Konten Palsu WhatsApp Web Mengandung Malware

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Feb 9, 2015.

Discuss Konten Palsu WhatsApp Web Mengandung Malware in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Konten Palsu WhatsApp Web Mengandung Malware

    Anda penggemar WhatsApp? Berhati-hatilah karena aplikasi disinyalir telah diduplikat dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk mengambil nomor pribadi Anda. Baru-baru ini telah ditemukan sebuah malware dalam jenis Trojan yg berada dalam konten palsu WhatsApp Web. Para pengguna aplikasi populer tersebut bisa saja tertipu karena penjahat siber tersebut telah memodifikasi tampilan situsnya sehingga nampak asli. Penjahat siber dikenal karena sifat oportunis mereka yg mampu melihat celah keamanan dalam sebuah aplikasi & memanfaatkannya untuk kejahatan. Kini, pengguna WhatsApp se&g menjadi target baru dari penjahat siber. Bulan lalu, WhatsApp telah meluncurkan WhatsApp Web yaitu sebuah fitur yg memungkinkan penggunanya untuk mengirim & membaca pesan melalui situs resminya.

    Berdasarkan penelitian yg telah dilakukan beberapa praktisi, WhatsApp Web ini terbukti menyebarkan malware jenis Trojan. Salah satu fungsi dari Trojan tersebut adalah menyebarkan malware yg berfungsi menyerang institusi perbankan. Peneliti dari Kaspersky Lab menyatakan bahwa penjahat siber berhasil memalsukan situs dari WhatsApp & membuat jutaan pengguna WhatsApp tertipu. Situs tersebut secara langsung sukses menipu jutaan pengguna untuk mengunduh WhatsApp yg merupakan varian desktop dari aplikasi perangkat WhatsApp. Fabio Assolini dari Kaspersky Lab menyatakan bahwa unduhan dari situs palsu WhatsApp Web tersebut mengandung malware berbahaya yg berfungsi untuk menyerang situs perbankan.

    Fabio pun menyatakan bahwa situs WhatsApp palsu tersebut berjumlah tidak hanya satu buah melainkan lebih dari satu. Bahkan tim Kaspersky Lab pun sudah mengidentifikasi suatu situs yaitu www.whatsappcdesktop.com.br menyebarkan sebuah banking Trojan yg dibuat di Brazil. Keunikan lainnya dari ancaman ini adalah para pengguna Google Chrome akan diminta untuk mengunduh sebuah add on WhatsApp yg sesuai dengan peramban tersebut. Faktanya adalah Google Chrome tidak pernah menambah fitur add on WhatsApp pada perambannya.

    Berdasarkan pemaparan tim Kaspersky Labs, motif utama penjahat siber memalsukan situs WhatsApp adalah media untuk mengambil nomor pribadi pengguna. Semua itu disinyalir akan digunakan penjahat siber untuk menyebarkan spam & sebagian lagi akan memaksa pengguna mengunduh suatu konten berbayar. Mereka pun merekomendasikan pengguna untuk waspada terhadap segala konten palsu tersebut. Konten asli hanya bisa diunduh di https://web.whatsapp.com. Tentunya konten asli tidak menyebarkan malware, kata Fabio.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenKonten Palsu WhatsApp Web Mengandung Malware diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page