasi seluler dari kartu SIM tersebut. Dengan a&ya enkripsi tersebut, baik NSA & GCHQ dapat memonitor komunikasi & data pelanggan.

    Patut diketahui bahwa Gemalto adalah penyedia kartu SIM terbesar di dunia dengan pelanggannya yg terkenal yaitu AT&T, Verizon, T-Mobile & Sprint. Tidak hanya itu, banyak sekali penyedia komunikasi seluler yg menggunakan produk dari Gemalto tersebut. Mark Rumold dari Electronic Frontier Foundation menyatakan bahwa tidak ada keraguan bahwa NSA & GCHQ sudah melanggar kedaulatan negara Belanda. Peristiwa peretasan ini bisa berakibat pada memburuknya hubungan diplomatik antara AS & Inggris dengan Belanda. Sebelumnya, Presiden Obama sudah pernah dikritik oleh Angela Merkel karena NSA menyadap komunikasi pemerintah Jerman. Presiden Brazil, Dilma Roussef pun pernah melaygkan protes keras terhadap Obama yg melakukan hal serupa pada Brazil.

    Kunci enkripsi yg dicuri oleh NSA & GCHQ memungkinkan mereka memonitor komunikasi & sejumlah data tanpa perlu persetujuan dari perusahaan orpun pemerintah yg bersangkutan. Chris Soghoian, principal technologies dari American Civil Liberties Union mengatakan bahwa penyadapan ini memungkinkan NSA & GCHQ menargetkan sejumlah kedutaan yg mereka anggap sebagai bagian dari target mereka. Bukan tidak mungkin jika komunikasi penjabat diplomatik di beberapa kedutaan sudah disadap oleh mereka & dikumpulkan informasi pentingnya.

    Enkripsi ini berlaku di telepon seluler berbasis 3G & 4G. Pengguna akan dengan mudah disadap oleh mereka, kecuali menggunakan sistem enkripsi berlapis. Menurut Soghoian, kejadian akan menurunkan kepercayaan pengguna pada sejumlah penyedia layanan komunikasi seluler. Permasalahan ini meruncing, jika penyedia tidak segera memperbaiki masalah tersebut, kata Soghoian. Paul Beverly, VP dari Gemalto mengatakan bahwa ia tidak sadar akan hal ini. Tetapi, Beverly menekankan bahwa kejadian ini tidak akan terulang lagi untuk yg kedua kalinya.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenKartu SIM Diretas, NSA Sadap Komunikasi Seluler diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page