Kumpulan Inkubator Kampus di Jakarta

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 22, 2016.

Discuss Kumpulan Inkubator Kampus di Jakarta in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Dari 10 mahasiswa yg telah terjun di dunia bisnis, baik dunia startup / bisnis konvensional, mungkin hanya ada satu mahasiswa yg dapat mempertahankan usahanya ke tahap lebih lanjut. Atau mungkin juga tidak ada satu mahasiswa pun yg berhasil.

    Sebenarnya, tidak hanya mahasiswa, pengusaha-pengusaha sukses yg sering kita lihat di televisi / media lainnya juga pernah mengalami kegagalan. Bahkan ada yg telah mencoba lebih dari 10 bisnis sebelum menemukan formula yg tepat.

    Ada banyak faktor yg menyebabkan bisnis itu gagal, seperti minimnya pengetahuan tentang mengelola bisnis, kurangnya komitmen tim dalam menjalankan bisnisnya, kemampuan leadership dari masing-masing pendiri, & banyak faktor lain yg mengharuskan mahasiswa untuk terus mengembangkan dirinya.

    Oleh karena itu, inkubator kampus sangatlah berperan untuk membantu perkembangan bisnis seorang mahasiswa. Berikut ini ada 5 Inkubatorkampus di Jakarta yg dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan bisnis mereka ke tahap lebih lanjut.
    1. Binus Startup Accelator
    [​IMG]

    Binus Startup Accelerator merupakan program inkubator yg dimiliki oleh Bina Nusantara University (Binus). Salah satu program yg pernah diadakan Binus Startup Accelerator adalah kompetisi menjaring startup terbaik. Ini dilakukan dengan rangkaian program berupa pitching & mentorship yg dikemas dalam beberapa periode.

    Pertama, sesi Match Up. Pada sesi ini, peserta melakukan networking & membentuk tim yg cocok untuk ide bisnis mereka. Kemudian dilanjutkan dengan pembekalan teknis mengenai dunia startup, seperti pengembangan aplikasi, elevator pitch, serta desain UI & UX untuk tim-tim yg telah terpilih. Terakhir, sesi Bootcamp untuk menentukan startup terbaik.
    2. Skystar Ventures
    [​IMG]

    Skystar Ventures adalah program inkubator milik Universitas Multimedia Nusantara yg bekerja sama dengan Kompas Gramedia Group. Inkubator ini masih sangat baru namun telah memiliki banyak tenant startup sejak didirikan pada akhir tahun 2013 lalu. Skystar Venture fokus mengajarkan startup tentang produk & layanan yg berkaitan dengan digital media, meliputi industri distribusi konten, publishing, media sosial, & e-commerce.

    Program yg dilakukan SkyStar Ventures adalah menginkubasi startupselama empatbulan, mulai dari ide sampai mengimplementasikan produk minimal (MVP) dalam versi beta.Menariknya, program ini memberikan kesempatan bagi startup untuk mendapatkanpendanaan awal sebesar Rp 60 juta sampai dengan Rp 960 juta, tergantung bagaimana parastartup mempresentasikan bisnisnya.

    Selain fasilitas yg disebutkan di atas, peserta inkubasi juga akan memperoleh network & fasilitas co-working di New Media Tower milik UMN di kota Tangerang.
    3. Sinbis UI
    [​IMG]

    Berbeda dengan Inkubator lainnya, Sinbis UI, yg bernaung di bawah Direktorat Inovasi & Inkubator Bisnis Universitas Indonesia (UI) untuk terus kreatif & inovatif dalam menjalankan dunia bisnis.

    Inkubator bisnis ini menjadi jembatan mahasiswa untuk belajar banyak hal terkait bisnis, baik itu masalah pengelolaan bisnis mau pun pengembangan bisnis. Pengetahuan akan hal tersebut langsung diajarkan oleh pengusaha-pengusaha terkenal di Indonesia
    4. UBpreneur
    [​IMG]

    UBpreneur merupakan inkubator yg didirikan oleh Universitas Bakrie untuk menjadi wadah pendukung suksesnya usaha-usaha yg dimiliki oleh mahasiswa. Inkubator ini telah berdiri seiring perkembangan Universitas Bakrie. Jumlah tenant startup UBpreneur semakin bertambah setiap tahunnya. Ini karena minat & ketertarikan mahasiswa yg semakin meningkat.

    UBpreneur memiliki beragam program untuk membantu usaha mahasiswa, di antaranya pelatihan entrepreneurship dengan para ahli di bidang tertentu, award untuk entrepreneur terbaik, networking, event & pendanaan kepada mahasiswa yg ingin mengembangkan bisnisnya ke jenjang bisnis yg lebih tinggi.
    5. Mercupreneur
    [​IMG]

    Sesuai namanya, Mercupreneur merupakan inkubator bisnis Universitas Mercubuana yg beralkasi di Jakarta Barat. Inkubator ini mendidik mahasiswa untuk berjiwa wirausaha serta memberikan pelatihan & networking melalui festival & kelas wirausaha yg di adakan setiap tahun.

    Mercupreneur didirikan dengan tujuan terus menciptakan mahasiswa yg mampu berkompetisi secara global di dunia entrepreneurship, serta menjadi wirausaha yg sukses di masa depan.
    Baca Juga: Daftar Program Inkubator Startup di Indonesia

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page