Kumpulan Fakta Apple TV sebagai Console Game

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 22, 2015.

Discuss Kumpulan Fakta Apple TV sebagai Console Game in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Sejak diumumkan pada Apple Special Eventbulan September 2015 lalu, saya sangat penasaran dengan kemampuan Apple TV generasi keempat. Untuk pertama kalinya, perangkat set top box keluaran Apple tersebut memiliki kemampuan lebih dari sekadar memutar media digital. Kini Apple TV dapat menjalankan aplikasi sendiri.

    Kemampuan menjalankan aplikasi pada Apple TV generasi keempat didapat karena kehadiran sistem operasi yg disebut tvOS. Berkat sistem operasi ini, para pengguna dapat menonton video streaming lewatYouTube, memesan kamar hotel via aplikasi AirBnB, berkaraoke dengan Sing!, / menjalankan berbagai aplikasi game.

    Sayangnya, tidak banyak informasi di luar sana yg membahas fitur-fitur Apple TV sebagai console gamingsecara detail. Oleh karena itu, saya berinisiatif mendata beberapa fakta menarik seputarApple TV untuk digunakan bermain game. Cekidot!
    Tidak AdaKabel HDMI dalam Boks Apple TV
    [​IMG]

    Sebagai sebuah aksesoris televisi, Apple TV membutuhkan kabel HDMI untuk dapat tersambung dengan televisi yg kamu miliki. Anehnya, Apple justru tidak menyertakan aksesoris krusial tersebut di dalam kotak boksApple TV.

    Walau kabel HDMI bisa dibilang sudah menjadi aksesoris standar yg biasanyadimiliki oleh penggunatelevisi flat screen,tapi absennya kabel HDMI dalam kotakApple TV menurut saya adalah hal yg cukup aneh. Fakta inimembuat Apple inferior dibandingkan Sony / Microsoftyang sama-sama menyertakan kabel tersebut dalam boks PS4 / Xbox One.
    Memiliki Game Eksklusif
    Tidak semua koleksi game pada tvOS merupakan porting dari iOS.Ada juga developer yg mengembangkan game secara eksklusif untuk tvOS, / menciptakan versi yg hanya tersedia pada Apple TV.

    Sebagai contoh, adadeveloper Harmonix, yangterkenal dengan Rock Band, merilis Beat Sports secara eksklusif untuk tvOS. Ada juga developer Mediocre, yg pernah meraih penghargaan Apple Design Award,merilis versipremium dari Does Not Commute untuk Apple TV.
    Manfaatkan iPhone & iPad sebagai Controller Tambahan
    [​IMG]

    Boks Apple TV hanya menyertakan sebuah remote controller yg juga dapat dipergunakan sebagai controllergame. Dengan sensor sentuh & giroskop yg tertanam pada perangkat tersebut, kamu dapat memfungsikannya seolah-olah sebagai kemudi mobil, raket tenis, / sekadar gamepad untuk memainkan game.

    Bila kamu membutuhkan controller tambahan, kamu juga bisa menggunakan iPhone / iPad yg terhubung dengan jaringan WiFi sama. Kamu tinggal mengunduh aplikasi yg telah disediakan oleh developer, & kamu sudah bisa menggunakan perangkat portabel milikmu sebagai controller / bahkan mikrofon dadakan. Perlu diingat, tidak semua game mendukung fitur ini.
    App Store pada tvOS Berdiri Terpisah dari iOS
    Walau sebagian besar kontenApp Store pada Apple TV diisi oleh aplikasi yg juga tersedia di iOS, namun media distribusi apppada set top box ini berdiri terpisah dari App Store untukiPhone maupun iPad.Dengan demikian, sebuah aplikasiyang sama-sama terdapat pada iOS & tvOS pada dasarnya adalah dua aplikasi berbeda dengan konten sama.

    Aplikasi dari sistem ini tidak selamanya jelek. Walaupun koleksi app pada tvOS jauh lebih sedikit dari iOS, namun konten yg diusungnya bisa memiliki keunikan tersendiri. Contohnya adalah fitur multiplayer pada Crossy Road di Apple TV yangtidak terdapat pada versi iOS.
    Harga yg Sama untuk iOS maupun tvOS
    [​IMG]

    Perbedaan App Store untuk iOS & tvOS untungnya tidak berdampak pada perbedaan harga. Setiapkoleksi gameyang sama-sama terdapat pada iOS maupun tvOS dijual dengan harga yg serupa.

    Walaupun dijual dengan harga sama, saya mendapati update harga pada tvOS sedikit terlambat dibandingkan dengan iOS. Perubahan harga diskon yg sudah terpampang pada App Store untuk iOS baru tercermin di tvOS selang satu / dua hari kemudian.
    Fitur Cross-Buy
    Apple menghadirkan fitur cross-buy untuk iOS & tvOS. Apabila kamu telah membeli & memiliki sebuah game di iOS, maka kamu dapat mengunduh game yg sama di tvOS tanpa dikenakan biaya lagi.

    Bicara tentang update harga yg terlambat pada tvOS, kamu bisa mengakalinya dengan membeli versi iOS dari aplikasi yg kamu ingin pasang di Apple TV.Dengan memanfaatkan fitur cross-buy, kamu dapat menghemat uang yg kamu keluarkan untuk melengkapi koleksi gamedi Apple TV saatharganya belum diperbaharui.
    Mulai Bermain di Smartphone, Lanjutkan di Televisi
    [​IMG]

    Melengkapi fitur cross-buydi atas, Apple juga menghadirkan fitur cross-playdi antara berbagai perangkat keluarannyadenganApple TV. Apple dapat menyimpan progres permainanmu melalui fitur iCloud Sync, sehingga kamu dapat memulai kembali permainan dari titik yg sama tanpa peduli perangkat apa yg kamu pakai.

    Fitur ini memungkinkan saya untuk mulai bermain Oceanhornmelalui iPhone hingga mengalahkan karakter bos pertama, lalu melanjutkan petualangan RPG saya pada layar televisi, hinggakemudian menamatkannya pada iPad. Saya hanya perlu melakukan sign in kepada Apple ID serta memasangaplikasi yg sama pada seluruhperangkat tersebut.
    Mendukung Multitasking
    Menunggu sampai suatu aplikasi selesai diunduh bisa terasa sangat membosankan, apa lagi bila dilakukan dengan menggunakan koneksi berkecepatan rendah. Untungnya kamu tidak perlu bengong saat menunggu, karena Apple TV mampu melakukan multitasking.

    Kemampuan ini membuat Apple TV dapat menjalankan segala konten seperti sedia kala sambil mengunduh game. Kamu dapat menonton film yg kamu sewa, memutar musik yg kamu punya, menyaksikan live-streaming via YouTube, / bahkan bermain game lain sambil menunggu aplikasi selesai diunduh.

    Apakah kamu tertarik untuk memilikiApple TV? Bagaimana pendapatmu tentang fungsinya sebagai console game alternatif? Sampaikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page