Liga Inggris Kronologi Saga Transfer David De Gea: Apa Yang Salah?

Discussion in 'Bola' started by Bola, Sep 1, 2015.

Discuss Kronologi Saga Transfer David De Gea: Apa Yang Salah? in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    42,662
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Sepanjang musim panas ini, tidak bisa disangkal lagi jika David De Gea menjadi transfer idaman bagi Real Madrid. Namun, saga transfer ini malah berujung memilukan bak tragedi Perang Troya.

    Senin (31/8) pagi waktu setempat, negosiasi transfer De Gea menghiasi pemberitaan berbagai media massa dunia. De Gea tak lagi dipercaya Louis van Gaal menjadi penjaga gawang Manchester United. Satu-satunya keinginan De Gea adalah bergabung ke Madrid musim ini, tetapi United tak mau begitu saja membuka negosiasi.

    Di Old Trafford, De Gea tak lagi bergairah. Posisinya sebagai kiper utama United pun digantikan Sergio Romero. United lama kelamaan tidak punya pilihan selain melepas De Gea karena kontraknya habis tahun depan. Pintu negosiasi akhirnya dibuka. Selain kompensasi sebesar £29 juta, Madrid juga menyodorkan Keylor Navas dalam paket transfer.

    Artinya, kesepakatan transfer dengan Navas juga harus dicapai sebelum merampungkan kepindahan De Gea. Negosiasi ini lumayan memakan waktu. Ketika semua pihak setuju, Madrid harus bergegas melakukan proses registrasi ke LFP selaku pengelola kompetisi profesional Spanyol.

    Sayangnya, dan ini sekaligus mengejutkan semua orang, tenggat gagal ditepati. Proses registrasi ditutup tengah malam dan tidak ada aplikasi pendaftaran De Gea yang diajukan Madrid. Tudingan pun diarahkan ke semua pihak.

    United dituding gagal melakukan pengiriman dokumen sebelum tenggat. Seorang staf LFP berkata dokumen yang dikirim United bahkan tidak bisa dibuka karena perbedaan format. United membantah dan bersikeras mengatakan punya bukti kalau semua dokumen dikirimkan sesuai dengan waktu yang ditentukan FIFA.

    Ada sembilan langkah daring (online) yang harus dipenuhi saat mengakses International Transfer Matching System FIFA guna merampungkan proses transfer pemain. Dokumen yang harus dipersiapkan klub adalah antara lain identitas pemain, detail kontrak, biaya transfer yang disepakati, dan keterlibatan pihak perantara.

    "Data lengkap harus disediakan klub, mengunggah dokumen wajib, dan menyatakan semua pembayaran yang dilakukan terkait dengan transfer. Jika semua pihak bekerja sama dengan rapi, hanya butuh tujuh hingga sepuluh menit dalam menuntaskannya," ujar general manager TMS FIFA, Mark Goddard, kepada ESPN.

    Madrid tidak menyerah dan siap mengajukan banding. Upaya itu tidak ringan karena Madrid harus membuktikan letak kesalahan administrasi di LFP yang menghambat proses pendaftaran pemain. Beban lebih besar berada di bahu Madrid karena jendela transfer Spanyol yang ditutup, sedangkan Inggris masih membuka pintu keluar-masuk pemain hingga Selasa malam.

    El Pais menyatakan langkah Madrid mengajukan banding sia-sia karena LFP menegaskan "jendela transfer sudah berakhir tengah malam dan peraturan harus dipatuhi semua orang".

    Ditambahkan pula oleh LFP, FIFA tak punya kewenangan dalam mengatur pendaftaran seorang pemain. Harapan Madrid adalah bukti akses TMS yang dilakukan United tepat pada pukul 23:59 CET. Namun, berdasarkan penelusuran Goal Spanyol, dokumen baru diterima LFP pukul 00:30.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun hingga tulisan ini terbit, proses administrasi bukan satu-satunya faktor kegagalan transfer De Gea. Sumber FIFA menyatakan kepada Station COPE kalau mereka tidak menerima permintaan dari Madrid, atau pun asosiasi sepakbola Spanyol, untuk menelusuri masalah tersebut. Langkah kepindahan De Gea setidaknya harus ditahan hingga Januari mendatang.

    Kegagalan pindah De Gea disebabkan Madrid dan United membutuhkan waktu yang sangat panjang dalam mencapai kesepakatan. Termasuk dalam membujuk Navas untuk pindah. Seperti dilansir Daily Mail, kiper internasional Kosta Rika itu tak terlalu bergairah dengan rencana pertukaran kedua kiper. Hati Navas baru mantap setelah yakin dirinya tak lagi punya masa depan di Valdebebas.

    Selasa siang waktu setempat, Madrid memberikan pernyataan resmi tentang upaya transfer De Gea:

    "1. Manchester United belum membuka negosiasi transfer David De Gea hingga Senin pagi.

    2. Meski sadar dengan kesulitan transfer saat hari terakhir bursa transfer, Real Madrid setuju membuka negosiasi.

    3. Dalam negosiasi tercapai kesepakatan Keylor Navas menjadi bagian dalam kesepakatan. Kontak dijalin dengan perwakilan sang pemain.

    4. Dengan cepat Madrid dan United mencapai kesepakatan transfer kedua pemain. Setelah menyusun dokumen kontrak yang diperlukan dan mengejar tenggat waktu yang ditentukan TMS FIFA, Madrid dan United mengirimkan kontrak pada pukul 13:39 waktu Spanyol.

    5. United memberikan tanggapan delapan jam kemudian, yaitu pukul 21:43 waktu Spanyol, termasuk sejumlah perubahan kecil. Karena tidak relevan, semua perubahan langsung diterima Real Madrid supaya bisa memenuhi tenggat transfer.

    6. Setelah mengirimkan kontrak yang ditandatangani Keylor Navas dan De Gea, Madrid mengirimkan kontrak ke United pukul 23:32 dan menunggu dokumen final yang ditandatangani United.

    7. United mencapai kesepakatan final dengan perwakilan Navas pada pukul 23:53 waktu Spanyol dan kontrak dikirim untuk ditandatangani.

    8. United mengakses TMS untuk proses transfer TMS De Gea pada pukul 00:00 waktu Spanyol dan dengan simultan merujuk bahwa kontrak sudah ditandatangani bersama Madrid. Madrid menerima dokumen lengkap pada pukul 00:02 dan mencoba mengakses TMS, namun sudah ditutup.

    9. Pada pukul 00:26 Madrid mendapat undangan dari sistem komputer TMS untuk mengisi data De Gea karena tenggat transfer Inggris masih terbuka sehari lebih lama. Mempertimbangkan hal ini, Madrid memutuskan merujuk kontrak ke LFP meski sadar tenggat sudah terlewati.

    10. Pendeknya, Madrid telah mengerahkan segenap kemampuan untuk merampungkan transfer kedua pemain."

    Kini yang tertinggal hanya lah rasa frustrasi. De Gea mesti bergabung ke markas timnas Spanyol Selasa malam ini dengan raut muka cemberut. Harapan Navas memperoleh gaji dua kali lipat di Old Trafford pupus. Persiapan Madrid menggelar konferensi pers merayakan kemenangan transfer pun buyar.

    United? Sedikit diuntungkan karena punya waktu mengatur kesepakatan transfer lain lebih leluasa. Tapi, mereka melewatkan kemungkinan transfer terbaik yang tersedia untuk "mengusir" De Gea.

    liga inggris musim depan, liga inggris live, jadwal bola liga inggris di tv, Kronologi Saga Transfer David De Gea: Apa Yang Salah?
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page