Lag, musuh besar gamer MMO

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Aug 7, 2014.

Discuss Lag, musuh besar gamer MMO in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,715
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Sedang enak-enaknya ngehunt dan nyari barang bagus, tiba-tiba kok pergerakan karakter jadi agak lambat dan berhenti mendadak. Kemudian walaupun sudah ditekan-tekan semua tombol, karakternya tetap tidak mau bergerak. Sebagai gamer MMO, setidaknya kalian pasti pernah ngalamin situasi kayak gini. Situasi yang annoying, alias menyebalkan, yang bernama lag.

    Ada yang bilang, bukan game yang membuat gamer jadi melakukan tindakan kekerasan. Tapi, game yang ngelag. Kalau sudah ngelag, pastinya gamer frustasi. Kadang bisa juga mengeluarkan sumpah serapah panjang, apalagi jika mereka sedang berada di tengah-tengah pertarungan sengit.

    Gampangnya sih, lag itu adalah sebuah gangguan yang terjadi dalam sebuah sesi bermain. Di mana terjadi hambatan (delay) antara pemain, dengan apa yang terjadi di server. Misalnya, kita melihat karakter kita masih diam. Tapi server game mengenali karakter kita sudah berjalan. Gangguannya bisa dikarenakan beberapa hal sih. Entah server gamenya yang teralu penuh, teralu banyak karakter yang berkumpul dalam satu tempat tertentu, gangguan koneksi dari server gamenya itu sendiri, koneksi internet gamer yang kurang stabil (yang bisa juga disebabkan karena sambil dipakai download, atau streaming video), hingga menggunakan program illegal.

    [​IMG]

    Lag ditandai dengan gerakan yang karakter lambat, seperti terpatah-patah. Atau bisa juga dilihat dari gerakan karakter yang terlambat. Misalnya aja, gamer uda neken tombol skill, tapi karakternya masih diam. Barulah 30 detik kemudian, skill tersebut keluar dari tongkar sihir si karakter. Dalam permainan yang menggunakan sistem room, gamer yang ngelag juga susah banged untuk masuk ke sebuah room, apalagi berada dalam status ready.

    Yang bikin frustasi adalah lag ini bisa mengganggu jalannya sesi permainan. Ga kebayang kan, sedang ngelawan boss yang susah, tiba-tiba ngelag. Darah sudah menipis, tapi karakter tetap ga mau dibuat lari, atau meminum potion. Beberapa menit kemudian, tau-tau karakternya sudah mati. Ini hanyalah salah satu contoh situasi menyebalkan, jika terjadi lag di MMO. Dan ya, lag adalah salah satu sumber frustasi terbesar saya, saat bermain MMO.

    Dalam permainan yang membutuhkan kerjasama tim, lag juga adalah musuh besar. Saat semua pemain sudah berada di pos masing-masing, eeehh, ada satu pemain yang ketinggalan. Ini bisa mengacaukan strategi yang uda diatur sebelumnya, dan malah bikin tim tersebut kalah. Padahal, Cuma karena ada yang ngelag.

    [​IMG]

    Kalau misalnya lag tersebut berasal dari server game itu sendiri, atau terjadi gangguan koneksi dari provider internet, emang ga ada yang bisa dilakukan selain menunggu. Tapi sih, biar sesi gaming nyaman tanpa lag, ada beberapa tips yang bisa kamu contek:

    1. Matikan semua program download yang sedang berjalan.
    2. Tutup browser, ataupun hentikan sementara streaming video
    3. Jika channel sebuah MMO tengah penuh, kalian bisa pindah sementara ke channel yang lebih kosong.
    4. Sejumlah program illegal juga ikut ambil bagian dalam lag. Sebisa mungkin, hindari penggunaan program illegal. Selain itu, banyak game yang melarang penggunaanya, dan sanksi yang dijatuhkan adalah banned.

    [​IMG]

    Oh ya, ada pula lag yang disebabkan karena hardware. Misalnya aja komputer itu ga kuat menjalankan sebuah game, yang sebetulnya membutuhkan spesifikasi lebih tinggi. Jika memang begitu, mainkan game dengan settingan grafis paling rendah. Setidaknya untuk meringankan kerja PC kalian, dan melancarkan permainan.


    Oh ya gamer. Lag emang menyebalkan sih. Tapi jangan jadikan lag alasan jika kalah dalam permainan ya. Jika memang kalian kalah, jangan langsung marah-marah dan mengeluarkan alasan ngelag, padahal kalian tidak ngelag. Tetap sportif.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page