Mengenal sekilas tentang 'rougelike RPG'

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Aug 25, 2015.

Discuss Mengenal sekilas tentang 'rougelike RPG' in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,758
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    RPG, alias role playing game, mungkin genre ini rasanya ga asing lagi buat kalian ya sobat gamer. Nah, RPG ini punya cukup banyak lho percabangannya, entah itu turn-based RPG, action RPG, MMORPG yg membutuhkan koneksi internet, sampai rougelike RPG. Lho apa itu rougelike RPG?

    Walaupun disebut rouge, genre ini tidak menampilkan RPG khusus class rouge lho, hehe. Istilah rougelike RPG ini mengacu pada gaya permainan khas, yg kental dengan nuansa random & eksplorasi map. Nah, pada tulisan kali ini Gamexeon bakal mengajak kalian untuk mengenal sekilas mengenai genre rougelike ini lho. Yuk, langsung aja disimak

    Sejarah rougelike RPG

    Berbicara mengenai genre game ini, kayaknya kalian harus kembali ke era 80an. Di mana pada saat itu dikenal sebuah game dengan judul simpel namun menarik, yakni Rouge. Pertama kali dirilis pada tahun 1980, untuk Unix, game garapan Michael Toy & Glenn Wichman ini bakal menjadi insipirasi & cikal bakal RPG modern lainnya. Termasuk juga seri Diablo yg kental dengan unsur eksplorasi & dungeon crawlingnya itu.


    Rouge (IBM Color PC)

    Sebetulnya, apa sih game Rouge ini? Dalam permainan ini pemain akan mengambil peran sebagai petualang, & memasuki sebuah gua bawah tanah (dungeon). Di dalam gua ini, sarat akan jebakan, monster, sekaligus aneka item ajaib yg misterius. Tujuan akhir pemain adalah mencari Amulet of Yendor, & kembali keluar dengan selamat.

    Game Rouge ini memiliki interface & grafis yg simpel. Namun game ini punya dungeon, dengan tata letak layaknya labirin. Di dalam tiap ruangan ini, terdapat monster & item yg diletakan secara acak (random). Selain itu tata letak dungeon juga selalu diacak, sehingga kalian ga pernah memasuki tempat yg sama dua kali.

    Karakteristik rougelike

    Setelah game Rouge dilempar ke pasaran, tidak lama berselang munculah aneka game-game lainnya dengan gaya permainan serupa. Hal ini yg akhirnya menegaskan beberapa karakteristik khas dari genre rougelike, yg membuatnya sangat berbeda dengan RPG-RPG lainnya.

    Random adalah faktor utama yg menjadi pusat dari segalanya. Pemain tidak akan menemukan area yg memiliki layout sama, hingga peletakan monster & itemnya juga akan diacak. Pemain akan diajak untuk mengeksplorasi tiap jengkal dungeon, & pastinya harus berhati-hati. Sebab banyak jebakan yg juga diletakan di sana. walaupun begitu, tidak jarang pemain akan menemukan ruangan yg penuh dengan monster, namun di ruangan lainnya tidak ada sama sekali.


    Pixel Dungeon

    Tiap monster akan menjatuhkan, / tidak memberikan barang sama sekali. Entah itu senjata, sampai potion. Oh ya, omong-omong soal potion, barang ini juga punya aturan main yg berbeda. Misalnya saja dalam ronde permainan yg pertama, potion biru artinya healing. Namun bisa saja saat kalian memulai permainan baru, potion biru itu menjadi racun.

    Salah satu hal lainnya yg membuat rougelike ini menantang, tentu saja aspek permanent death. Yup. Jika karakter kalian mati, maka semua progess akan dihapus. Artinya kalian harus mengulang lagi dari awal. Rougelike juga jarang mempunyai sistem save layaknya RPG pada umumnya. Beberapa rougelike memang menerapkan sistem save, namun hanya pada aspek-aspek tertentu saja. Misalnya pada Enchanted Cave, salah satu game rougelike, pemain bisa tetap menyimpan rare item setelah karakternya mati. Sehingga rare item tersebut bisa dipakai saat memulai permainan baru.

    Tertarik mencoba rougelike RPG?

    Rougelike RPG mungkin terkesan keras & sulit, apalagi dengan bayang-bayang permanent deathnya itu. Game ini mungkin terlihat tanpa ampun, namun tetap memiliki pesonanya tersendiri, terutama karena aspek random yg dimilikinya. Pemain akan penasaran & terus mencoba, karena terasa tertantang menaklukan game ini. Mungkin pada satu titik setelah mengalami kekalahan terus menerus, kalian malah akan berkata Oke! Kali ini pasti bisa menang! & tetap mencoba.



    Well, jika rougelike adalah sesuatu yg baru untuk kalian, mungkin kalian bisa membaca ulasan Enchanted Cave dari Gamexeon di sini, sekaligus versi sekuelnya di sini. Game ini bisa kalian mainkan secara gratis melalui browser, & bisa menjadi awal yg baik untuk mendalami genre rougelike RPG.


    Happy gaming!

    Sumber

    cheat game online terbaru, cheat game online Mengenal sekilas tentang 'rougelike RPG', apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page