Menyoal Keamanan Internet of Things (IoT)

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Apr 10, 2015.

Discuss Menyoal Keamanan Internet of Things (IoT) in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Menyoal Keamanan Internet of Things (IoT)

    Sir Bernard Lee, penemu world wide web (www) pernah menyatakan bahwa istilah Internet of Things (IoT) akan berganti menjadi Internet of Everythings (IoE). Ini semua tidak terlepas dari konektivitas Internet yg berada dimana-mana & mempengaruhi kehidupan semua manusia. Lee mengatakan, Sebaiknya IoT diganti menjadi IoE karena Internet sudah ada di mana saja.

    Gartner dalam publikasinya menyatakan bahwa IoT di tahun 2020 nanti akan terpasang 50 juta IoT di perangkat kehidupan manusia. Hampir semua perangkat mulai dari alat masak, televisi & bahkan mobil akan tersambung ke IoT. Ini belum termasuk IoT yg masuk ke dalam smart city yg hingga kini masih diga&g-ga&g oleh beberapa pejabat di Indonesia. Saygnya, masih sedikit orang yg menyinggung sisi keamanan IoT itu sendiri.

    Kecanggihan yg ada di dalam IoT itu sendiri menebar ancaman. Seperti beberapa waktu lalu ketika ada hacker asal Rusia yg melakukan surveillance melalui webcam & memonitor aktivitas manusia di dunia. Hal tersebut hanyalah satu di antara ancaman yg bisa terjadi ketika IoT sudah sepenuhnya terpasang. Ancaman itu sendiri akan semakin rumit & beragam manakala IoT telah terintegrasi di smart city.

    Richard Moulds, VP Strategy di Thales e-Security mengatakan bahwa IoT menjadikan semua data yg ada menjadi semakin tebal & hal ini menurutnya sangat rentan terhadap ancaman siber. Masalahnya adalah perangkat yg digunakan untuk IoT itu sering kali berada di wilayah yg tidak aman, papar Moulds. Hal lainnya yg menjadikan ancaman IoT itu semakin kompleks karena perangkat yg terintegrasi mengikuti tingkah laku manusia & dapat memfungsikan dirinya sendiri.

    Brandon Creighton dari Veracode menyatakan, Sangat sulit diprediksi seperti apa keadaan IoT di masa depan. Satu hal yg pasti, keamanan siber jangan sampai diabaikan. Salah satu saran yg ia kemukakan dalam persoalan keamanan IoT ini adalah semua perangkat harus tersambung ke cloud. Di sanalah aspek keamanan diterapkan, papar Creighton.

    Fenomena IoT & keamanannya ini menjadi pemicu bagi banyak perusahaan untuk berlomba mengamankan produknya. Salah satunya adalah Intel yg mengakuisis McAfee dengan total biaya 7,7 juta dolar AS untuk melindungi keamanan chip pada beberapa perangkat. Dapat dikatakan bahwa IoT ini seperti era baru di masa lalu ketika dunia-dunia baru mulai banyak ditemukan oleh penjelajah Eropa.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenMenyoal Keamanan Internet of Things (IoT) diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page