Menyamar Sebagai Permainan Tic Tac Toe, Trojan Gomal Serang Android

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Oct 14, 2014.

Discuss Menyamar Sebagai Permainan Tic Tac Toe, Trojan Gomal Serang Android in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Menyamar Sebagai Permainan Tic Tac Toe, Trojan Gomal Serang Android

    Sebuah Trojan jenis terbaru mengincar pengguna perangkat Android dengan menyamar sebagai permainan, Tic Tac Toe. Trojan terbaru ini ditemukan oleh peneliti dari Kaspersky Lab & dinamakan sebagai Trojan Gomal.

    Trojan Gomal dapat mengumpulkan informasi tentang perangkat yg diinfeksi & mengirimkan semua data ke server utamanya. Program jahat ini juga memiliki fungsi baru yg jarang terlihat dalam jenis malware lainnya.

    Gomal memiliki semua fungsi seperti spyware lainnya, yaitu dapat merekam suara, melakukan panggilan & mencuri SMS. Selain itu, malware ini juga memiliki mekanisme yg menyediakan akses ke berbagai layanan Linux & menyerang sistem operasi yg berbasis Android. Dalam melakukan kejahatannya penjahat siber menyebarkan Gomal melalui permainan Android Tic Tac Toe. Hal ini dilakukan untuk mengelabui korban.

    “Permainan TicTacToe yg tampaknya tidak berbahaya ternyata memberikan penjahat siber akses ke sejumlah besar data pribadi dari pengguna perangkat Android serta data perusahaan tempat pengguna bekerja, ungkap analisis antivirus Kaspersky Lab, Anton Kivva.

    Secara khusus, Trojan dapat membaca memori & membahayakan banyak aplikasi komunikasi. Sebagai contoh, Trojan Gomal dapat mencuri email dari aplikasi Good for Enterprise. Aplikasi ini diposisikan sebagai layanan e-mail yg aman digunakan oleh perusahaan, sehingga pencurian data dari aplikasi ini berarti masalah serius bagi perusahaan dimana pemilik perangkat Android tersebut bekerja.

    Teknik yg digunakan oleh Gomal awalnya diterapkan pada Trojans Windows, tapi sekarang kita bisa melihat mereka telah berpindah ke malware Android. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah bahwa teknik ini dapat menyesuaikan diri untuk mencuri data dari aplikasi lain termasuk juga dari Good for Enterprise – ada kemungkinan bahwa berbagai malware mobile dirancang untuk menyerang layanan email, pesan singkat & program lainnya akan muncul dalam waktu dekat”, tambah Anton Kivva.

    Untuk menangkal penyebaran virus ini, peneliti dari Kaspersky menyarankan kepada pengguna Android untuk tidak mengaktifkan pilihan “Install aplikasi dari pihak ketiga”. Disarankan bagi para pengguna Android untukmenginstal aplikasi hanya dari jalur resmi seperti dari Google Play & Amazon Store.

    Saat menginstal aplikasi baru, hati-hati dalam mempelajari hal-hal yg diminta. Jika hal-hal yg diminta tidak sesuai dengan fungsi aplikasi dimaksudkan, jangan menginstal aplikasi tersebut. Gunakan perangkat lunak keamanan or antivirus untuk perlindungan perangkat Android dari serangan siber.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenMenyamar Sebagai Permainan Tic Tac Toe, Trojan Gomal Serang Android diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page