Kumpulan Fitur menarik dalam OS X El Capitan

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 14, 2015.

Discuss Kumpulan Fitur menarik dalam OS X El Capitan in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,758
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Minggu lalu, tepatnya pada tanggal 10 September dalam Apple Event, raksasa teknologi ini mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan versi terbaru dari OS X, yaitu El Capitan pada tanggal 30 September. Akan tetapi karena saya telah mengikuti program Apple Beta Software, saya berkesempatan untuk mencoba OS X El Capitan versi GM Candidate. Versi ini memang bukan versi final release, tapi kemungkinan besar tidak akan berbeda jauh.

    Sebagai informasi tambahan, saya menggunakan Macbook Air 13 inci produksi awal tahun 2014 (early 2014) dengan spesifikasi prosesor Intel Core i5 & RAM 4 GB. Perubahan peforma sangat terasa dibandingkan OS X Yosemite.

    Masalah error pada port USB yg saya alami saat menggunakan mouse USB juga sudah hilang. Setelah menggunakan OS ini selama kurang lebih satu minggu, saya belum menemukan bug sama sekali.

    Untuk lebih jelasnya berikut adalah fitur-fitur menarik yg saya temui pada OS X El Capitan.

    Baca juga: Apple Music: Segala Hal yg Perlu Kamu Ketahui
    Kursor Ajaib
    [​IMG]

    Kamu mungkin pernah mengalami saat dimana kamu tidak bisa menemukan kursor, khususnya saat menggunakan layar tambahan. Hal itu bukan menjadi masalah lagi karena dalam El Capitan. Kamu cukup menggesek maju mundur jari kamu pada trackpad & secara otomatis kursor akan berubah menjadi lebih besar sehingga kamu bisa melihatnya lebih jelas.
    Split View
    [​IMG]

    Split View adalah fitur krusial yg akhirnya tersedia dalam OS X. Dengan fitur ini, kamu bisa menempatkan dua / lebih aplikasi secara bersebelahan. Akan tetapi cara melakukan hal ini tidak semudah apa yg bisa dilakukan dalam Windows / Ubuntu Linux. Kamu harus menekan & menahan tombol Minimize (warna hijau) selama kurang lebih dua detik hingga muncul pilihan Split View. Fleksibilitas ukuran aplikasi juga sangat terbatas. Hal ini mungkin terjadi karena aplikasi-aplikasi OS X belum didesain khusus untuk tampilan Split View.
    Spotlight yg lebih pintar
    [​IMG]

    Spotlight merupakan mesin pencari dalam OS X. Bedanya dalam El Capitan Spotlight menjadi lebih pintar & fleksibel. Kamu bisa melakukan pencarian dengan lebih manusiawi karena Spotlight telah dilengkapi kemampuan natural language. Misalnya kamu ingin mencari dokumen / file terakhir yg kamu buat minggu lalu. Kamu bisa mengetik Document I worked last week, & Spotlight akan menampilkan daftar dokumen yg kamu buat minggu lalu.
    Pembaruan aplikasi Mail, Notes, & Safari
    Mail merupakan salah satu aplikasi yg mendapat pembaruan dalam El Capitan. Aplikasi Mail sekarang dilengkapi dengan beberapa gerak-isyarat (gesture) seperti swipe dari kiri ke kanan untuk menandai e-mail yg masuk sudah dibaca. Kamu juga bisa melakukan swipe dari kanan ke kiri untuk menghapus e-mail.

    Fitur baru lainnya adalah menambahkan konten gambar / video dari aplikasi lain ke dalam e-mail dengan lebih mudah, kamu cukup melakukan drag and drop konten-konten tersebut ke dalam aplikasi Mail.

    Hal serupa juga bisa dinikmati dalam aplikasi Notes. Kini kamu bisa membuat checklist & menambahkan gambar dalam catatan kamu. Terakhir, untuk aplikasi Safari kini dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan pin terhadap tab yg tidak ingin kamu tutup & juga mematikan suara-suara yg muncul dari situs yg kamu kunjungi. Oh ya, apabila kamu memiliki Apple TV, berbagai konten dari YouTube kini bisa diputar langsung ke Apple TV langsung dari situs YouTube.

    Beberapa perubahan lain yg terasa dalam El Capitan adalah tampilan Mission Control yg lebih bersih karena kamu hanya melihat daftar desktop yg sedang berjalan kemudian cukup mengarahkan kursor ke atas untuk melihat lebih detail.

    Jadi, mengingat El Capitan bisa dinikmati secara cuma-cuma rasanya bukan alasan bagi kamu pengguna laptop / desktop dari Apple untuk tidak melakukan update.

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page