Manfaat content marketing bagi startup

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 18, 2015.

Discuss Manfaat content marketing bagi startup in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,757
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Content marketing telah bertransformasi menjadi senjata yg paling ampuh untuk melakukan marketing & banyak digunakan oleh perusahaan teknologi. Menurut perusahaan penyedia content marketingContently, 72 persen pemasaran yg dilakukan perusahaan B2B pada tahun 2014 adalah dengan menghasilkan lebih banyak konten dari apa yg mereka lakukan di tahun sebelumnya.
    Apa sebenarnya content marketing?[​IMG]Sumber gambar dari Elegant Theme

    Mungkin kamu sudah cukup sering mendengar istilah content marketing. Namun makanan apakah itu? Dalam dunia teknologi, hal ini mengacu pada konten-konten online seperti blog, press release,postdi media sosial, buletin, video, & juga gambaryang didesain khusus untuk meningkatkan hubungan dengan target pengguna.

    Konten-konten tersebut merupakan hasil pemikiran & berisi informasi yg dapat memberi nilai tambah bagi pembacadengan timbal balik meningkatkan eksposur dari perusahaan. Bagaimanapun content marketing tidak hanya sekedar post biasatapi didesain khusus untuk berinteraksi, berhubungan, & memberi kesan kepada pengguna untuk mengetahui lebih dalam mengenai suatu hal.

    Jadi bagi startup tahap awal, peran content marketing sangat besar untuk mencari & mengumpulkan pengguna. Menurut hasil studi yg dilakukan oleh Content Marketing Institute, 90 persen perusahaan B2B menggunakan content marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.

    Baca juga: Statistik Pengguna Internet & Media Sosial Terbaru 2015
    Tujuan content marketing[​IMG]Sumber gambar dari Inkbird

    Content marketing juga merupakan cara terbaik untuk membuat label bagi produk kamu agar lebih dikenal. Hal itu bisa dilakukan tidak hanya dengan melakukan optimalisasii performa & tampilan halaman, tapi juga dengan menyediakan konten yg bernilai. Konten tersebut juga harus dirancang agar sesuai dengan target pengguna yg kamu inginkan. Berikut adalah beberapa tujuan dari content marketing yg perlu kamu ketahui:

    Membangun kesadaran terhadap produk kamu

    Saat klien prospektif mendatangi kamu secara online, biasanya mereka ingin mengetahui apa nilai lebih yg produk kamu tawarkan dibandingkan kompetitor. Di sinilah mengapa kamu perlu meracik konten online dengan pola pikir bahwa brand kamu menghadirkan solusi terbaik.

    Membangun hubungan dengan konsumen & menjalin relasi dengan konsumen

    Seperti yg telah dijelaskan sebelumnya, konten yg kamu buat harus berbobot / memiliki nilai tambah bagi para pembaca. Sebagai contoh, sebuah artikel hasil penjualan cenderung kurang efektif dibandingkan artikel yg memuat kisah-kisah bagaimana produk kamu berhasil memecahkan hal yg berkaitan dengan masalah konsumen.

    Alternatif iklan & meningkatkan kepercayaan

    Sebagai startup tahap awal, kemungkinan besar hanya segelintir orang yg tahu tentang produk kamu & kamu pasti tidak punya banyak dana untuk memasang iklan di TV maupun media cetak. Jadi content marketing bisa digunakan sebagai alternatif memasang iklan di mesin pencarian Google / media sosial seperti Facebook & Twitter.

    Di saat yg bersamaan konten-konten yg kamu buat kamu buat juga harus mengandung unsur-unsur yg dapat meningkatkan relasi dengan pengguna. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengisi unsur-unsur perusahaan kamu seperti, budaya perusahaan, kepercayaan, pengetahuan, & juga kemampuan kamu untuk memecahkan masalah yg juga dihadapi oleh pengguna kamu.
    Memulai strategi content marketing
    Sekarang kamu sudah content marketing merupakan cara yg efektif, tapi seperti yg telah dijelaskan sebelumnya ada banyak cara melakukan content marketing seperti media sosial, blog, video, & lainnya. Kamu akan berpikir untuk memilih lebih dari satutapi kamu pasti tidak ingin menggunakan semua cara tersebut karena memakan waktu & kemungkinan besar hasilnya tidak sesuai. Jadi untuk membantu kamu, berikut adalah beberapa tip yg perlu kamu perhatikan:

    Menentukan target

    Sebelum menjalankan content marketing, kamu harus mengetahui siapa target utama & kedua dari produk kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam mengidentifikasi bagaimana kamu membuat bisa membuat konten yg sesuai dengan keperluan mereka.

    Disamping itu kamu juga perlu melakukan identifikasi tujuan dari rencana marketing yg akan kamu lakukan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan, seperti apa tujuan dari content marketing kamu? Bagaimana kamu akan melacak & mengukur tingkat kesuksesan? Serta pertanyaan-pertanyaan lain yg sesuai dengan rencana marketing kamu.

    Tampilan yg menarik & konsisten

    Target pengguna online kamu pasti ingin menikmati konten-konten yg telah kamu buat dengan tampilan yg menarik. Mulai dari teks yg memiliki ukuran spasi yg tepat & menggunakan ukuran huruf yg cocok. Tipe & warna teks juga sangat berpengaruh. Serta gambar & video yg sesuai dengan konten yg kamu buat.

    Di sisi lain, kamu juga harus secara konsisten membuat content marketing. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur jadwal content marketing kamu pada kalender. Dengan demikian pengguna menjadi terbiasa & kamu dapat mengurangi kemungkinan hilangnya pengguna royal kamu.

    Sumber: OutBrain

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar dari Channel News Asia)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page