Kumpulan Proyek Keren Menggunakan Raspberry Pi

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 2, 2015.

Discuss Kumpulan Proyek Keren Menggunakan Raspberry Pi in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,758
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Beberapa hari lalu saya membuat artikel tentang Raspberry Pi Zero, komputer mungil seharga $5 (sekitar Rp70.000). Hal ini membuat saya penasaran dengan kemampuan dari komputer mungil tersebut. Saya pun merangkum lima proyek keren yg dibuat menggunakan Raspberry Pi, seperti dikutip dari majalah Raspberry Pi.
    PiPiano[​IMG]Zachary Igielman

    Zachary Igielman, anak berumur 15 tahun asal London, Inggris, memutuskan untuk melakukan integrasi antara Raspberry Pi dengan piano yg ia miliki. Zachary ingin agar piano tersebut bisa digunakan untuk bermain secara live & direkam langsung ke Raspberry Pi.
    [​IMG]Pipiano

    Singkat cerita, Zachary kemudian membuat sebuah proyek bernama PiPiano, sebuah alat tambahan untuk piano yg bisa digunakan untuk melakukan eksplorasi musik & menghasilkan bunyi-bunyi baru.

    Iamelakukan penggalangan dana di Indiegogo dengan target 500 (sekitar Rp10 juta). Ternyata kampanye tersebut melebihi ekspektasi, Zachary berhasil menggalang dana hampir 1.000 (sekitar Rp20 juta).
    Pi Video Wall[​IMG]Pi Video Wall

    Pi Video Wall adalah kumpulan monitor yg diatur untuk menampilkan video tertentu. Proyek ini dibuat oleh Lauren Egts, perempuan berumur 16 tahun asal Stow, Ohio. Ia membuatnya saat sedang magang di NASA. Ya, NASA!
    [​IMG]Lauren Egts

    Menggunakan sebuah Raspberry Pi & beberapa alat tambahan, Lauren mampu menyambungkan empat monitor sekaligus. Komputer mungil ini, yg ukurannya tidak lebih dari kartu kredit saya, bisa digunakan untuk menampilkan video ke empat monitor sekaligus. Jadi bisa dibayangkan sendiri kemampuan Raspberry Pi seperti apa.
    Pocket PiGRRL
    [​IMG]

    Masih ingat masa-masa kamu bermain Nintendo Game Boy? Dengan Raspberry Pi, kamu bisa bernostalgia lagi dengan game yg pernah kamu mainkan di console genggam itu. Hal itulah yg dilakukan oleh Adafruit dengan proyek bernama Pocket PiGRRL.

    Pocket PiGRRLmerupakan sebuah Game Boy yg dibuat menggunakan Raspberry Pi. Ukuran mungil dari Raspberry Pi merupakan faktor utama perangkat tersebut bisa dibuat. Adafruit juga telah menyediakan tutorial berisi cara membuat Nintendo Game Boy tersebut.
    Project Aquarium
    Tidak hanya kecerdasan saja yg bisa dibuat, teknologi juga bisa digunakan untuk membuat simulasi kondisi hari & cuaca. Seperti apa yg dilakukan oleh dua bersaudara Poopi & Piter berikut ini.

    Keduanya membuat sebuah proyek yg dapat menduplikasi suasana hutan hujan tropis di hutan Amazon pada akuarium di rumah mereka. Menggunakan Raspberry Pi sebagai mesin utama, sertasejumlah mesin tambahan, keduanya berhasil membuat simulasi kondisi Amazon.Lengkap dengan cahaya, suhu, & juga suara-suara binatang hutan. Berikut adalah video dari proyek tersebut.


    Pi Scan


    PiScan



    Pi Scan merupakan sebuah replika dari Amazon Dash, sebuah tombol khusus yg digunakan untuk memesan produk tertentu dari Amazon secara instan. Misalnya persediaan kopi kamu habis, kamu tinggal menekan tombol tersebut, lalu menunggu kopi yg kamu pesan tiba di rumah.

    Pi Scan menggunakan sistem yg sedikit berbeda karena tidak menggunakan tombol. Proyek ini menggunakan Barcode Scanner yg akan memindai barcode dari sebuah produk, untuk bisamemesan produk yg sama ke Amazon.

    Baca juga: Li-Fi, Teknologi Lampu yg Mampu Mengirim Data 100 Kali Lebih Cepat Dibandingkan Wi-Fi

    Selain lima proyek di atas, masih ada banyak sekali proyek-proyek keren yg bisa dibuat menggunakan Raspberry Pi. Seperti alat pemutar video sebagai alternatif dari Apple TV untuk di rumah kamu, alat pemberi makan kucing otomatis, radio, bahkan sebuah laptop / tablet.

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page