Menyusuri Jejak Petualangan Nathan Drake di Ujung Selatan Benua Afrika Bag.2

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 21, 2015.

Discuss Menyusuri Jejak Petualangan Nathan Drake di Ujung Selatan Benua Afrika Bag.2 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,624
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Di artikel Menyusuri Jejak Petualangan Nathan Drake di Ujung Selatan Benua Afrika Bag.1 sebelumnya kita udah ngebahas separuh dari isi petunjuk dalam buku jurnal Nate. Di artikel bagian kedua ini, kita bakal bahas sisa petunjuk dari buku jurnal Nate, identitas dari Sam Drake yg diduga adalah kakak kandung Nate, & kemungkinan ending dalam Uncharted 4: A Thief's End nantinya.

    Catatan: Artikel ini bakal berisi spoiler dari segi cerita tentang kisah Nathan Drake di seri sebelumnya & perkiraan kemungkinan gambaran ending dari Uncharted 4. So, buat yg alergi spoiler silakan stop baca artikel sampai paragraf ini. Bagi kalian yg ngga masalah dengan spoiler, bisa lanjut baca ke paragraf berikutnya. You've been warned!

    PERKAMEN AWAK KAPAL SIR JOHN HAYES


    Kita beralih ke catatan perkamen yg Nate ambil dari tumpukan tulang-belulang sebuah mayat. Isi catatan perkamen tersebut adalah sebagai berikut:

    March 20, 1808

    Our navigator we lost to sharks, our grommet to hunger. Today our captain, whilst exploring, was struck by a Serpent and has presently succumbed to fevered derangement. Any time we tend to his puncture he lashes out. Yet again our journey is misruled by indignity and loss.

    Now Hayes and I are quarrelling. He regards this place as an island of emptiness, and its treasure a mere tale of oriental hyperbole. But he is vexed with fear. I will pursue this remnant of Captain Averys fortune alone if I must.

    Dari catatan perkamen tersebut tampaknya sekelompok pelaut sedang berburu menjelajah pulau tempat Henry Avery menimbun harta hasil jarahannya. Tapi sepertinya mereka gagal menemukan harta tersebut sehingga dia & rekannya yg bernama Hayes berantem. Kalo mengacu pada tahun yg tertulis pada perkamen tersebut, rentang waktunya sesuai dengan rentang waktu masa Sir John Hayes (17671831). Sir John Hayes merupakan penjelajah di abad ke-18 yg bekerja untuk British East India Company. British East India Company merupakan perusahaan saham gabungan yg bergerak di bisnis perdagangan khususnya di negara-negara Asia Tenggara.



    Mengingat British East India Company pernah dirugikan atas insiden pembajakan konvoi kapal Mughal tahun 1695 oleh para bajak laut, bisa jadi Sir John Hayes diperintahkan untuk menyusuri jejak harta hasil jarahan untuk diambil kembali dari tangan bajak laut.



    Dari catatan perkamen di atas juga disebut-sebut kapten mereka yg ngga lain adalah Sir John Hayes diserang oleh seekor ular raksasa ketika sedang menjelajah. Kalo mengacu pada halaman sebelah kanan dari jurnal Nate, terlihat simbol dua makhluk mirip ikan. Mungkinkah itu sebenernya simbol dari makhluk ular laut raksasa yg mendiami laut selatan Benua Afrika?



    Sebagai benua yg masih memiliki suku-suku tradisional, banyak mitos yg masih aktif beredar di kalangan penduduk pribuminya. Di air terjun Howick, Afrika Selatan, dipercaya jadi habitat Inkanyamba, yaitu makhluk mitos berkepala kuda berbentuk belut raksasa yg bisa mengendalikan cuaca. Dari cerita legenda lain juga terdapat makhluk serupa bernama Grootslang. Grootslang berasal dari kata Grote Slang (Bahasa Afrika & Belanda untuk "Ular Besar"). makhluk ini digambarkan berkepala gajah bertanduk dengan tubuh & ekor seperti ular.

    Seri game Uncharted terkenal dengan musuh-musuh makhluk mitos seperti zombie, Yeti, & manusia tengkorak berambut api. Mungkinkah simbol itu adalah makhluk mitos yg akan jadi lawan Nate di Uncharted 4: A Thief's End nanti?



    Dari balik catatan perkamen tersebut terdapat gambar peta dipenuhi tanda "X" yg kemungkinan adalah lokasi tempat dimana harta karun bajak laut tersembunyi. Masih belum banyak petunjuk yg bisa diungkap dari peta tersebut. Tapi ada satu hal yg bisa kita ketahui. Posisi lokasi keberadaan Nate di awal game masih jauh berada di bagian selatan peta tersebut. Coba lihat kesamaan bentuk gunung unik dalam peta dengan gunung yg ada dalam video gameplay Uncharted 4: A Thief's End di ajang PSX tahun lalu.



    Di bawahnya lagi-lagi terdapat sebuah simbol bergambar dua buah belati dengan timbangan di tengahnya. Di bawah simbol tersebut terdapat kata Baldridge yg kemungkinan mengacu pada Adam Baldridge, bajak laut pendiri pemukiman bajak laut di Madagaskar yg udah kita singgung di artikel sebelumnya. Simbol tersebut bisa jadi merupakan simbol dari bendera bajak laut Adam Baldridge. Sayangnya simbol lain yg ada di bawahnya lagi belum bisa diketahui artinya. Mungkin saja simbol yg masih misterius ini merupakan simbol dari salah satu kelompok dari kelima bajak laut yg merasa dikhianati oleh Avery setelah insiden penyerangan konvoi kapal Mughal.



    Di bagian paling bawah halaman jurnal Nate, tedapat semboyan dari bahasa Latin bertuliskan "Pro Devs Qvod Licentia". Jika diartikan secara harfiah, Pro berarti "untuk", Devs (Deus) berarti "Tuhan/Dewa", Qvod berarti "daftar", & Licentia berarti "lisensi/izin/permisi". Kalo keempat kata digabung, masih belum diketahui pasti apa arti dari "Daftar izin untuk Dewa"(?)



    Catatan terakhir dari jurnal Nate terdapat sederet nomor panggilan untuk menghubungi Elena. Dari sini kita bisa menebak Elena masih akan hadir di Uncharted 4: A Thief's End. Mengingat Elena adalah jurnalis sekaligus arkeolog, deretan nomor yg berbeda-beda mengindikasikan Elena masih aktif keliling dunia sehingga perlu berganti-ganti nomor untuk bisa dihubungi oleh Nate. Sepanjang petualangan Nate berburu harta karun, sepertinya dia butuh banyak bantuan dari Elena untuk mecahin teka-teki harta karun bajak laut yg ditemui.

    MENGUNGKAP IDENTITAS ASLI SAM DRAKE(?)


    Kemunculan Sam yg diduga merupakan kakak kandung Nate emang bikin heboh & bikin gamer bertanya-tanya. Kalo emang Sam adalah saudara kandung Nate, kemana aja dia selama ini?



    Buat me-refresh ingatan kalian lagi, gue pengen ajak kalian menyimak cuplikan monolog dari video teaser trailer Uncharted 4: A Thief's End di atas. Potongan kalimatnya adalah sebagai berikut:

    Some chains can never be broken
    I lost 15 years. Buried alive. Erased.
    You left me, rotting in that hell hole and never looked back
    But you cant out run the past. And when it catches up and all your lies collapse around you Ill be there: sifting through the wreckage
    You owe me.

    Potongan monolog dari seorang narator yg ngga diketahui identitasnya itu kedengerannya seperti dendam kesumat dari seorang anggota keluarga yg ditinggalkan/dibuang oleh kerabatnya. Rasa kebencian terpancar dari intonasinya. "Some chains can never be broken", apakah kalimat ini mengisyaratkan sebuah tali persaudaraan (antara Nate & Sam)? "I lost 15 years", hilang selama 15 tahun mungkin adalah jawaban dari keberadaan Sam yg ngga pernah disebut-sebut di seri game Uncharted sebelumnya.

    That mysterious voice in the #Uncharted #PS4 teaser is none other than @ToddStashwick - you might wanna maybe follow him. :)— Amy Hennig (@amy_hennig) November 15, 2013


    Seperti yg udah dikonfirmasi oleh Amy Hennig di Twitter, Todd Stashwick adalah pengisi suara dari narator di video tersebut. Sebelum lepas dari proyek Uncharted 4, aslinya Todd ditugaskan untuk mengisi peran Sam sebelum diganti oleh Troy Baker (Joel - The Last of Us). Jadi ngga bisa dipungkiri karakter yg mengisi monolog dalam teaser trailer tersebut adalah Sam. Mungkinkah Sam menyimpan dendam pada Nate? Akankah pengkhianatan Sam bakal jadi plot twist kisah Uncharted 4 nantinya? "And when it catches up and all your lies collapse around you Ill be there: sifting through the wreckage" Kebohongan yg kemungkinan dimaksud Sam adalah identitas asli dari Nathan Drake. Dari tiap seri Uncharted, Nate selalu yakin bahwa dia adalah keturunan dari Sir Francis Drake tapi ngga ada satu bukti sejarah pun yg nunjukin bahwa dia memang keturunan asli darah daging Drake. Gimana kalo Sam punya jawaban siapa identitas asli Nathan Drake? Gimana kalo ternyata Henry Avery adalah nenek moyangnya yg asli?



    Cuma satu hal yg bisa kita duga-duga. Kita pernah dibikin berspekulasi bahwa nasib Nate akan berakhir tragis begitu baca subtitle "A Thief's End". Setelah mengetahui bahwa Sam juga punya latar belakang yg kurang lebih sama dengan Nate (sebagai pencuri/pemburu harta karun), bisa jadi yg dimaksud dalam subtitle Uncharted 4 ini ngga lain adalah Sam. Apa yg sebenernya terjadi antara elo & Sam, Nate? Semuanya akan terjawab di tahun 2015 ketika Uncharted 4: A Thief's End rilis nanti.

    image: archive.org

    Sumber

    cheat game online terbaru, cheat game online Menyusuri Jejak Petualangan Nathan Drake di Ujung Selatan Benua Afrika Bag.2, apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page