Kelompok Spionase Siber Baru Asal Tiongkok, Putter Panda

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jun 12, 2014.

Discuss Kelompok Spionase Siber Baru Asal Tiongkok, Putter Panda in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Sebuah kelompok spionase siber yang disinyalir memiliki keterkaitan dengan militer Tiongkok, telah teridentifikasi dengan perusahaan keamanan informasi yang berbasis di Amerika Serikat, CrowdStrike. Dengan nama kode, Putter Panda, kelompok ini diyakini bertindak atas nama People Liberation Army (PLA) Third General Staff Department 12th Bureau Unit 61486, yang bermarkas di Shanghai dan didukung jaringan mata-mata Tiongkok.
    Aktivitas grup yang teridentifikasi diantaranya telah melakukan menyerang pertahanan Amerika Serikat dan satelit Eropa, industri penerbangan, yang dilakukan dengan mengeksploitasi aplikasi populer seperti Adobe Reader dan Microsoft Office, serangan tersebut biasanya dikirim dalam bentuk pesan email.
    Seperti yang dilansir dari Softpedia , Putter Panda telah terlibat dalam operasi mata-mata siber setidaknya sejak tahun 2007, meskipun perusahaan keamanan baru mulai melacak mereka pada tahun 2012. Crowdstrike memberi label kepada mereka sebagai
    Menurut laporan setebal 62 halaman, Chen Ping atau cpyy, teridentifikasi sebagai anggota dari kelompok ini yang mendaftarkan beberapa domain yang digunakan untuk mengontrol dan memberi arahan kepada malware yang disebarkan oleh Putter Panda. Hal ini belum jelas apakah Chen Ping adalah sebuah nama asli, namun temuan CrowdStrike mengatakan seperti itu karena investigasi yang mendalam menemukan beberapa alamat email yang berhubungan dengan cpyy.
    Selain itu, sebuah blog pribadi milik cpyy telah ditemukan, yang membagi informasi yang berkaitan dengan militer, kepolisian, dan semua topic yang berhubungan dengan jaringan dan pemrograman. CrowdStrike juga memberikan informasi mengenai Putter Panda yang memiliki keterkaitan dengan kelompok Comment Panda, yang selama ini dikenal sering melakukan aktivitas mata-mata siber terhadap perusahaan-perusahaan Amerika Serikat.
    Kelompok People Liberation Army (PLA) Third General Staff Department 12th Bureau Unit 61486 sendiri sebelumnya sempat disorot karena berhubungan dengan dugaan lima warga Tiongkok yang meretas beberapa perusahaan Amerika Serikat.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page