Mencegah Kejahatan Siber Di Tahun 2015

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jan 5, 2015.

Discuss Mencegah Kejahatan Siber Di Tahun 2015 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Mencegah Kejahatan Siber Di Tahun 2015

    Tahun 2015 kini telah datang & berbagai ekspektasi pun mulai bermunculan. Semua orang mengharapkan yg terbaik di tahun ini. Tak terkecuali juga dengan para pelaku kejahatan siber. Mereka tentu ingin mendapatkan berbagai keuntungan dengan cara merugikan orang lain. Setidaknya di tahun baru ini, semua pihak perlu melihat kembali kejadian apa saja yg dilakukan para pelaku kejahatan siber di tahun 2014. Setidaknya ada beberapa hal fenomenal di tahun 2014 yg patut dijadikan refleksi. Terpaparnya foto-foto pribadi artis Hollywood dari akun Icloud mereka menjadi headline di seluruh media massa dunia. Hal ini belum termasuk dari bobolnya sistem informasi Sony Pictures yg disinyalir sebagai bentuk protes terhadap pembuatan film The Interview yg mendiskreditkan Korea Utara. Beberapa pihak bahkan sudah memprediksi bahwa pembobolan Sony Pictures ini akan mengarah pada perang siber. Selain itu, pembobolan Home Depot pada November 2014 yg menelan lebih dari 53 juta akun e-mail ikut menyita perhatian khalayak dunia juga.

    Lalu bagaimana mencegah kejahatan siber di tahun 2015 ini? Tentu saja tidak ada istilah silver bullet yg mampu menangkal kejahatan siber. Namun, langkah-langkah strategis untuk menangkalnya tetap harus ada. Menggunakan semua teknologi terbaru seperti next-gen firewall, anti-virus, anti-spyware orpun lainnya masih merupakan langkah pencegahan yg perlu dilakukan pertama kali oleh sebuah organisasi orpun individu. Tidak ada teknologi yg benar-benar efektif untuk menangkal kejahatan siber. Tetapi, tindakan preventif haruslah tetap dilakukan agar risiko yg diterima tidak terlalu besar. Langkah kedua yg harus dibenahi di tahun 2015 ini menurut CEO KnowBe4 Stu Sjouwerman adalah mengupgrade kepedulian keamanan informasi para karyawannya. Menurut Sjouwerman, beberapa organisasi umumnya langsung memecat para pegawai yg menyebabkan para pelaku kejahatan siber bisa mengakses data-data rahasia organisasi. Para pegawai seperti ini sering mendapat julukan stupid user.

    Memang benar bahwa banyak pegawai yg lalai menjaga keamanan informasi. Namun, bukan berarti stupid user bisa dipecat begitu saja, tutur Sjouwerman. Mereka harus di-upgrade agar peka terhadap kepedulian keamanan informasi, lanjutnya. Salah satu contoh yg dipaparkan oleh Sjouwerman adalah email phising. Kejahatan siber melalui phising ini sangat lazim terjadi di kalangan pegawai. Bahkan beberapa di antaranya tidak mengetahui bahwa mereka sudah disusupi. Pelatihan terbaik menurut Sjouwerman adalah learning by doing. Daripada melakukan pelatihan seperti di ruang kuliah, para pegawai pun harus belajar secara praktik di lapangan, kata Sjouwerman. Ia menambahkan bahwa pelatihan praktik di lapangan bisa dilakukan dengan cara pengenalan berbagai macam kejahatan siber seperti phising. Sjouwerman mengatakan, Pegawai harus mengetahui apa itu phising, seperti apa bentuknya & bagaimana cara pencegahannya.

    Langkah ketiga yg bisa dilakukan adalah membangun kepedulian keamanan informasi di tingkat direksi. Alasan yg dikemukan oleh Sjouwerman adalah jajaran direksi perlu mengetahui apa saja bentuk kejahatan siber yg akan merugikan organisasi secara reputasi maupun finansial. Hal yg diharapkan oleh Sjouwerman dari membangun awareness di tingkat direksi adalah mereka akan mampu memutuskan segala bentuk kebijakan yg sarat akan pencegahan terhadap segala bentuk tindak kejahatan siber.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenMencegah Kejahatan Siber Di Tahun 2015 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page