Mainkan Game Klasik Gratis Melalui Internet Archive

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 9, 2015.

Discuss Mainkan Game Klasik Gratis Melalui Internet Archive in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,764
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    09/01/2015

    Sebelum Windows menjadi sistem operasi standar yg hampir bisa ditemui di semua komputer, Microsoft pernah mengembangkan sebuah sistem operasi lain. Microsoft Disk Operating System, / yg biasa disingkat menjadi MS-DOS, merupakan sistem operasi kuno yg mengandalkan string teks untuk memasukkan perintah dengan keyboard sebagai alat input utama. Tidak ada ikon, gambar, / mouse pointerpada tampilan MS-DOS. Pengguna komputer mau tidak mau harus menghafal berbagai string teks untuk menjalankan program yg ada.Kalau dilihat dari kacamata modern zaman sekarang, rasanya cukup merepotkan bukan?

    Walaupun demikian, segala keterbatasan yg ada pada MS-DOS tidak menghalangi kreativitas para pengembang game pada era tersebut. Berbagai jenis game dengan bermacam genre permainan bermunculan silih berganti. Pilihan permainan mulai dari puzzle, action, fighting, racinghingga simulasi dirilis oleh para pengembang dengan menggunakan spesifikasi ala kadarnya. Tapi jangan salah, walaupun tampilan game bisa dibilang sederhana, toh saya tetapbetak dudukberjam-jam di depan layar komputer yg masih berbentuk gembung menghabiskan masa kecil saya. (Oke, sekarang saya jadi merasa tua.. >_<)
    [​IMG]Prince of Persia klasik, sebelum pengembangannya diambil alih oleh Ubisoft

    Bagi kamu yg seperti saya ingin bernostalgia dengan kenangan memainkan gameklasik, / sekedar penasaran ingin mencoba seperti apa cikal bakal game sebelum berevolusi menggunakan grafis luar biasa seperti pada Far Cry 4 / bertualang di duniamegah & besar padaDragon Age: Inquisition, sekarang kamu bisa memainkannya dengan gratis melalui situs Internet Archive!

    Internet Archive adalah sebuah situs yg dikelola oleh organisasi nirlaba di Amerika Serikat. Situs ini bertujuan untuk mengarsipkan segala bentuk file digital yg pernah ada di muka bumi.Internet Archivebisa diumpamakan sebagai sebuah perpustakaan, tapi dalam bentuk digital. Pada awalnya, koleksi yg dimiliki Internet Archive berupa arsip tampilan situs masa lalu, teks dalam bentuk digital, musik lawas & berbagai film kuno. Koleksi mereka pada tahun lalu berkembang mencakup perangkat lunakgame klasikyang bisa langsung dimainkan melalui browser komputer kamu. Tidak tanggung-tanggung, koleksi mereka pada saat ini sudah mencakup lebih dari 2.300 game!

    Menelusuri koleksi game klasik di sini seakan-akan membawa saya kembali ke masa lalu. Saya jadi teringat pernah dibuat frustasi memainkan Prince of Persia yg sangat menantang, mengendalikan Simba di game platformer The Lion King, bermain FPS pertama kali di Wolfenstein 3D, / kebut-kebutan dengan mobil F1 di Pole Position. Semuanya bisa saya langsung mainkan melalui browser web tanpa harus mengutak-atik setting komputer, karena game dijalankan melalui streaming dari server Internet Archive.
    [​IMG]Game platformer The Lion King karya Disney yg diangkat dari film animasi dengan judul sama
    [​IMG]Game balapan F1 Pole Position karya Namco yg dirilis pada era 80-an

    Tapi perlu diingat, kualitas emulasi game yg ada di situs ini masih jauh dari sempurna. Kamu masih akan menemui beberapa kendala seperti kontrol yg tidak merespon sempurna, audio yg tidak keluar, / beberapa bug yg mengakibatkan permainan tidak dapat berjalan sempurna. Beberapa game bahkan tidak dapat dimainkan sama sekali karena kendala pengaturan kontrol pada keyboard / karena game meminta password sebelum memulai permainan. Berbagai kendala ini memang sudah diakui oleh pihak kurator koleksi permainan di sini. Mereka masih terus berupaya untuk memperbaiki hal-hal tersebut sehingga pengalaman bermain kamu akan lebih menyenangkan.

    Dengan segala keterbatasan yg ada, memainkan gameklasik di sini merupakan pengalaman yg luar biasa. Saya jadi bisa lebih mengapresiasi apa yg telah dicapai para pengembang video gamepada era sekarang. Kalau kamu penasaran ingin tahu seperti apa game yg dimainkan oleh generasi 70-an & 80-an, kamu bisa mengunjungi koleksi game klasik milik Internet Archive di bawah ini.

    Sumber: Internet Archive

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page