Kerjabilitas, Menjawab Kebutuhan Kerja Difabel

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 5, 2016.

Discuss Kerjabilitas, Menjawab Kebutuhan Kerja Difabel in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Tidak semua manusia dilahirkan sempurna. Bagi difabel, / penyandang cacat, terkadang mereka menemukan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan yg sesuai dengan kondisinya. Ditambah lagi para penyedia tenaga kerja belum tentu mau menerima difabel.

    Isu ketenagakerjaan untuk difabel sebenarnya bukan topik baru. Pemerintah sendiri sudah menerapkan UU No.4 Tahun 1997 yg mewajibkan penyedia kerja memberikan kuota satu persen bagi difabel sebagai tenaga kerja mereka.

    Kendalanya, belum banyak situs yg menyediakan informasi lowongan kerja untuk difabel. Kerjabilitas, platform berbasis web & Android yg bertujuan untuk menghubungkan difabel dengan penyedia kerja, hadir sebagai jawaban atas isu tersebut. Platform yg berasal dari Yogyakarta ini resmi diluncurkan pada 23 Maret 2015.

    Pengguna aktif Kerjabilitas saat ini sudah berjumlah lebih dari 800 orang, dari kalangan usia produktif antara 18 sampai 40 tahun. Mayoritas penggunanya berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, Denpasar, & Makassar.
    Berawal dari pengalaman kaum difabel
    Kerjabilitas dikembangkan oleh Rubby Emir (CEO), beserta enam co-founder lainnya, mereka adalah Tety Sianipar (CTO), Ludmilla Williyanti (CFO), Alfian Firdaus (Programmer), Anisah Puji Astuti (Programmer), Ndaru Patma (Content Developer & Graphic Design), & Eva Trisnawati (Admin & Social Media Marketing). Platform dari Kota Pelajar ini terbentuk karena masalah yg dialami oleh difabel dalam mencari pekerjaan.

    Para pencari kerja difabel selalu menemui masalah apabila ingin mencari informasi / lowongan pekerjaan yg accessible bagi mereka, ungkap Rubby kepada Tech in Asia.

    Rubby menambahkan, beberapa jenis difabel tidak bisa mengakses lowongan pekerjaan yg dipublikasikan oleh platform seperti JobsDB.com, LinkedIn, & Karir.com. Alasannya, platform mainstream tersebut belum menerapkan teknologi yg akses informasinya ramah buat difabel.

    Pengguna Kerjabilitas terdiri dari beragam jenis difabel seperti tunanetra, tunarungu, tunadaksa, & sebagainya. Bagi penyandang tunanetra, misalnya, kesulitan terbesar adalah mengakses informasi yg sifatnya teks & visual.

    Mereka biasanya menggunakan tool yg bisa menerjemahkan teks ke suara. Dalam PC, software semacam ini bernama JAWS, sedangkan dalam ponsel Android ada fitur accessibility bernama Talk Back.

    Menurut Ruby, tidak semua informasi dalam sebuah situs ramah terhadap tool ini. Contohnya foto / animasi. Karena itu, Kerjabilitas memastikan konten & informasi yg ada di dalamnya mudah “dibaca” oleh tool tersebut.

    Untuk difabel lain seperti tunarungu, Kerjabilitas memastikan kalimat yg digunakan dalam situsnya tidak terlalu rumit. Selain itu, informasi juga banyak memanfaatkan simbol / ikon yg dapat membantu penyandang tunarungu dalam memahami informasi.
    Dari mencari pekerjaan sampai buku suara
    [​IMG]

    Kerjabilitas menyediakan tiga fitur utama, yaitu Disability Accessible Job Search, Career Networking, & Career Online Course. Fitur andalan Kerjabilitas adalah Disability Accessible Job Search & Career Online Course karena keduanya merupakan inti dari layanan ini.

    Pengguna dapat menemukan pekerjaan yg dipastikan bisa diakses & sesuai dengan kebutuhannya di fitur Disability Accessible Job Search.

    Fitur Career Online Course adalah konten yg berada di Pustaka Kerjabilitas. Konten tersebut berisi artikel, buku suara, buku elektronik & video tentang peningkatan karier bagi difabel.

    [​IMG]

    Fitur ini juga menampilkan cerita-cerita inspiratif dari difabel yg telah bekerja. Tujuan fitur Career Online Course adalah untuk membantu difabel dalam meningkatkan karier mereka. Dengan cara melalui tips karier serta kisah inspiratif difabel lainnya.

    Khusus pada fitur Career Networking, para pengguna bisa saling terhubung & mengirim pesan serta mengundang calon pengguna lain.
    Mengejar dampak sosial
    Pada tahun 2014 – 2015, Kerjabilitas mendapatkan pendanaan dari proyek Cipta Media Seluler yg dikelola oleh Wikimedia Indonesia, ICT Watch, & AJI Indonesia, atas hibah dari Ford Foundation Indonesia. Untuk tahun 2016 & seterusnya, Rubby mengaku Kerjabilitas masih mencari calon investor / donor untuk melanjutkan layanan ini.

    Sambil mencari donor, operasional Kerjabilitas akan disokong oleh fitur freemium. Ruby mengatakan fitur tersebut dijadwalkan tersedia dalam waktu dekat.

    Nantinya, lewat fitur ini, pengguna kedua, / para penyedia kerja, dikenakan tarif iklan per lowongan pekerjaan. Selain itu, pengguna kedua juga dapat mengakses database pencari kerja berbakat yg ada di Kerjabilitas.

    Rubby menegaskan, strategi bisnis Kerjabilitas lebih pada dampak sosial & berkelanjutan. Sehingga, tujuan utama startup ini bukan pada profit, walau pun prospek ke depannya sangat besar untuk mendapatkan revenue. Terlebih isu ketenaga kerjaan difabel sudah semakin mendapat perhatian publik & sektor swasta.
    Baca juga: 5 Faktor yg Menentukan Kesuksesan Sebuah Startup dari Bill Gross
    Mengurangi angka pengangguran kaum difabel
    Saat ini, Kerjabilitas sedang membuat perencanaan pengembangan aplikasi B2C untuk membantu bisnis-bisnis kecil menengah yg dikelola oleh difabel. Tujuannya adalah untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi. Aplikasi tersebut direncanakan akan launching di akhir semester kedua tahun 2016.

    Target yg ingin dicapai Kerjabilitas dalam waktu terdekat ini adalah mengenalkan Kerjabilitas sebagai leading platform untuk layanan pencari kerja untuk kaum difabel. Dalam lima tahun ke depan, Kerjabilitas ingin berkontribusi terhadap pengurangan angka pengangguran kaum difabel sebanyak 20 persen.

    Selain bisa diakses dari situsnya, Kerjabilitas tersedia juga sebagai aplikasi Android. Namun, akses dari web diklaim paling diminati oleh pengguna, karena semua fiturnya lengkap. Sedangkan aplikasi Android masih memuat fitur-fitur utama saja. Selain Kerjabilitas, platform yg menyediakan layanan & tujuan yg serupa adalah DNetwork.net.

    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Kerjabilitas Saujana Indonesia - Aug 06, 2015 Genre: Social Size: 1.6M Installs: 100 - 500 Gratis Download [​IMG]

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; Sumber gambar ILO in the Asia and the Pacific)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page