Kumpulan startup kesehatan terbaik di Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 29, 2016.

Discuss Kumpulan startup kesehatan terbaik di Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    (Update 29 Januari 2016: Kami telah memperbarui artikel ini dengan menambahkan sejumlah startup kesehatan baru)

    Kesehatan bisa dibilang merupakan salah satu sektor startup yg cukup aktif di Indonesia. Meningkatnya penetrasi internet membuat masyarakat mulai memanfaatkannya untuk mencari informasi seputar kesehatan. Kali ini, Tech in Asia merangkum kumpulan startup kesehatan terbaik di tanah air.
    Alodokter
    [​IMG]

    Alodokter merupakan situs penyedia informasi seputar kesehatan seperti macam-macam penyakit, obat, & tips hidup sehat. Selain mencari informasi seputar kesehatan, pengguna juga bisa bertanya langsung kepada dokter melalui menu Tanya.

    Pada menu yg juga berfungsi sebagai komunitas tersebut, pengguna bisa menuliskan pertanyaan yg nantinya akan dijawab oleh dokter-dokter yg telah bergabung dengan Alodokter.

    Untuk melakukan hal itu, pengguna diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota Alodokter. Pertanyaan & jawaban tersebut kemudian juga bisa dilihat oleh pengunjung lain.
    Baca juga: Mantan Eksekutif Lazada Ramaikan StartupKesehatan Indonesia dengan Mendirikan Alodokter
    Dokter.id
    [​IMG]

    Setelah memperoleh pendanaan dari RingMD pada awal bulan Maret lalu, situs yg awalnya bernama Pilihdokter ini kemudian berganti nama menjadi Dokter.id. Situs ini menyediakan beragam informasi kesehatan & juga layanan tanya jawab langsung ke dokter.

    Menariknya, Dokter.id juga menyediakan sebuah platform untuk memeriksa bagian tubuh yg sakit melalui menu Cek Sakit Anda. Melalui menu tersebut pengguna akan dipandu secara bertahap untuk memeriksa penyakit dalam tubuh mereka, mulai dari mengidentifikasi bagian tubuh hingga memilih tanda / gejala penyakit yg timbul.

    Nantinya secara otomatis sistem Dokter.id akan memberikan identifikasi jenis penyakit yg dialami beserta penjelasan mengenai penyakit tersebut.

    Diluncurkan pada: 2013, kemudian berganti nama pada bulan Maret 2015
    Peringkat: Belum masuk indeks peringkat situs

    Baca juga: Ingin Cari Rekomendasi Dokter & Cek Gejala Penyakit Online? Pilih Dokter jawabannya
    MeetDoctor
    [​IMG]

    Sama halnya dengan kedua startup sebelumnya, MeetDoctor merupakan situs penyedia informasi seputar kesehatan seperti gejala-gejala dari sebuah penyakit, cara perawatan, & lainnya. MeetDoctor juga memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan seputar kesehatan yg nantinya akan dijawab oleh dokter yg bersangkutan.

    Selain itu, MeetDoctor juga menyediakan dua fitur analisa kesehatan tambahan, yaitu Prevention Diabetes untuk memeriksa apakah Anda memiliki diabetes / tidak & Ironmeter untuk mengetahui sirkulasi menstruasi.
    Klikdokter
    [​IMG]

    Klikdokter merupakan sebuah situs direktori, platform tanya jawab, & media online yg membahas seputar kesehatan. Fitur direktori yg dimiliki menyediakan beragam informasi tentang dokter, obat, rumah sakit, & apotek dari berbagai provinsi di Indonesia. Klikdokter menyediakan dua platform tanya jawab, yaitu secara manual & tanya jawab langsung kepada dokter.

    Selain itu, Klikdokter juga menyediakan kolom khusus bernama Klikmed yg berisi publikasi-publikasi kesehatan dari beragam dokter yg terjaring dalam ikatan dokter yg bekerja sama dengan Klikdokter.
    Tab a Doctor
    [​IMG]

    Tab a Doctor merupakan situs direktori yg memungkinkan pengguna untuk mencari dokter, rumah sakit, & layanan kesehatan di negara Singapura & Malaysia. Startup ini mengklaim memiliki lebih dari 1.100 dokter spesialis.

    Pengguna bisa mencari berdasarkan spesialisasi, rumah sakit, / nama dokter. Nantinya, Tab A Doctor akan menampilkan daftar dokter yg sesuai dengan kriteria yg dimasukkan. Pengguna bisa mengamati informasi detail dari dokter sebelum memberi pertanyaan / membuat janji dengan dokter bersangkutan.

    Baca juga: Tab A Doctor: Startup yg Memudahkan Pencarian Perawatan Dokter Spesialis
    Tanyadok
    [​IMG]

    Sesuai namanya, Tanyadok merupakan sebuah platform yg memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan seputar kesehatan yg kemudian akan dijawab oleh dokter. Tanyadok mengklaim memiliki lebih dari 300 dokter yg ikut berkontribusi. Selain platform tanya jawab, Tanyadok juga menyediakan artikel-artikel kesehatan untuk menambah wawasan para pengunjung situs ini.
    Udoctor
    [​IMG]

    Udoctor merupakan layanan kesehatan milik Telkom yg memungkinkan pengguna untuk melakukan konsultasi langsung kepada dokter secara online. Hal ini bisa dilakukan karena para dokter bisa membuat sebuah klik virtual layaknya tempat praktek di dunia nyata.

    Sebagai pelengkap, Udoctor juga menyediakan artikel-artikel kesehatan untuk menambah wawasan pengguna. Udoctor juga menyediakan beberapa alat kesehatan sebagai fitur tambahan, yaitu Health Meter, Cek Gejala Kesehatan, & Personal Healthcare.

    Baca juga: Telkom Mencoba Peruntungan Memasuki Ranah Kesehatan dengan Mendirikan UDoctor
    DokterSehat
    [​IMG]

    DokterSehat merupakan portal kesehatan yg menyediakan informasi, konsultasi, kalkulator, & direktori kesehatan secara online.

    Layanan ini mengklaim menyediakan informasi kesehatan yg ditulis langsung oleh dokter. Informasi tersebut dikemas dalam bentuk artikel. Beberapa kategori yg ada di dalamnya adalah Kesehatan Umum, Pengobatan Medis, & Psikologi.

    Selain bisa diakses melalui situs resminya. DokterSehat juga telah meluncurkan aplikasi iOS & Android.

    Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang DokterSehat di sini
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Dokter Sehat Indra Adam - Aug 12, 2015 Genre: Health & Fitness Size: 6.3M Installs: 1,000 - 5,000 Gratis Download [​IMG][​IMG] Practo
    [​IMG]

    Practo merupakan situs memungkinkan konsumen untuk mencari dokter yg sesuai dengan kebutuhan penyembuhan penyakit mereka. Pilihan dokter yg ada di layanan Practo bisa dicari berdasarkan keahlian, pengalaman, & spesialisasi. Practo mengklaim memiliki lebih dari 4.200 dokter yg tersebar di lebih dari separuh klinik di DKI Jakarta.

    Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang Practo di sini
    Dokter Gratis Plus
    [​IMG]

    Doctor Gratis Plus ini memungkinkan pasien berkonsultasi medis dengan dokter secara langsung melalui teleconference. Aplikasi ini dikelola oleh Health 2i, startup asal Singapura. Di Indonesia Health 2i bekerja sama dengan Microsoft Indonesia dalam operasional & pengembangan aplikasi tersebut.

    Aplikasi Doctor Gratis Plus memang dapat diunduh secara cuma-cuma, namun untuk menikmati seluruh layanan di dalamnya pengguna diwajibkan untuk berlangganan. Biayanya sebesar $9,95 (sekitar Rp141.000) per bulan / $99 (sekitar Rp1,4 juta) per tahun.

    Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang Dokter Gratis Plus
    di sini
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Doctor Gratis Plus HEALTH2i Lab - Jun 16, 2015 Genre: Health & Fitness Size: 22M Installs: 500 - 1,000 Gratis Download [​IMG] LabconX
    [​IMG]

    LabConX merupakan situs yg memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan Tes Lab secara online. Hal ini tentunya dapat menghemat waktu perjalanan dari pada harus pergi dari satu lab ke lab yg lain.

    startup ini mengklaim telah bekerja sama dengan tujuh laboratorium seperti Prodia & Biotest untuk memastikan hasil pemeriksaan akurat. Setelah pengguna memilih jenis pemeriksaan yg akan dilakukan, LabConX akan memberikan daftar perbandingan harga pemeriksaan dari sejumlah laboratorium & klinik.

    Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang LabConX di sini
    Konsula
    [​IMG]

    Konsula merupakan pemain baru di ranah startup kesehatan. startup ini menyediakan dua layanan utama. Yaitu Konsula Directory untuk mencari dokter & Konsula Connect, software untuk mengelola tempat praktik bagi para dokter.Layanan tersebut baru bisa dinikmati melalui situs resmi Konsula. Sedangkan untuk versi mobile masih dalam tahap pengembangan.

    Startup ini dibentuk oleh Shinta Nurfauzia, Johannes Ardiant, & Ronald Wijaya, tiga orang lulusan Universitas bergengsi di Amerika Serikat. Konsula juga telah memperoleh investasi tahap awal sebelum produk mereka diluncurkan.

    Kamu bisa membaca ulasan lebih detail tentang Konsula di sini

    Sebagian besar startup kesehatan di Indonesia masih sebatas platform tanya jawab & media online yg membahas seputar kesehatan. Akan lebih menarik lagi apabila ada startup yg membuat hardware kesehatan / mungkin platform analisa kesehatan dengan memanfaatkan big data.

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page