Mengintip 3 Sungai Bawah Tanah di Indonesia

Discussion in 'Entigapedia' started by McozFuerte, May 17, 2013.

Discuss Mengintip 3 Sungai Bawah Tanah di Indonesia in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. McozFuerte 1 SMP Level 2

    Messages:
    1,363
    Likes Received:
    385
    Trophy Points:
    108
    Game:
    Tidak Ada
    [​IMG]

    Sebagai negara yang 70 % geografisnya terdiri dari perairan tentu tak memungkiri bahwa Indonesia memiliki banyak aliran sungai. Aliran-aliran sungai tersebut memiliki ciri khas masing-masing sesuai kondisi demografis daerahnya. Indonesia juga memiliki sungai-sungai indah karena mengalir di bawah permukaan tanah. Kebanyakan dari sungai-sungai bawah tersebut dijadikan wahana wisata dan pembelajaran bagi para turis dan pelajar. Namun ada juga yang dijadikan pelestarian untuk menjaga ekosistem di dalam goa.
    Berikut ini adalah sungai-sungai bawah tanah yang terdapat di Indonesia.
    1. Goa Pindul Gunungkidul, Yogyakarta
    [​IMG]
    Goa Pindul merupakan sebuah wisata baru yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lebih tepatnya terletak di dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, yang termasuk dalam Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Area goa ini memiliki 7 goa yang semuanya dialiri oleh sebuah sungai. Panjang sungai bawah tanah di dalam goa tersebut yaitu sekitar 300 meter dengan lebar 5 meter.
    Wisata yang ditawarkan yaitu batuan staglamit yang masih alami, sungai yang jernih dan wisata spiritual. Untuk menikmati goa Pindul Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp25.000 untuk sekali perjalanan, Disana Anda akan diajak melewati tiga zona dalam gua: zona tenang, remang, dan gelap. Tak perlu khawatir karena ada pemandu yang akan memandu perjalanan Anda. Anda cukup duduk di atas pelampung ban dengan posisi tangan bergandengan untuk keamanan. Nah, cukup menarik bukan

    2. Air terjun gua Liang Hajuq, Kalimantan Tengah
    [​IMG]
    Liang Hajuq Kalimantan Tengah merupakan sebuah gua dengan panjang hampir 2 km, dengan lorong-lorong besar dan panjang. Gua ini sebenarnya bukan sebuah potensi wisata jika Anda ingin melihat keunikan sungai bawah tanahnya. Karena Gua ini memang dijaga ketat dan hanya dihuni oleh sekumpulan walet yang menghasilkan beberapa kilogram sarang burung. Namun, hal terunik dari gua ini adalah adanya beberapa air terjun dengan ketinggian bervariasi 4 sampai 7 meter. Jika gua ini disusuri maka akan kita temukan sungai bawah. Sungai bawah tanah merupakan lanjutan dari sungai di Liang Puruk yang mempunyai lebar 4 meter, ketinggian 0,5 dan arusnya cukup deras.

    3. Goa Loa dan Goa Bangi
    [​IMG]
    Lokasi goa ini berada di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Memasuki goa ini Anda akan menikmati pesona sungai bawah tanah, air terjun dan danaunya. Lebar mulut gua sekitar 5 meter dengan lorong yang lebar pada awalnya dengan dominasi dinding dan tanah yang berbatu. Semakin ke dalam lorong semakin basah dan mengecil, terdapat genangan air dan lumpur. Kemudian sampai di ruangan kecil dengan lorong menurun yang merupakan batas muka air di mana terdapat sungai bawah tanah kecil.
    Nah jika Anda berniat mengunjungi goa ini Anda harus ditemani pemandu dan juga melakukan persiapan yang matang. Hindari pula mengunjungi gua pada saat cuaca sedang buruk.


    Sumber
     
    1 person likes this.

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page