Kubah Masjid Seberat 80 Ton Ini Terseret 2,5 Km Saat Tsunami Aceh

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Dec 24, 2014.

Discuss Kubah Masjid Seberat 80 Ton Ini Terseret 2,5 Km Saat Tsunami Aceh in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]
    Sepuluh tahun berlalu, kedahsyatan tsunami Aceh masih terpasak jelas di benak. Mayat-mayat bergelimpangan, bangunan rata dengan tanah, hingga kapal besar yg terdampar di pemukiman warga.

    Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 memang menjadi bencana terbesar di abad ke-21. Jejak kedahsyatan gelombang tsunami yg menelan ratusan ribu korban jiwa itu bahkan masih bisa disaksikan hingga hari ini.

    Salah satu bukti kedahsyatan itu adalah berpindahnya kubah masjid berbobot 80 ton di Desa Gurah, Peukan Bada, Aceh Besar. Kubah yg kini dikenal dengan nama Masjid Al-Tsunami ini dulunya merupakan kubah masjid Jamik di Desa Lamteungoh, Peukan Bada, Aceh Besar.

    Saat gelombang tsunami menerjang Aceh 2004 lalu, seluruh bangunan masjid rusak & hanya menyisakan kubah masjid berdiameter 4×4 meter. Kubah itu terbawa arus gelombang sejauh 2,5 kilometer & terdampar di Desa Gurah.



    Kisah Mistis
    Berpindahnya kubah masjid ini di luar nalar manusia. Kubah 80 ton itu terombang-ambing gelombang tsunami melewati pemukiman warga. Kejadian ini belakangan melahirkan cerita yg menyebutkan kubah diangkat oleh salah satu ulama besar Aceh bersama 3 muridnya hingga berpindah posisi.

    “Dulu ada tamu yg datang ke sini, saat sampai di pintu masuk dia berhenti & tercengang, hingga penjaga bertanya, kenapa? Lalu orang itu menjawab kubah masjid ini diangkat oleh Tengku Hamzah Fansuri, beserta tiga muridnya yg menggunakan jubah putih,” cerita Sriana, pemandu di kawasan yg kini dijadikan cagar budaya tsunami itu.

    Syeikh Hamzah Al Fansuri merupakan ulama besar Aceh. Makamnya berada di Desa Ujung Panco, Peukan Bada, Aceh Besar, yg lokasinya tak jauh dari kubah masjid.

    “Memang kuburan Tgk Hamzah Fansuri kan di situ, ada juga kuburan 3 muridnya. Tapi itu kan nggak bisa dibuktikan, yg pasti ini semua karena kuasa Allah, kata Sriana, ibu rumah tangga yg menjadi pemandu wisata di lokasi tersebut sejak beberapa tahun lalu.

    Sriana melanjutkan ceritanya, sebelum kubah tersebut terdampar di lokasinya saat ini, kubah Masjid Al-Tsunami itu tampak berputarputar di sekitar Kampung Gurah.

    “Kubah ini terapung sebelumnya sampai ke ujung bukit, namun pas gelombang kedua hanyut lagi ke kampung ini & itu berputarputar seperti mencari lokasi dudukan yg pas,” kata dia.



    Kapal Penyelamat
    Kubah saat ini berada di tengah sawah, di pinggiran bukit Desa Gurah. Sawah itu dulu milik warga, namun telah diwakafkan untuk dudukan kubah tersebut.

    Kubah ini juga disebut sebagai kapal penyelamat. Banyak orang menyelamatkan diri dengan naik ke atas kubah saat tsunami menerjang.

    Awal kubah ditemukan, warga juga menemukan beberapa kitab suci Al-Quran yg telah terendam gelombang tsunami di lokasi kubah. Saat ini Al-Quran yg telah hancur itu disatukan dalam sebuah wadah kaca.

    Kubah Masjid Al-Tsunami kini menjadi salah satu destinasi wisata di Aceh. Menjelang peringatan 10 tahun tsunami, menurut Sriana, rata-rata 50 hingga 100 wisatawan mengunjungi lokasi ini setiap hari.

    “Paling banyak itu wisatawan dari Malaysia, hampir 80 persen orang Malaysia. Selebihnya warga lokal, China, Amerika, Eropa,” ungkap Sriana.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Kubah Masjid Seberat 80 Ton Ini Terseret 2,5 Km Saat Tsunami Aceh diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Kubah Masjid Seberat 80 Ton Ini Terseret 2,5 Km Saat Tsunami Aceh.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page