Kerjasama iCIO Community dan Id-SIRTII Untuk Keamanan Siber

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Nov 6, 2014.

Discuss Kerjasama iCIO Community dan Id-SIRTII Untuk Keamanan Siber in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Kerjasama iCIO Community dan Id-SIRTII Untuk Keamanan Siber

    Puncak gelaran NISD (National Internet Security Day) yg diadakan oleh Id-SIRTII/CC di Bandung pada hari Selasa, 5 November 2014 berlangsung cukup meriah. Pada hari tersebut, diselenggarakan seminar & diskusi menarik terkait keamanan internet Indonesia. Beberapa narasumber yg kompeten di bi&gnya hadir untuk memeriahkan acara sekaligus berbagi ilmu dalam bi&g keamanan siber. Salah satunya adalah Budi Rahardjo, Prof. Kalamullah Ramli dari Kementerian Komunikasi & Informatika, Benny T.A dari Kemenhan RI, Aos W.A. Bintang selaku Kadiskominfo Kota Bandung yg mewakili Walikota Ridwan Kamil & Rudi Lumanto sebagai Chairman Id-SIRTII/CC.

    Salah satu event yg cukup menarik adalah ditan&ganinya kerjasama antara iCIO Community dengan Id-SIRTII/CC beserta STMIK Bandung untuk bahu membahu membangun keamanan siber Indonesia. Indonesia Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) merupakan sebuah lembaga monitoring di bawah Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemenkominfo) yg bertugas memantau pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet. Se&gkan iCIO Community adalah komunitas para CIO & staf senior dibi&g TI yg didedikasikan sebagai sarana untuk bertukar pengalaman, pengetahuan & best practice khususnya bi&g informatika.

    Melalui kerjasama ini, kedua institusi akan bermitra untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan siber khususnya di institusi-institusi di mana para anggota iCIO Community bekerja. Dengan kesepakatan ini akan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi terkait berbagai ancaman siber & berbagai program kerjasama untuk merespon ancaman-ancaman tersebut. Kesepakatan antara iCIO Community & Id-SIRTII ini juga diharapkan dapat mencegah & mengurangi berbagai kerugian di kalangan perusahaan yg disebabkan oleh serangan siber.

    Keamanan siber telah menjadi bagian dari kepentingan nasional & pemerintah tengah gencar melakukan edukasi terkait cyber security. Upaya ini memerlukan dukungan & kerjasama dari berbagai pihak termasuk iCIO Community. Kami berharap melalui kerjasama ini, misi Id-SIRTII untuk menciptakan lingkungan internet yg aman, nyaman & kondusif dapat tercapai, ujar Rudi Lumanto, Ketua Id-SIRTII.

    Kami merasa senang dengan a&ya kesepakatan untuk kerjasama ini. Keamanan cyber telah & terus menjadi perhatian utama para CIO (chief information officer) mengingat kerugian yg harus ditanggung perusahaan ketika menjadi korban. Ini merupakan langkah penting dalam upaya membangun kerjasama yg lebih kuat antara pemerintah & swasta melalui para anggota iCIO Community, karena perusahaan dari berbagai industri & level dapat menjadi target & korban dari serangan siber, ungkap Harry Surjanto, Chairman iCIO Community.

    Hasil riset The Global State of Information Security Survey 2015 dari Price Water Cooper (PwC) mengungkapkan bahwa kerugian yg diakibatkan oleh serangan cyber tahun ini diseluruh dunia mencapai USD2.7 juta, meningkat sekitar 34% dibanding 2013. Sementara itu kejahatan cyber yg terdeteksi mencapai 42,8 juta or meningkat hingga 48% dibanding 2013 or setara dengan 117.339 jumlah serangan per harinya. Survei ini melibatkan lebih dari 9.700 pimpinan perusahaan seperti CEO, CFO, & CIO di lebih dari 154 negara.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenKerjasama iCIO Community dan Id-SIRTII Untuk Keamanan Siber diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page