Mario Maker Preview

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 19, 2014.

Discuss Mario Maker Preview in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,745
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Mario Maker Preview.

    Engga bisa dipungkiri bahwa manusia memang makhluk sosial, makhluk yg butuh berkomunikasi dengan sesamanya. Dengan komunikasi yg baik terjalin hubungan yg baik pula. Meningkatnya kualitas hubungan antar manusia tentunya ngga bisa lepas dari kesamaan isu & minat yg melatarbelakangi eratnya hubungan antar manusia ini. Besarnya minat akan suatu isu yg sama mendorong mereka untuk membentuk komunitas yg kuat. Ada benernya juga kalo kelangsungan suatu komunitas tergambar dari semboyan," Dari komunitas, oleh komunitas, untuk komunitas." yg jadi sebuah pemahaman akan sistem demokrasi.

    Di dunia video game, terbukti banyak developer yg mencoba menerapkan prinsip ini ke dalam game buatannya. Dengan prinsip serupa, komunitas dari video game yg mereka bikin jadi lebih kompak & umur dari game tersebut jadi lebih tahan lama. Sebut aja seperti seri game LittleBigPlanet, Sound Shapes, & game yg berbasis akan kekuatan komunitas. Kebebasan komunitas gamer untuk turut berpartisipasi dalam video game yg berbasis komunitas, bikin gamer merasa ikut jadi satu bagian penting dari komunitas game tersebut. Dengan a&ya fitur seperti level editor, sharing ke komunitas yg sama, & leaderboard komunitas untuk memacu persaingan sehat sesama gamer jadi kunci keberhasilan sebuah video game yg berbasis komunitas.



    Tampaknya hal ini juga yg bakal diterapin Nintendo dalam video game terbarunya, yaitu Mario Maker.

    Ngga usah ditanya lagi seberapa banyak fans Super Mario di alam semesta ini. Mulai dari yg muda sampe yg tua, hampir ngga ada yg ngga kenal sama tokoh tukang ledeng yg ngakunya dari Itali, bikinan orang Jepang, ngomongnya pake Bahasa Inggris, tapi muka kaya orang Meksiko.



    Akhirnya para fans Mario bakal bisa nyicipin gimana serunya jadi level designer game Super Mario Bros yg legendaris. Biarpun misi Mario cuman satu, yaitu nyelametin Princess Peach dari kastil Koopa, tapi desain level yg harus dilewati Mario punya keunikan masing-masing. Mulai dari level yg ngga butuh basa-basi bisa langsung dikelarin dalam waktu singkat, sampe level dimana pemain kudu hati-hati dalam melangkah kalo ngga mau koit.

    CEPAT DAN SIMPEL


    Mungkin salah satu keunggulan video-game-level-creator seperti Mario Maker ini adalah kemudahan dalam penggunaan untuk merancang level & transisinya antara editor-mode dengan level-testing-mode yg cepat. Yup, kalo kalian tonton dari video di atas, mekanisme kontrol untuk memilih, memindah, & masukin obyek-obyek dalam level kelihatan simpel banget. Tinggal drag-and-drop or satu-dua kali klik aja, obyek aset yg bakal dipake udah siap di dalam level. Jumlah obyek aset yg kalian lihat dari video Nintendo di ajang E3 masih berupa prototype & bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi jangan kaget kalo di versi final Mario Maker nanti, bisa jadi obyek jauh lebih banyak & variatif. Siap-siap aja menjelajah level bikinan komunitas gamer Mario Maker yg unik & imajinatif nantinya. Hehe.

    Untuk daftar jenis obyek aset yg sejauh ini bakal muncul bisa kalian pantau disini: Mario Maker - Mario Wiki.



    Ngga cuma itu, gamer bisa berpindah dari mode merancang ke mode testing permainan hanya dengan sekali tekan tombol. Jadi dengan singkat pula, nantinya obyek yg dirasa bakal kurang pas or mengganggu alur permainan bisa segera direvisi untuk diedit lagi dengan segera. Pemakaian WiiU sebagai platform jelas udah tepat banget & sangat membantu dalam proses perancangan level di game Mario Maker. Selain itu ada fitur playthrough-trail dimana kalian bisa lihat baygan pergerakan Mario setelah nyoba mainin satu level. Dari rekaman jejak playthrough ini kalian bisa menyesuaikan lagi desain level yg lebih sesuai dengan jarak pergerakan yg bisa dilalui Mario dengan lebih mudah.

    MODE KLASIK DAN MODERN



    Tampilan art Mario Maker nantinya bakal tersedia dalam dua jenis, yaitu tampilan klasik seperti dalam game Super Mario Bros versi 8-bit NES yg udah lama kita kenal & tampilan modern seperti dalam New Super Mario Bros. U (WiiU). Mungkin bakal ada jenis tampilan lainnya yg bakal tersedia di Mario Maker. Kalo gue pribadi sih lebih kangen buat lihat tampilan kartun a la Super Mario World - Yoshi's Island or Super Mario Bros 3 (NES) yg terkenal sama kostum rakun terbangnya. Jarang-jarang kan ada tukang ledeng bisa terbang. :))

    KEKURANGAN GAME YANG TERLALU LEVEL-DESIGN-ORIENTED

    Salah satu kelemahan game yg cenderung terlalu fokus pada variasi desain level aja adalah lemahnya di unsur misi or story dari level tersebut. Umumnya cuma ada dua jenis level yg bakal ditemui gamer: gampang & susah. Udah, itu doang. Entah apakah nantinya jenis desain level buatan komunitas bakal dibatasi oleh hal ini or mungkin sang kreator bisa masukin sedikit plot mini-story ke dalam levelnya masih jadi pertanyaan. Kita ngerti kemampuan inovasi dari Nintendo udah ngga diragukan lagi. Gue yakin kreativitas developernya udah tingkat dewa buat nyari solusi masalah ini. Tapi rasa skeptis akan kebiasaan developer Jepang yg daridulu terlalu nurutin permintaan pasar luar ketimbang bikin game yg punya cita rasa negaranya sendiri cukup bikin was-was juga nih.

    Yah berharap aja ada developer Mario Maker yg mampir Gamexeon & kebetulan ngerti Bahasa Indonesia terus baca paragraf di atas deh. Hehehe xp

    MASALAH KLASIK GAME BERBASIS KOMUNITAS

    Dari awal pengumuman Mario Maker di ajang E3 pertengahan tahun ini, Takashi Tezuka selaku producer mengaku kalo masih ada kendala yg bakal dihadapi Mario Maker terkait sistem online-sharing dalam komunitas gamer Mario Maker nantinya. Kita paham betul bahwa video game yg berbasis komunitas tentunya punya bejubel konten yg berasal dari komunitas gamernya. Entah itu desain level, artwork, & semacamnya. Konten-konten yg diupload oleh komunitas ini bakal terpampang di menu online-sharing yg tersedia dalam game.

    Tapi makin gede skala komunitas yg terbentuk, makin gede juga masalah yg timbul dari fitur online-sharing ini. Seperti yg dipaparkan oleh Tezuka, menerapkan sistem ranking terhadap arus konten yg diupload oleh komunitas gamer bakal jadi tantangan. Gamer yg meng-upload level hasil kreasinya tentu punya tujuan supaya desain level buatannya bisa dimainin & dinilai oleh gamer lain. Kalo banyak gamer yg main & ternyata suka, pasti level desainnya bakal banyak yg nge-vote. Pada akhirnya, level buatannya masuk ke jajaran top level di komunitas tersebut. Tapi gimana dengan konten yg baru masuk & belum cukup populer? Mungkin belum ada beberapa menit, level baru yg sebenernya punya potensi untuk ngetop ini udah keburu tenggelem kena arus level-level baru yg masuk. Bahkan meski udah ada kategori "New Entry", "Newest Level", or pengkategorian sejenis terbukti ngga banyak menolong. Konten-konten baru terus saling tindih menindih & akhirnya hilang dalam arus & bikin males buat gamer mengeksplor halaman demi halaman level buatan komunitas gamer.



    Entah seperti apa nantinya fitur online-sharing yg bakal diusung Nintendo pada game Mario Maker-nya masih merupakan misteri. Kita tunggu aja sampe tanggal rilisnya sekitar awal tahun 2015 nanti.

    image: nintendo.co.uk

    Sumber

    Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode.

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Mario Maker Preview.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page