Kenali Optical Drive Emulator, Penakluk PS3 Seri CECH-3000 dan 4000

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jul 13, 2014.

Discuss Kenali Optical Drive Emulator, Penakluk PS3 Seri CECH-3000 dan 4000 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania!

    [​IMG]

    Seperti telur diujung tombak, kini seluruh seri konsol PlayStation 3 sudah bisa memainkan game bajakan. Jika PS3-mu masih berada pada seri CECH-2000, maka kamu bisa dengan bebas menggunakan Custom Firmware tanpa harus menggunakan dongle. Sejalan dengan adanya CFW, PS3 seri CECH-3000 kebawah makin laris dan harganya melonjak karena pemilik PS3 seri 3000 dan 4000 (Super Slim) tidak mampu memainkan game kopian masal (istilahnya di sini, bajakan). Namun kini para hacker kembali menunjukan taringnya, dengan mengeluarkan sebuah alat baru yang mampu membuat PS3 Super Slim-mu menjalankan Homebrew, sehingga dapat digunakan untuk memainkan game kopian, tanpa harus memerlukan Blu-ray Disc orisinal.

    Alat itu adalah Optical Drive Emulator atau disingkat dengan ODE, mirip dengan RGH (Reset Glitch Hack) pada konsol. Fungsi alat ini adalah agar PS3 seri CECH-3000 dan 4000 yang selama ini belum bisa di install CFW mampu menjalankan aplikasi hombrew dan menjalankan game berbentuk ISO. Sejauh ini sudah ada tiga varian ODE yang dirilis oleh para hacker, yaitu Cobra ODE, 3K3y, dan E3 PS3 Glitcher. Alat ini bentuknya mirip motherboard, dimana nantinya akan dipasang secara permanen di konsol PS3 yang akan di-hack tersebut. Untuk pemasangannya juga memerlukan penyolderan, sehingga hanya yang ahli saja mampu memasangkan alat ini. Namun, jika kamu ingin mencobanya, sudah ada beberapa video tutorial pemasangannya kok di beberapa situs dan forum PS3 hacking.

    [​IMG]

    Pastinya kita bertanya-tanya bagaimana sistem kerja alat ini. Alat ini membuat PS3 seri terbaru yang sebelumnya tidak bisa dibajak, kini mampu menjalankan Homebrew dan setelah alat ini dipasang maka Homebrew tersebut dapat diakses pada mode OFW (Official Firmware), sehingga kamu bisa menjalankan game-game kopian berbentuk ISO tanpa harus membeli game orisinilnya. Perlu diingat, untuk menjalankan game terbaru, kamu harus meng-update OFW PS3 kamu ke versi yang paling baru. Lebih mudah daripada meng-install CFW bukan?

    Lalu apakah alat ini aman? Tentu saja, sudah banyak yang mencoba dan berhasil. Namun, perlu diingat bahwa pemasangan dan soldering alat ini ke PS3 milikmu haruslah tepat. Sebab itu, kami menganjurkan kamu perlu membawanya ke toko game terdekat atau terknisi profesional untuk memasangkannya. Kami tidak akan bertanggung jawab jika PS3-mu rusak karena kesalahan pemasangan.

    Jenis-jenisOptical Drive Emulator

    [​IMG]
    3 K3Y

    [​IMG]
    Cobra ODE

    [​IMG]
    PS3 Glitcher

    Kelebihan dan Kekurangan ODE Dibandingkan CFW

    Ternyata ada juga beberapa kelebihan ODE dibandingkan dengan CFW. Yang pertama ODE ini sangatlah simpel, sebab kamu hanya perlu mengikuti versi OFW terbaru. Berbeda dengan CFW yang harus mengunduh installer-nya secara terpisah, lalu meng-install-nya via Hard Drive, belum lagi kalau tidak cocok. Lalu, dengan menggunakan ODE, kamu masih bisa memainkan game-game PS3 orisinal menggunakan Blu-ray Disc. Namun, kamu tidak boleh membiarkan Blu-ray Disc itu di dalam PS3 ODE setelah kamu selesai bermain.

    [​IMG]

    Selain itu, dengan menggunakan ODE, kamu bisa dengan menggunakan fasilitas PSN dan Online! Yap, namun dengan catatan kamu harus berada pada OFW terbaru yang dirilis Sony pada saat menjalankan fitur ini. Namun, bukan berarti kamu bisa online secara bebas lho. Jika pada saat kamu login di PSN, dan kamu membuka homebrew manager apapun itu, kamu akan memiliki potensi untuk terlacak oleh pihak keamanan Sony. Ketika hal ini terjadi, sanksi yang akan kamu terima adalah banned mesin PS3, alias kamu tidak akan bisa menggunakan mesin PS3-mu lagi. Untuk menjaga hal ini, kamu tidak boleh menggunakan fitur Automatic Login. Dan usahakan login PSN setelah kamu masuk ke game yang akan kamu mainkan secara online terlebih dulu.

    Setelah kelebihan, yuk kita bahas kelemahannya. Untuk kelemahan pertamanya, ODE memerlukan game dalam bentuk ISO murni. Jadi semua ISO yang sudah dimodif dengan Eboot Patch, Dongle JB1/JB2, Eboot Cheat atau sebagainya tidak akan bisa diakses oleh PS3 ODE-mu. Untuk kamu yang ingin meng-install DLC pada game tertentu caranya juga ribet, memerlukan bantuan kabel LAN dan PC atau Laptop. Kelemahan lainnya adalah PS3 ODE akan tetap pada mode standby ketika tombol power dimatikan, untuk itu kamu perlu mencabut kabel power agar mematikan PS3 ODE secara sempurna, sehingga ODE tidak mudah terdeteksi.

    [​IMG]

    Kemudian terakhir adalah mengenai harganya. Kita sudah mengetahui harga PS3 Super Slim atau PS3 Slim dengan versi CECH-3000 memiliki harga yang cukup tinggi. Ditambah lagi kamu harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk membeli perangkat ODE. Harga perangkat ODE, berkisar Rp. 1 hingga 1,5 juta. Bukan harga yang murah jika dibandingkan dengan CFW yang hanya modal konsol saja. Namun, untuk saat ini sudah banyak juga penjual online yang memberikan paket hemat, jual konsol yang sudah ter-install ODE, alias siap untuk dimainkan.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Kenali Optical Drive Emulator, Penakluk PS3 Seri CECH-3000 dan 4000 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page