Kontroversi Game Battlefield Hardline

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 12, 2015.

Discuss Kontroversi Game Battlefield Hardline in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,716
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Battlefield Hardline adalah seri spin-off dari franchise game Battlefield yg selain punya metode permainan yg lebih non-linier, juga punya tema cerita yg cukup kontroversial. Seberapa kontroversial tema dari game ini akan kita bahas lengkap seperti yg udah gue janjiin di artikel preview Battlefield Hardline sebelumnya.

    MILITERISASI DI LEMBAGA KEPOLISIAN AMRIK


    Insiden berbagai kasus penembakan yg terjadi di belahan negara Amerika udah sering kita denger beritanya. Saking seringnya, bahkan mungkin sebagian orang nganggep terjadinya kasus penembakan di Amerika adalah hal biasa yg bisa terjadi kapanpun & dimanapun. Miris memang. Peraturan kepemilikan senjata api terutama oleh warga sipil Amerika memang cenderung lebih longgar jika dibanding negara lain. Kepemilikan senjata api emang udah mendarah daging jadi budaya warga Amerika sejak era cowboy dulu.

    Di era modern, peraturan kepemilikan senjata api yg sering disalahgunakan ini pastinya menuai kontroversi. Sebagai respon dari pihak yg berwenang, lembaga kepolisian Amerika pun dilengkapi dengan perlengkapan untuk "membela diri" dari ancaman warga sipil yg berpotensi menyalahgunakan kepemilikan senjata api ini. Dari sudut pandang hukum, penambahan pasokan persenjataan yg lebih canggih & lengkap untuk anggota kepolisian penting sifatnya untuk mengantisipasi hal-hal yg ngga diinginkan. Tapi dari sudut pandang masyarakat, hal ini ngga lebih dari aksi militerisasi berlebihan untuk anggota kepolisian.

    Polisi & tentara ngga sama. Mereka mengemban tugas yg berbeda. Tentara sering bertugas di medan perang di wilayah negara yg terlibat konflik baik dengan negara asalnya secara langsung / konflik di negara tetangga. Sedangkan polisi bertugas untuk melindungi keamanan warga kota tempat dimana mereka ditugaskan.



    Dari segi penampilan pun kita bisa membedakan mana yg anggota kepolisian & mana yg merupakan tentara. Tentara punya perlengkapan persenjataan berat yg lebih lengkap & canggih, dengan seragam kamuflase-nya yg khas, sedangkan aparat polisi bisa dikenali dengan lencana kepolisian & pistol standar untuk perlindungan diri. Tapi sepertinya hal ini udah bukan hal yg mudah bagi warga Amerika. Militerisasi yg terjadi di tubuh lembaga kepolisian dengan banyaknya pasokan persenjataan a la militer bikin anggota polisi & tentara jadi susah dibedain. Seperti contohnya gambar di atas adalah perbedaan antara perlengkapan tentara fiksi dalam film The Dark Knight Rises (atas) dengan anggota kepolisian anti huru-hara di wilayah Missouri (bawah).

    Pemakaian atribut persenjataan militer berlebihan oleh anggota kepolisian yg berujung di tewasnya salah seorang demonstran di Ferguson ternyata ngga cuma dimiliki kepolisian di wilayah tersebut aja. Salah satu program dari Pentagon yg dikenal dengan sebutan The Pentagons Excess Property Program merupakan program dimana lembaga kepolisian di berbagai negara bagian AS dapet pasokan peralatan militer. Sebagian diantaranya memang cukup berguna seperti pasokan helikopter untuk misi penyelematan, tapi sebagian pasokan kendaraan juga dinilai terlalu berlebihan untuk sebuah lembaga kepolisian. Coba lihat aja salah satu contoh daftarnya di bawah ini.



    KONTROVERSI PENGGUNAAN GADSDEN FLAG DALAM BATTLEFIELD HARDLINE


    Kontroversi yg dituai game Battlefield Hardline ngga cuma sebatas terletak pada isu militerisasi anggota kepolisian aja. Kalo kalian cermati di trailer video gameplay campaign Battlefield Hardline, terlihat sekilas penggunaan bendera Gadsden. Apa itu Gadsden Flag? Kita akan bahas sedikit sejarah soal bendera bersejarah ini.



    Awalnya Gadsden Flag memulai debut kemunculannya di era Battle of Bunker Hill, dimana Inggris mengirim dua kapal berisi pasokan amunisi & persenjataan untuk pasukan Inggris yg menyerang Amerika. Pihak Amerika yg mengetahui informasi ini berencana menyabotase kedua kapal tersebut & pada akhirnya memenangkan pertempuran. Dalam aksinya, anggota marinir Amrik terlihat mengenakan atribut genderang warna kuning bergambar ular derik yg bersiap untuk menyerang lawan, lengkap dengan semboyan "Don't Tread on Me". Simbol inilah yg nantinya dipake pada Gadsden Flag.

    Posisi siap menyerang dari ular derik yg ada dalam Gadsden Flag digambarkan oleh Benjamin Franklin dalam kutipannya sebagai berikut,

    "She never begins an attack, nor, when once engaged, ever surrenders: She is therefore an emblem of magnanimity and true courage. ... she never wounds 'till she has generously given notice, even to her enemy, and cautioned him against the danger of treading on her."

    Dari kutipan tersebut, ular derik adalah hewan yg aslinya ngga agresif. Mereka hanya akan menyerang ketika merasa terancam oleh lawan (yang akan menyerang lebih dulu). Prinsip inilah yg dipegang teguh oleh anggota marinir AS terlebih para veteran dalam memperjuangkan kebebasan & keadilan bagi warga negara Amrik. Nama Gadsden Flag sendiri diambil dari salah satu patriot Amrik, yaitu Kolonel Christopher Gadsden yg merupakan salah satu anggota Sons of Liberty yg memimpin divisi pasukan di Charleston, South Carolina. Dengan kata lain, bagi generasi konservatif Amrik yg menghargai nilai-nilai sejarah, Christopher Gadsden adalah seorang pahlawan. Dan orang-orang yg tergabung dalam gerakan Tea Party dalam revolusi Amrik yg bernaung di bawah Gadsden Flag bukanlah orang-orang jahat.

    Tapi seiring berjalannya waktu, selalu ada konspirasi dalam sejarah dimana terdapat oknum / kelompok tertentu yg menyalahgunakan simbol pada Gadsden Flag untuk kepentingan-kepentingan kelompok / pribadi yg bersifat merugikan & membahayakan pihak lain.



    Dalam game Battlefield Hardline, kelompok teroris rasis yg menyekap sang protagonis terlihat beratribut rompi bergambar simbol ular derik Gadsden Flag. Gadsden Flag juga terlihat terpampang dalam salah satu karavan yg terdapat dalam trailer tersebut. Dari sinilah banyak tanggapan miring terhadap game Battlefield Hardline yg seolah-olah menodai nilai-nilai sejarah yg terkandung dalam Gadsden Flag sebagai simbol kepahlawanan dalam sejarah revolusi Amerika. Berbagai respon muncul dari warga Amerika. Ada yg nganggep ini hanya sebatas game (yang kemungkinan memang dipake sebagai media propaganda), tapi juga banyak gamer yg kecewa & berniat memboikot untuk ngga mendukung penyebaran game ini di pasar Amerika. Bahkan udah beredar meme di internet akan hal ini.



    Bahkan dikhawatirkan game Battlefield Hardline akan ngasih pandangan & pemahaman yg salah pada generasi muda Amerika yg ngga ngerti gimana sejarah dibalik simbol Gadsden Flag. Para generasi konservatif di Amrik mencemaskan hal ini, seperti salah satunya Glenn Beck, salah satu penyiar dari Blaze TV yg turut mengungkapkan kekhawatirannya. Bisa jadi generasi muda Amrik yg buta sejarah ngga bisa membedakan kelompok teroris fiksi Gadsden Flag dalam game, dengan kelompok Tea Party asli yg baik dibawah naungan Gadsden Flag yg ada di kehidupan nyata.



    Terlepas dari kontroversi yg dibawa game Battlefield Hardline, tentunya penilaian ini balik lagi ke masing-masing gamer gimana cara untuk menyikapinya. Kita tunggu aja gimana kabarnya nanti begitu game ini rilis di pasaran tanggal 17 Maret 2015 nanti.

    Disclaimer: artikel ini ditulis berdasarkan riset pribadi yg disusun secara ekstensif dari berbagai sumber. Bila ada ketidaklengkapan / kesalahan informasi sejarah, bisa diusulkan di kotak komentar disertai sumber terpercaya untuk dilampirkan ke dalam artikel.

    image: la.curbed.com | twitter.com | washingtonpost.com | gadsden.info | thepunkeffect.com | battlefield.com

    Sumber

    cheat game online terbaru, cheat game online Kontroversi Game Battlefield Hardline, apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page