Mengintip Booth SG50 di Game Start Asia 2015

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 16, 2015.

Discuss Mengintip Booth SG50 di Game Start Asia 2015 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,758
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Ada hal lain yanglebih menarik perhatian saya selainantrean panjang PlayStation VR danshowcasegamebaru di Game Start Asia 2015 hari Sabtu, 14 November. Sebuah panggung bergambar lima karakter lucu dari kompilasideveloper gameSingapura yg tergabung dalam booth SG50 telah berhasil mencuri perhatian saya berkat penempatannya di tengah-tengah panggung Blizzard Entertainment, PlayStation, Bandai Namco, danlainnya.

    Setelah bertanya-tanya di seputarbooth SG50, saya mendapatkan informasi bahwa kolaborasispesial ini adalah bagian dari program pemerintah negara Singapura. Mereka menggaet berbagai developerlokal untuk membuatgameyang mewakili identitas negara mereka.

    Booth SG50 merupakan programGames Solution Centre (GSC) Singapura yg dibuat dalam rangka memperingati ulang tahunnegara tersebutyang ke-50 pada bulan Agustus kemarin. Nama & logoSG50 sendiri merupakan bagian dari gerakan nasional pemerintah Singapura yg dibentuk untuk mewadahi aktivitas peringatanhari ulang tahun negaranya, baik itu di bidang pariwisata, ekonomi kreatif, budaya, & lain sebagainya.

    [​IMG]

    Sekadar informasi buat kamu, GSC merupakanprogram inisiasi Media Development Authority, sebuah lembaga nonpemerintah yg fungsinya bisa saya katakan samadengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Pemerintah Singapura menunjuk GSC untuk memilih beberapagameyang layak ambil bagian dalam SG50.

    Menurut Gareth Yeo dari Ixora Studios, kurang lebih ada puluhan judulgameyang kemarin masuk ke dalam daftar & hanya terpilih limagamesaja yg dianggap pantas mewakili wajah kota Singapura, mulai darigameedukasi,board game,kasual, & lainnya.

    Menariknya lagi, semuagame yg tersedia di sini bisa kamu unduh secara gratis, tanpa dijejaliin-app purchasejenis apapun di dalamnya. Berikut adalah daftargamepadaboothSG50 di Game Start 2015 yg bisa kamu unduh di Google Play Store & Apple App Store.
    Building the Lion


    Game mobilebuatan Swag Soft ini menggabungkanboard game Monopoly dengan rangkaianmini gamebertema mainan tradisional seperti gasing & lain sebagainya.Di sini pemain diajak untuk membuat kota Singapura versimereka dengan kontur wilayah yg beragam, masing-masing dengan tingkat kesulitan & durasi bermain yg berbeda-beda.

    Sama halnya sepertiMonopoly, dalamBuilding the Lion,pemain bisa mendirikan bermacam bangunan yg selama ini menjadiikon kota Singapura seperti apartemen flat, monumen kota, & banyak lagi lainnya.Selain fitur bermain single player danmultiplayer, game ini juga menambahkanberbagai macam kartubergambar tokoh sejarah & kuliner khas Singapurayang dikenal lewat patungMerlion .
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Building The Lion Swag Soft LLP - Jul 02, 2015 Genre: Board Size: 59M Installs: 10,000 - 50,000 Gratis Download [​IMG][​IMG]
    My Singapore City

    My Singapore Citymerupakangamepencocokan kartuyang dibuat untuk memperkenalkan bermacam gedung monumen kota Singapura.Gamebuatan Ixora Studios yg cukup kental dengan nilai edukasi ini ditargetkan kepada kalangangamermuda supaya mereka bisa mengenal ikon kota mereka sejak usia dini.
    Eits … meski game ini dicap sebagaigameanak-anak,siapapun jugaboleh mencobagame ini untuk mencoba tantanganleaderboard yg disediakan. Sama seperti deretangame SG50 lainnya, Ixora Studios juga menyertakancollectible item berupa tokoh sejarah Singapura, berikut gedung monumen lain yg telah kamu buka lewat permainan.
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] My Singapore City Ixora Studios Pte Ltd - Oct 20, 2015 Genre: Casual Size: 48M Installs: 10,000 - 50,000 Gratis Download [​IMG][​IMG]
    Rickshaw Rush


    Pernah membayangkanpermainan Snakedigabungkan dengan Crazy Taxi? Itulah konsep permainanRickshaw Rush yg dijelaskan developer Mojo Rush kepada saya di boothmereka.

    Game arcade bertema becak tradisional ini mengajakmu untuk mencari upah sebanyak mungkin sambil membuka bermacamkarakter rahasiayang merupakan versi piksel dari tokoh pentingSingapura.Karakter becakmu bahkan bisa diubah sedemikian rupa dengan bermacam koleksi baju danitem yg kamu buka setelah menjawab pertanyaantrivia seputar Singapura.

    Fitur edukasidalam Rickshaw Rush sendiri bisa dibilang merupakan yg paling lengkap di antara sekiankolaborator di boothSG50. Setiap tokoh yg kamu buka akan dijelaskan secara ringkas mengenai sejarah & peran mereka, mulai dari tokoh pahlawan seperti Adnan bin Saidi hingga tokoh nasional seperti Jack Sim, pendiri organisasi toilet internasional.
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Rickshaw Rush Mojo Forest - Jul 27, 2015 Genre: Arcade Size: 39M Installs: 10,000 - 50,000 Gratis Download [​IMG][​IMG]
    Satay Club


    Sebelum menjadi salah satu bagian di booth SG50, Satay Clubadalah gamesimulasi bisnisunik yg sempat mencuri perhatian Aryapada bulan Juli kemarin. Seperti yg sudahdijelaskan sebelumnya,gameini mengajakmu berjualan sate di Singapura era tahun 1940-an.

    Di sini kamu akan bermain sebagai Adi, seorang pemuda rantau asal Jawa yg berbekal resep sate turun-menurun dari keluarganya. Sepanjang permainanSatay Clubkamu akan belajar bagaimana menjalankan bisnis sate secaraefisien & bertemu dengan rekan-rekan pedagang lainnya yg akan menambah ramainyagerobaksate kamu.

    Afzainizam Zahari selaku kreator tunggal darigame Satay Club mengungkapkan bahwa dirinya terinspirasi dengan permainanDiner Dash. Lewat penampilan karakter pikselnya yg cukup menawan,booth game Satay Clubselalu tak luput dari perhatian para pengunjung pameran.

    Satay Club Mencari Peruntungan Berjualan Sate di Singapura
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Satay Club Afzainizam Zahari - Jul 06, 2015 Genre: Simulation Size: 47M Installs: 5,000 - 10,000 Gratis Download [​IMG][​IMG][​IMG] jQuery(document).ready(function() { mixpanel_track('Baidu Article Widget', { 'page name' : document.title, 'url' : window.location.pathname }); });
    KAN-CHEONG! Kopitiam Saga


    Menyebut Bishi Bashi adalahgambaran paling mudah untuk menjelaskan game KAN-CHEONG! Kopitiam Saga buatan developer Mojocat. Game mobile yg terdiri atasrangkaianmini gamebernuansa kota Singapura ini tak hanya mengangkat tema tentang kuliner saja, tapi juga ragam aktivitas lain yg sudah mengakar di sana.

    Sepanjang impresi saya ketika bermain di booth mereka,Joel Chua dari Mojocat sempat menjelaskan kepada saya apa makna kalimat“Auntie Lai Liao” yg merupakansalah satu namamini gameKAN-CHEONG! Kopitiam Saga.Joel menjelaskanAuntie Lai Liao adalah istilah yg artinya “tukang tilang mobil datang” & biasa digunakan pemarkir mobil ilegal & sopir taksi yg mengetem di warung Kopitiam.

    [​IMG]

    Berbicara soalfitur,KAN-CHEONG! Kopitiam Sagaboleh dibilang merupakan yg paling terlengkap di antara seluruhgame SG50. Selain menghadirkan koleksiitemdan real-timemultiplayer hingga empat pemain sekaligus,game ini juga memiliki fiturleaderboard “perang antar kecamatan” yg sangat unik!

    Di sini kamu bisa memilih untuk mewakili satu dari 22 distrikwilayah Singapura untuk bersaing dalam tanggaleaderboard yg pemenangnya akan membawa nama harum distrik merekadi setiap minggunya. Wajar jika dengan bermacam fiturnya yg lumayan lengkap tadi,KAN-CHEONG! Kopitiam Sagadianugerahisebagai yangterbaik di antara sekiangameSG50.
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] KAN-CHEONG! Kopitiam Saga Mojocat Pte. Ltd. - Nov 03, 2015 Genre: Casual Size: 90M Installs: 10,000 - 50,000 Gratis Download [​IMG][​IMG]
    [​IMG]

    Terciptanyakolaborasi pemerintah & developer game dalamboothSG50 adalah sebuahcontohyang menarik untuk ditiru & diterapkan pemerintahan kita dalam mempromosikan kekayaan budaya suatu daerah/kota di tanah air.

    Bayangkan saja bagaimana jika hal semacam ini kemudian diterapkan di kota semacam Bandung, Jakarta, kota-kota besar lainnya, / bahkan diIndonesia. Saya yakin jikakemudian dihasilkan sebuahkaryagame berkualitas yg sangatbagus, pastinya akan menghasilkan apresiasi & kebanggaan tersendiri bagi kita, khususnya bagi yangmenyadari akan betapa kayanya budaya Indonesia.

    Bagaimana menurut kamu? Akankah kolaborasisemacam ini ke depannya juga bisa diterapkan di Indonesia? Sudahkah kamu mencoba salah satu dari sekian game di atas tadi? Silakan suarakan pendapat kamu di kolom komentar

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page