Liputan FIKTIF: Membongkar Rahasia Sukses Properti Intelektual dalam Sehari!

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Sep 15, 2014.

Discuss Liputan FIKTIF: Membongkar Rahasia Sukses Properti Intelektual dalam Sehari! in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania! Selamat membaca Liputan FIKTIF: Membongkar Rahasia Sukses Properti Intelektual dalam Sehari!.
    162617
    Konsep FIKTIF yg santai. Mirip ILK ya!

    Seperti yg sudah kami beritakan sebelumnya, Kementerian Komunikasi & Informatika Indonesia (Kemenkominfo) bersama Duniaku.netmenggelar sebuah forum industri teknokreatif yg disebut dengan FIKTIF or Forum Industri Konten Teknokreatif Indonesia. Sebagai permulaan, dipilihlah Jogjakarta sebagai tempat penyelenggara, dimana acara ini sudah digelar diHotel The Phoenix, Jl. Jendral Sudirman no.9 Yogyakarta pada hari Sabtu, 13 September 2014 kemarin. Dengan mengusung tema “Membawa Hak Kekayaan Intelektual Produk Konten Teknokreatif Menembus Pasar Global”, FIKTIF menghadirkan beberapa pemilik Intelectual Property (IP) papan atas Indonesia sepertiseperti Digital Happiness denganDreadOut-nya,Ami Raditya denganVandaria-nya, & Achmad Rofiq dariKukuRockYou. Selain tiga nama di atas, forum juga diisi oleh Hari Sungkari, yg merupakan salah satu pemerhati IP di Indonesia.


    Acara baru dimulai pukul 09.00, namun sejak pukul 08.00 pagi sudah tampak antrian dari para mahasiswa, game developer & animator Jogjakarta untuk melakukan registrasi. Konsep dari acara ini dibuat sedikit santai, dimana para peserta duduk melingkari meja agar lebih memudahkan juga untuk melakukan diskusi. Untuk menunjukkan semangat nasionalisme, forum diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Dari pantauan Duniaku, sebagian besar peserta masih berstatus mahasiswa, yg menunjukkan bagaimana antusiasme mereka dalam menyambut event ini.

    Setelah bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, forum dibuka dengan sambutan dari Edy Murdiman selaku Direktur Pemberdayaan Konten Informatika. Edy mengungkapkan bahwa konten digital akan tumbuh pesat seiring dengan perkembangan teknologi yg ada. Hal tersebut juga akan membuat konten teknokreatif menjadi satu aspek yg potensial & menjanjikan di masa yg akan datang. Permasalahan yg dihadapi di Indonesia perkembangan talenta industri ini di Indonesia belum diikuti dengan kualitas produk yg masih belum bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Oleh karena itu, FIKTIF diharapkan bisa mengatasi permasalahan tersebut.

    Edy Murdiman, Direktur Pemberdayaan Konten Informatika

    FIKTIF sendiri memberikan kesempatan yg besar bagi para pemilik IP, pelaku industri teknokreatif maupun bagi masyarakat yg ingin terjun dalam industri ini. Bagi pemilik IP, FIKTIF memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi kisah sukses & memperkenalkan produk mereka yg sudah berhasil menembus pasar baik lokal maupun internasional. Se&gkan bagi pelaku industri teknokreatif & masyarakat luas, FIKTIF bisa menjadi sarana untuk saling bertemu & membina relasi guna membuka peluang kerja sama baru. Melalui FIKTIF, pemerintah pun juga bisa mengumpulkan data terkait dengan pelaku industri teknokreatif ini.

    Setelah dibuka dengan sambutan dari Edy Murdiman, pembicara pertama dari FIKTIF datang dari DGM Animation sekaligus kreator dari animasi KukuRockYou, Achmad Rofiq. Dalam presentasinya, Achmad menjelaskan “kegalauannya” dalam pencarian mengenai bagaimana & seperti apa IP yg disukai banyak orang. Achmad menjelaskan, bahwa dirinya sudah mulai berkecimpung dalam mengembangkan IP sejak tahun 2005 lewat sebuah animasi berjudul Catatan Dian yg sempat ditaygkan di TVRI. Setelah itu, buah karya berikutnya pun juga ditaygkan oleh MNC TV berjudul Songgo Rubuh.

    Achmad Rofiq

    Saygnya, Achmad menilai stasiun TV tidak bisa memanajemen IP-IP tersebut dengan baik, sehingga gaungnya pun berhenti seiring dengan berhentinya penaygan animasi tersebut. Studio animasi juga menghadapi permasalahan lain saat akan menaygkan hasil karyanya di stasiun TV karena harus berkompetisi dengan studio yg dimiliki stasiun TV tersebut. Permasalahan tidak berhenti di situ, karena Achmad menilai animasi buatan studio milik stasiun TV tersebut memiliki tema yg sama, & tidak ada nilai keunikan tersendiri.


    Dari pencarian selama beberapa tahun mengenai seperti apa IP yg digemari, akhirnya dia membuat KukuRockYou yg menampilkankisah seekor ayam bekisar bernama Jagur yg berprofesi sebagai penyanyi rock. Untuk mengembangkan animasi yg ditaygkan setiap hari Minggu pukul 09.00 pagi ini, DGM Animation bekerja sama Gramedia. Bahkan, Achmad mengungkapkan bahwa Nickelodeon juga tertarik untuk membawa KukuRockYou ke pasar internasional dengan nama Rocky Rock Star. Di akhir presentasinya, Achmad memberikan sebuah kesimpulan, bahwa IP yg baik adalah mengajari penggemarnya untuk mencintai karakter yg dibawakan, & hal tersebut ingin dia lakukan lewat KukuRockYou ini.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Liputan FIKTIF: Membongkar Rahasia Sukses Properti Intelektual dalam Sehari! diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Liputan FIKTIF: Membongkar Rahasia Sukses Properti Intelektual dalam Sehari!.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page