Kontroversi layanan pinjam uang online di Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 26, 2015.

Discuss Kontroversi layanan pinjam uang online di Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,755
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Saya percaya setiap startup teknologi dibentuk untuk memecahkan masalah nyata. Salah satunya adalah masalah keuangan yg menimpa 203 juta penduduk Indonesia yg termasuk dalam kategori kelas bawah.

    Kelompok konsumen ini bukan bagian dari piramida yg menjadi prioritas bagi bank & juga perusahaan asuransi, walau mereka merupakan sebagian besar dari jumlah populasi di Indonesia. Sehingga secara tidak langsung kelompok ini sulit memiliki akses ke layanan-layanan pinjaman uang saat mereka benar-benar membutuhkan.

    Masalah inilah yg ingin dipecahkan oleh sejumlah startup teknologi yg menyediakan layanan pinjaman uang online, seperti UangTeman, Tunaiku, & Taralite. Berikut adalah tabel perbandingan ketiga layanan tersebut.
    UangTeman TunaikuTaraliteJumlah pinjam Rp1,5 juta - Rp2 jutaRp2 juta - Rp10 jutaHingga Rp300 jutaDurasi pinjam 1 persen per hari berdasarkan saldo 3 persen flat per bulan 1, 2, 3 tahun untuk jaminan BPKB motor.
    5 tahun untuk jaminan mobil. Bunga1 persen per hari berdasarkan saldo 3 persen flat per bulan 1 persen _flat_ per bulan untuk jaminan mobil & sertifikat kepemilikan rumah.
    3 persen per bulan Biaya keterlambatan Rp50.000 + Rp10.000 per hariRp100.000 + 0,16 persen per hari0,2 persen per hari dari jumlah angsuranBiaya lain-lainBiaya perpanjangan Rp180.000
    Biaya debt collector 10 persen dari total pembayaranBiaya administrasi Rp540.000 Biaya percepat pelunasan 5 persen dari sisa pokok pinjaman
    Seperti bisa dilihat pada tabel di atas, UangTeman & Tunaiku merupakan layanan pinjam uang online tanpa jaminan. Sedangkan Taralite sedikit berbeda karena mengharuskan pengguna untuk memberi jaminan berupa BPKB motor / dokumen-dokumen lain sebelum bisa mendapat jaminan uang.
    Bunga yg “membunuh”?
    [​IMG]

    Tabel di atas juga menggambarkan bahwa UangTeman memberikan pinjaman mulai dari Rp1,5 – Rp2 juta, dengan durasi waktu 10 – 30 hari & bunga 1 persen per hari. Angka tersebut belum termasuk biaya tambahan seperti biaya perpanjangan Rp180.000, biaya keterlambatan Rp50.000 ditambah Rp10.000 per hari, & biaya debt collector sebesar 10 persen dari total pembayaran.

    UangTeman sempat menjadi kontroversi karena jumlah bunga yg dikenakan terkesan mencekik para peminjam. Berikut adalah ilustrasi contoh perhitungan pinjaman yg terdapat pada situs UangTeman. Misalnya kamu melakukan pinjaman Rp2 juta dengan durasi 10 hari.

    Hari pertama: Rp2.000.000 x 1% = Rp20.000, maka total pinjaman hari pertama Rp2.020.000
    Hari kedua: Rp2.020.000 x 1% = Rp20.200, maka total pinjaman hari kedua Rp2.040.200.

    Begitu seterusnya sampai hari ke-10. Sehingga total biaya yg harus dibayar adalah Rp2.209.000.

    Baca juga: UangTeman, Layanan Mikro Finansial untuk Kamu yg Mencari Pinjaman Uang dalam Jumlah Kecil[​IMG]

    Beralih ke Tunaiku yg merupakan layanan pinjam uang dari PT. Bank Amar Indonesia. Tunaiku memberi pinjaman mulai dari Rp2 juta sampai Rp10 juta dengan durasi 6 – 12 bulan & bunga datar 3 persen dari jumlah pinjaman awal. Artinya bunga yg harus dibayar jumlahnya tetap sampai kamu melunasi pinjaman tersebut.

    Di samping itu, Tunaiku juga mengenakan biaya administrasi pengajuan pinjaman sebesar Rp540.000 & biaya keterlambatan Rp100.000 yg ditambah bunga keterlambatan 0,16 persen per hari. Artinya, semakin lama kamu terlambat membayar, maka bunga keterlambatan akan semakin meningkat tiap harinya, serupa dengan dua layanan pinjam online lain dalam artikel ini.

    [​IMG]

    Selanjutnya ada Taralite yg menyediakan pinjaman uang sesuai dengan kebutuhan seperti untuk pendidikan, pernikahan, persalinan, renovasi rumah, & lainnya. Pada tabel di atas saya mengambil contoh pinjaman uang untuk keperluan pendidikan.

    Taralite berani memberi pinjaman pendidikan sampai Rp300 juta, bunga 1 & 3 persen dengan durasi pinjam 1 – 5 tahun sesuai dengan jenis jaminan yg diberikan. Akan tetapi ada sejumlah syarat & dokumen yg diperlukan untuk bisa melakukan pinjaman, seperti Kartu Keluarga, Slip Gaji, NPWP, & dokumen lain.

    Biaya lain yg akan dikenakan oleh Taralite adalah biaya pelunasan yg dipercepat sebesar 5 persen dari sisa pokok pinjaman, bukan dari total pinjaman. Artinya walau kamu sudah memiliki niat baik untuk mempercepat pelunasan, kamu tetap dikenakan biaya tambahan yg lebih besar dibandingkan bunga yg harus dibayar.
    Kesimpulan[​IMG]Sumber gambar: pengguna Flickr JasonParis

    Saran terbaik yg mungkin bisa saya berikan adalah jangan menggunakan layanan pinjam apabila kamu tidak benar-benar memerlukan uang untuk keperluan yg sangat penting & mendesak. Kenapa?

    Pertama adalah masalah jumlah bunga yg harus dibayarkan. Bunga 1 sampai 3 persen mungkin terdengar rendah. Akan tetapi itu harus kamu bayar secara rutin setiap kali kamu melakukan cicilan pelunasan.

    Belum lagi tambahan biaya & bunga keterlambatan. Saya paham fungsi biaya-biaya tambahan tersebut untuk membuat para peminjam lebih disiplin. Akan tetapi tetap saja ada beban biaya ekstra yg harus kamu bayar di samping jumlah utang pokok yg harus dikembalikan.

    Kedua adalah biaya tambahan seperti biaya administrasi & biaya perpanjangan yg diterapkan oleh ketiga layanan peminjaman online di atas. Misalnya Tunaiku yg mengenakan biaya administrasi sebesar Rp540.000 untuk pinjaman yg dibayar satu kali. Begitu juga dengan UangTeman yg mengenakan biaya perpanjangan Rp180.000 & biaya debt collector sebesar 10 persen dari total pembayaran.

    Jadi intinya, ketiga layanan di atas memang dapat membantu menyelesaikan masalah orang-orang yg sangat-sangat membutuhkan uang. Akan tetapi, di saat yg bersamaan, layanan tersebut memanfaatkan kesempatan untuk merogoh kocek lebih dalam dengan bunga & biaya-biaya tambahan. Ini, menurut saya, malah memberatkan para peminjam.

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; Sumber gambar fitur dari pengguna Flickr GotCredit )

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page